7 Tips Diet – Cara Menurunkan Berat Badan

By | 27 February 2012

Dulu saya adalah atlet nasional tim baseball Indonesia. Dalam pelatnas dan pelatda, sudah biasa kami latihan 2-3 kali sehari, pagi siang sore malam. Mudah sekali untuk memiliki badan yang fit, karena selain banyak bergerak, makanan yang disajikan 4 sehat – 5 sempurna, dan rutin fitness / angkat beban.

Namun saya telah berhenti bermain baseball sejak 7 tahun yang lalu. Sejak memulai kerja kantoran rutin, sulit sekali mempertahankan badan yang fit, apalagi memiliki waktu untuk berolah raga. Berikut adalah tips diet dan cara menurunkan berat badan yang saya pelajari dari membaca-baca buku, internet, dan berbicara dengan ahli gizi dan olahraga.




7 Tips Diet – Cara Menurunkan Berat Badan

1. Konsumsi kalori lebih sedikit dari yang kita bakar

Sebenarnya rahasia diet itu hanya satu yang paling penting. Semua tips-tips diet yang mengemukakan cara menurunkan berat badan dengan melakukan olah raga berat itu percuma saja jika kita masih mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang kita pakai untuk bergerak.

Jika kalori yang kita makan lebih sedikit, maka tubuh kita terpaksa membakar kalori yang telah menumpuk di tubuh kita.

2. Makanlah lebih sering, dengan porsi lebih sedikit

Orang pada umumnya makan 3 kali sehari dengan porsi banyak. Rubahlah cara diet ini dengan makan 5 kali sehari, tetapi dengan porsi lebih sedikit. Dengan merubah cara makan ini, sistem percernaan tubuh lebih dilatih untuk terus bekerja seharian.

3. Kurangi karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi kita. Karbohidrat bisa ditemukan di nasi, pasta, kentang, gula, sayuran, buah-buahan, soda, dll. Karbohidrat digunakan oleh sel-sel kita untuk bahan bakar. Tubuh kita merubah karbohidrat menjadi gula glukosa. Kelebihan glukosa akan disimpan di liver dan otot.

Karbohidrat ada yang baik dan buruk. Karbohidrat buruk adalah karbohidrat yang tinggi gula tetapi rendah serat. Hindarilah terlalu sering mengkonsumsi karbohidrat buruk, seperti:

  • Soda
  • Permen
  • Gula dan sirup
  • Nasi putih
  • Roti putih
  • Pasta putih
  • Kentang
  • Dessert / makanan penutup yang manis

Sedangkan karbohidrat yang baik adalah karbohidrat yang lebih banyak serat, lebih susah untuk dicerna, dan melepaskan gula pelan-pelan ke tubuh kita. Hal-hal ini menyebabkan sistem pencernaan tubuh kita lebih bekerja secara konstan. Karbohidrat yang baik misalnya buah-buahan.

Nasi putih adalah musuh utama orang yang mau menurunkan berat badan. Terutama orang Indonesia, yang selalu berkata “kita belum makan jika belum mengkonsumsi nasi”. Nasi putih bisa diganti dengan beras merah, yang jauh lebih sehat. Untuk pasta, konsumsi lah pasta bersumber gandum / wheat.

4. Jangan makan karbohidrat setelah jam 6 sore

Saya rasa hal ini tidak perlu dijelaskan lagi. Semakin malam kita makan karbohidrat, semakin menumpuk pula lemak dan glukosa di otot-otot kita. Menumpuklah lemak-lemak yang lebih sulit lagi untuk dihilangkan.

5. Makan cemilan sehat

Memang sulit sekali menahan rasa lapar dan godaan untuk mencemil. Namun ini bukan halangan. Siapkanlah cemilan sehat seperti buah-buahan dan sereal sehat di lemari rumah dan kantor. Untuk sereal, gunakan susu rendah lemak.

6. Olahraga yang teratur

Olahraga tentunya adalah hal yang penting dalam usaha diet dan menurunkan berat badan. Namun olahraga tidak perlu gila-gilaan. Olahraga secukupnya yang rutin saja juga bisa ampuh, asal diimbangi dengan pola makan yang baik. Banyak ahli berkata olahraga 3 kali seminggu untuk sekitar 1-2 jam saja sudah cukup.

7. Hidup Aktif

Hidup aktif maksudnya lakukanlah kegiatan seperti sering jalan kaki, naik tangga, mungkin bersepeda ke kantor. Bahkan kegiatan seperti membersihkan rumah tangga itu cukup membakar banyak kalori.

Mungkin bisa dipikirkan kembali, apakah anda membutuhkan pembantu jika semua bisa anda lakukan sendiri? Telah 5 tahun saya tinggal sendiri di luar negeri, mencuci piring dan baju, menyeterika, nyapu, ngepel, vacuum, semua saya lakukan sendiri. Hal ini cukup membantu fitness tubuh saya.

Tips Diet Bonus

Apakah anda sering mengkonsumsi kopi atau teh? Saya adalah penggila kopi. Sehari saya bisa meminum 2-3 kopi. Jika saya belum minum kopi, rasanya hari saya ada yang kurang.

Begitu banyak orang yang berkata kopi itu tidak baik. Namun banyak juga penelitian akhir-akhir ini yang menyatakan kopi itu baik untuk tubuh kita. Mungkin yang tidak baik itu adalah gula dan susu dalam kopi tersebut.

Terus terang saya tidak sanggup untuk tidak minum kopi (sangguh sih sebenarnya, tapi gak mau aja). Jadi langkah yang bisa saya ambil adalah gunakan lebih sedikit gula (1 sendok saja). Dan jika mungkin, gunakan lah susu rendah lemak, atau bahkan susu kedelai. Meski rasanya aneh, tapi jauh lebih sehat dari susu biasa.

Semoga berhasil dalam diet anda. Semoga tips diet dan cara menurunkan berat badan ini berguna untuk anda. Anda pasti bisa, kuncinya adalah disiplin!

Update: Saya menantang diri saya sendiri untuk membuktikan bahwa tips diet dan cara menurunkan berat badan di atas bisa berhasil. Baca post baru saya: Tantangan Diet dan Pola Hidup Sehat 30 Hari.

3 thoughts on “7 Tips Diet – Cara Menurunkan Berat Badan

  1. Pingback: Tantangan Diet & Pola Hidup Sehat 30 Hari - Andryo's Blog

  2. Pingback: Kurangi Makan Nasi Putih = Sehat | RuangKabar.com

Comments are closed.