Perbandingan Blackberry, Android, iPhone, Windows Phone 7

By | 19 August 2011

Telah 1 tahun lebih saya menggunakan Blackberry Curve / Javelin. Namun akhir-akhir ini trackball-nya sering ngadat dan tidak mau scroll ke bawah. Sudah saatnya saya ganti ponsel. Namun ponsel apakah yang tepat untuk anda, mengingat banyaknya pilihan sistem operasi seperti iphone, blackberry, android, windows 7 dan nokia symbian?




Blackberry

Keuntungan Blackberry menurut saya hanyalah terletak di Blackberry Messenger, yang juga sebenarnya tidak unggul-ungul banget jika dibandingkan messenger-messenger lain diluar sana. Whatsapp misalnya, bisa melakukan apapun yang diperlukan dalam sebuah messenger. Dengan Viber, anda bisa menelfon gratis. Dan dengan Skype, anda bisa video chat gratis, keduanya bisa menggunakan 3G. Namun saat ini, Viber dan Skype belum bisa digunakan di Blackberry, kerugian lain yang dialami para pengguna Blackberry.

Namun kendala yang dihadapi orang Indonesia untuk mengganti Blackberry umumnya karena teman-teman kita, atau saudara-saudara kita sudah terlanjur menggunakan Blackberry juga.

Keunggulan yang dulu hanya dimiliki Blackberry adalah sistem push email, dimana email langsung sampai ke ponsel pengguna saat itu juga. Namun sekarang semua sistem operasi sepertinya sudah menawarkan fitur ini.

Dengan kata lain, menurut saya Blackberry tidak ada keunggulannya – menurut saya pribadi.

iPhone 4

iPhone.. saya rasa tidak perlu lagi menjelaskan keunggulan iPhone. Dengan user-interface yang ramah user, hardware yang memadai, kamera yang bagus, iPhone adalah ponsel sejuta (sejuta mungkin adalah peng-andaian yang buruk hehe) umat.

Namun keunggulan iPhone yang paling penting menurut saya adalah dengan jumlah pengguna-nya yang banyak sekali, aplikasi-aplikasi baru sering sekali dibuat untuk iPhone terlebih dahulu sebelum ke platform lain.

Saat saya menulis blog post ini, iPhone 5 kabarnya akan keluar sebentar lagi (diperkirakan September). Jika benar September, maka kira-kira masuk ke Australia dan Indonesia bulan Oktober atau November, ditambah lagi ngantri-nya yang lama untuk mendapatkannya, bisa-bisa bulan Desember baru bisa memakai iPhone 5. Sementara ponsel saya sudah keok.

Windows Phone 7

Masih banyak yang belum tahu bahwa Windows juga mengadu keuntungan di industri sistem operasi ponsel. Dah cukup mengagetkan, user-interface nya menarik dan modern, merk-merk ponsel yang mendukungnya juga banyak. Untuk segi aplikasi, sudah pasti belum sebanyak Android dan iPhone.

Jika anda lihat video OS Windows Phone 7 ini, mungkin ada berpendapat berbeda dengan saya. Saya rasa interaction design Windows tergolong relatif baru dan berani, cukup berbeda dari yang lain. Namun hal ini belum tentu tergolong positif, apalagi untuk pengguna yang sudah biasa menggunakan iPhone dan Android. Saya misalnya, meskipun belum pernah mempunyai iPhone dan Android, tapi saya sudah agak faham dengan cara menggunakannya. Agak sulit untuk mengadaptasi ke platform Windows Phone.

Android

Menurut beberapa laporan, saat ini Android telah menguasai pasar operating system mobile, diikuti dengan Apple / iOS. Jika tadi saya mengutarakan umumnya aplikasi dibuat untuk iPhone sebelum platform lain, tentunya hal ini akan, atau bahkan sudah berubah. Aplikasi Android lengkap, dan banyak sekali yang gratis.

Keunggulan Android adalah sistem operasinya terbuka. Siapapun boleh mengutak-ngatik program Android untuk dimodifikasi. Syarat dan ketentuan bagi para pembuat aplikasinya juga jauh lebih ringan daripada Apple, sehingga wajar saja jika aplikasinya jauh lebih banyak dari Apple. User-interface-nya menurut saya enak dipakai, ponsel penyedianya juga banyak sekali pilihannya; Samsung, HTC, Motorola, LG, dll. Keunggulan lain, Android bisa membuka content flash di website.

Penutup

Dengan segala pertimbangan dan research saya, saya mengambil keputusan untuk menggunakan Android, dengan ponsel Samsung Galaxy S2. Seminggu lebih sudah saya menggunakannya, saya merasa puas dengan pilihan saya. Satu hal yang pasti bisa dikembangkan oleh Samsung adalah lama penggunaan baterainya.

16 thoughts on “Perbandingan Blackberry, Android, iPhone, Windows Phone 7

  1. rantinah sastra

    Bener sekali tulisan ini, saya sangat setuju sekali. Kebetulan mungkin saya termasuk org yg sudah adiksi terhadap internet, hampir tiap hari tidak bisa tidak mengakses internet, selain untuk keperluan pekerjaan jg untuk sosial media. Namun, selama ini saya hanya menggunakan modem CDMA, akses pun hanya dilakukan saat di rumah. Dengan ini saja saya bisa berkomunikasi dgn tmn2 di seluruh penjuru dunia dengan YM, SKYPE, dll, pakai video call pula. Dan bila sdg di jalan, jika ingin check email atau facebook dengan hp sSE W395 pun saya bisa buka.

    Saya masih belum merasa memerlukan Blackberry/IPhone untuk keperluan komunikasi, teman2 yang sudah memakai blackberry sekalipun toh masih bs menghub ke ponsel saya, jg saya bs menghub mereka dgn mudah. Cuma, memang kadang merasa gimana gitu kalau ada yg tanyain PIN, hehehe.

    tetapi, beberapa waktu yg lalu W 395 saya hilang dicuri org, ini lagi hunting ponsel lg. Kemarin sempat melirik ke Experia 10, (disesuaikan dengan kantong), sy tertarik dgn desainnya yg elegan, bisa diupgrade android, dan kamera 5 MP. tp jd ragu mau beli skg, bimbang antara Experia 10 atau blackberry, habisnya…….kebanyakan tmn2 Indonesia pakainya BB. sampai skg blm jd beli . .. . . . ., hmmmmmmmmm……..enaknya apa yaaaa? help me! 🙂

    1. Andryo

      Hehe.. dah.. android atau iphone aja.. Blackberry kan untungnya cuman bb doang. Skrg dah banyak app buat chat (e.g. whatsapp).

      A

  2. rantinah sastra

    Udah beli, akhirnya sy pilih Android mas, dengan ponsel samsung Galaxy Age, lha maunya yg kayak punyamu duitnya ga cukup :))

  3. haris skizzo

    aku pakek iphone 3gs.. mantap abis…!! tampilan elegant, kelihatan preium abis dengan lambang apple nya, mau chat ada whatsapp ..bisa keteman2 andoid juga. kamera.. wuiih… kinclong, aplikasi…gak usah di tanyakan lagi..tinggal diwnload aplikasi bajakan yg udah bejibun**maklum udah di jailbrake, , game nya kantap abis….tp kekurangan nya menurutku hanya 1: masalah batrei yg cepat habis dan hpnya cepat panas..tp over all 90% iphone mantap …

  4. ical

    heehe kalo gua pake windows phone gan,,nyoba sesuatu yang baru aje,,bb mah da basi

  5. andree

    bb menurut ane ya,,, Basi Bangeettt… wkwkwk Iphone yg paling co2k dtangn ane gan,,, aplikasi yg bejibun mank bkin ngiler

  6. angga

    Saya pake 3-3nya, onyx2, 3gs sama young. Kesimpulannya : KANTONG JEBOL!! Harus ngempanin 3 kartu tiap bulan. Jadi saran saya pake salah 1 saja, yang pasti jangan BB.

  7. rara

    pake iphone bangkrut ga sih gan? galau nih mau android atau iphone.. maklum kantong mahasiswa. mohon sharenya ya gan. hehe

  8. Andro

    Mending pilih Iphone,Android atau WP
    saya setuju .. BB mah Basi,bentar lg mau bangkrut tuh……

  9. Viz

    kalo menurut gue, windows phone terlihat lebih mewah…
    gak kayak Iphone atau Samsung.
    tampilanya gitu terus..

    kalau BB mah , dah BASi !

  10. Hany Gomez

    kalo saya masih pake BB, udah mulai bosen jga sih pengen cari ponsel baru yg gak ngebosenin…

  11. Arya

    Kalo gue nah, Windows Phone. walaupun app Dan games nya dikit, tahun depan lebih banyak. Android bersifat open source jadi banyak virus masukin

  12. FENDY

    bner gan BB kelaut aja,.mati lo BB,.hihi
    pdhal gw masih pake BB tp nyesel pake BB,.baru beli 3 bulan udh rusak,.pdhal apik saya pake BB,.pengen ganti iphone niii.,tp kurang,.dulu beli BB torch 2 hrganya 5,3 jt bulan mei 2012 tp skrng d jual kiloan,.hahaha btuh tmbahan bnyak mau beli iphone,.

Comments are closed.