Google Project Glass – Kacamata pesaing Apple Siri

By | 5 April 2012

Google sedang mengembangkan Project Glass: Kacamata augmented reality yang bisa diaktifkan dengan suara manusia, seperti Apple Siri. Dengan menggunakan sistem operasi Android, desain kacamata ini terlihat futuristik dengan menampilkan semacam proyeksi transparan di layar kacamata.




Google Project Glass - Foto dari NY Times

Google Project Glass - Foto dari NY Times

Kacamata ini belum dijual untuk umum, namun Google akan melakukan uji coba di publik. Kita juga bisa berinteraksi di halaman Google Plus Project Glass, untuk menyampaikan apa yang diinginkan para pengguna dari alat ini.

Berikut video pemakaian Google Project Glass:

Dari video di atas, terlihat seorang pria berjalan di seputar kota New York, mengatur kalender untuk bertemu teman, melihat peta kota New York, berkomunikasi dengan teman, mengambil foto, video chat dengan pacarnya, sambil men-share pemandangan yang dilihat.

Project Glass memiliki fitur sebagai berikut:

  • Pengaktifan dengan suara (mirip Apple Siri)
  • Musik
  • Kamera untuk merekam video dan mengambil foto
  • Akses internet

Menurut NY Times, Project Glass juga akan memungkinkan untuk dijadikan Project Contact Lens. Desain-nya pun dulu dirancang untuk mirip kacamata Oakley Thumps yang agak kurang efisien, tetapi di gambar di atas desain terlihat lebih ramping dan efisien. Dikabarkan desain Project Glass saat ini memiliki beberapa versi untuk uji coba, ada juga yang bisa ditampilkan di kacamata biasa.

Menurut TechCrunch, Apple sebagai perusahaan hardware paling besar sedunia, harus bisa menyaingi langkah Google ini. Apple memiliki pengalaman hardware, namun tidak memiliki jejaring sosial yang kuat. Disitulah Apple harus bekerja sama dengan Facebook. Facebook memiliki jejaring sosial nomor satu di dunia, tanpa memiliki sumber hardware. Namun mungkin juga Apple sudah memulai project seperti ini secara diam-diam.

Berikut adalah video parodi tentang Google Project Glass – Google Glasses: A New Way to Hurt Yourself

Jika kacamata ini sudah di-release, apakah bisa digunakan secara maksimal di Indonesia? Kendala-kendala yang akan dihadapi misalnya sambungan internet yang masih lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *