Mencari Kerja di Australia dari Indonesia

By | 6 February 2011

Pada waktu itu, saya baru pulang ke tanah air setelah tinggal hampir 4 tahun di London, Inggris. Baru beberapa hari tinggal di Jakarta sudah membuat saya menyadari bahwa saya tidak akan betah kembali tinggal di sini, padahal saya lahir dan tumbuh di kota ini. Saya bertekad untuk mencari pekerjaan di luar Jakarta, pilihan saya adalah Bali, Singapore, Australia, dan New Zealand.




Recruiter / Headhunter

Di Inggris, untuk bidang saya (media, advertising, marketing, dll), cara paling mudah untuk mencari pekerjaan adalah melalui recruiter / headhunter. Merekalah yang lebih tahu tentang pasar, perusahaan mana yang membuka lowongan, perusahaan mana yang mau mensponsori pekerja untuk visa, perusahaan mana yang berkembang, dan orang seperti apa yang dicari perusahaan-perusahaan itu. Bidang recruiter di sana sangatlah spesifik. Misalnya untuk bidang saya, contoh title pekerjaan mereka adalah “Digital Media Recruiter”.

Bukalah account Linkedin

Cara termudah untuk menghubungi recruiter-recruiter tersebut adalah melalui website jaringan sosial Linkedin. Saya sarankan anda untuk membuatnya.

Setelah liburan tahun baru selesai, mulailah saya mengontak semua recruiter digital media yang berlokasi di Singapore, Australia, dan New Zealand. Di Indonesia masih jarang. Kira-kira total saya menghubungi 100 orang.

Bali

Saya menemukan sebuah lowongan di JobsDB.com, untuk sebuah agency web marketing / design / development di sana. Saya sempat di-wawancara oleh pemiliknya, seorang warga negara Amerika, via telfon. Perusahaan ini sungguh menyenangkan, tawaran gaji lumayan, dan saya rencananya akan diterbangkan ke sana untuk bertemu tim mereka sebelum mereka mengambil keputusan.

Namun sayangnya saya sudah mendapatkan sebuah tawaran kerja lain, sehingga saya harus mengundurkan diri dari perusahaan ini. Sayang sekali saya tidak sempat “liburan” ke Bali gratis hehe.

Singapore

Feedback recruiter-recruiter di Singapore sangatlah positif. Ada sekitar 4 orang yang tertarik untuk merepresentasikan saya ke perusahaan-perusahaan digital media di sana. Menurut mereka, CV saya untuk level Singapore cukup mengesankan. Namun sistem di Singapore berbeda dengan London. Di London, tak ada masalah jika 1 orang diwakili beberapa recruiter, karena pasarnya besar. Di Singapore, lebih menguntungkan jika hanya diwakili oleh 1 recruiter.

Adalah seorang recruiter yang ingin mengikat saya secara eksklusif, dan saya setuju, karena perusahaan recruiter ini mempunyai client-client bernama besar di bidang advertising. Saya mengikuti cara mainnya dan mengakhiri kerja sama dengan recruiter lain. Dalam hitungan hari saja, saya sudah mendapatkan wawancara dengan dua perusahaan ternama.

Saya bilang kepada mereka, jika ada lebih dari 2 perusahaan di Singapore yang ingin mewawancarai saya, maka saya tidak keberatan untuk terbang ke Singapore demi wawancara. Namun jika hanya 2, kita lakukan saja lewat telfon atau Skype.

Dengan salah satu perusahaan tersebut, saya mencapai 3 kali interview dan melakukan satu tugas / project. Namun akhirnya saya mengundurkan diri karena sudah mendapatkan tawaran kerja lain.

New Zealand

Feedback dari New Zealand tidaklah bagus. Jikapun mereka membalas pesan saya, paling-paling hanya memberi tahu bahwa belum ada perusahaan yang mau mensponsori pekerja dari luar negeri.

Australia

Cukup banyak recruiter dan perusahaan yang tertarik dengan CV saya, terutama dengan pengalaman kerja 2 tahun saya di London. Untuk bidang digital media, Amerika dan Inggris memang sudah jauh di depan. Australia, Singapore, dan negara Eropa lainnya agak tertinggal di belakang.

Para recruiter dan perusahaan, menganjurkan saya untuk apply “working holiday visa”, yaitu visa untuk liburan sekaligus bekerja. Dengan visa ini, orang boleh bekerja fulltime selama 1 tahun, dengan maksimal 6 bulan di perusahaan yang sama. Menurut mereka, umumnya orang-orang luar Australia datang dan bekerja dengan visa ini, sambil mengurusi visa kerja di-sponsori oleh perusahaan.

Namun sayangnya, sebagai warga negara Indonesia, jarang sekali ada negara-negara yang mempunyai kerja sama untuk visa semacam ini. Kebetulan Australia mempunyai perjanjian dengan Indonesia menyangkut visa ini, namun jumlahnya dibatasi. Baik Indonesia maupun Australia, hanya mengeluarkan 100 buah work and holiday visa dalam 1 tahun. Tahun imigrasi Australia dimulai dari bulan Juli, dan terakhir saya cek ke imigrasi, visanya sudah mencapai limit 100.

Dengan tidak adanya kesempatan untuk saya apply visa ini, kebanyakan recruiter dan perusahaan tidak lagi berminat. Namun kebetulan ada 1 recruiter yang tetap berniat merepresentasikan saya ke sebuah perusahaan besar, yang menurutnya, memang selalu mencari pekerja yang mempunyai pengalaman di Amerika atau Inggris. Ironisnya, recruiter ini adalah orang pertama yang saya kontak di Australia. Puluhan pesan lainnya yang saya kirim, sungguhlah tidak berguna.

Setelah 3 kali wawancara (melalui telfon dan skype), 1 tugas / project mengerjakan audit website salah satu client mereka, dan saya harus mempresentasikan project ini kepada tim mereka (melalui webex, sebuah aplikasi web conference), akhirnya saya mendapatkan tawaran kerja dari mereka pada akhir Januari / awal Februari. Mulailah kami mengurus visa kerja Australia – Sponsor 457.

225 thoughts on “Mencari Kerja di Australia dari Indonesia

  1. via

    Assalammualaikum

    Mas saya sudah di australia tapi salahnya saya kemaren meng apply visa tourist karena awalnya niatnya memang untuk mengunjungi kk saya disini, karena saya fresh graduate gmn yah mas untuk sekedar magang disini bs ga yah mas?krn untuk education katanya bs tapi untuk working tidak diijinkan 🙁 dan rata2 harus mempunyai serifikat training IV itu maksudnya apa ya mas?oh iya saya bagian IT,digital media jg mas,terima kasih mas
    Wassalam

  2. Pingback: Lowongan Kerja Ke New Zealand 2013 | Kerja Dari Rumah Online

  3. Nuna

    Hai, Bung Ariyo.
    Salam kenal. Saya membaca beberapa posting Anda mengenai kerja di luar negeri. Saya ada ketertarikan utk bekerja di negara lain, tetapi tidak ada pengalaman sama sekali. Mohon masukan dan tips-tips bagaimana cara memoles surat lamaran online (apa saja yg sebaiknya ditulis dan tidak dlm surat lamaran), dan persiapan apa saja yg sebaiknya perlu dilakukan utk menghadapi interview. Mohon masukkanya..

    Trims,
    Nuna

  4. Nuna

    Hai..
    Salam kenal..
    Saya ingin kerja di luar negeri.. gimana sih caranya memoles surat lamaran supaya bisa dilirik oleh perusahaan asing? tolong masukkanya donk..

    Trims,
    Nuna

  5. budy

    apakah ada sistem magang kalau kita kerja ke new zeland .tlg infonya mas androyo trmksh

  6. Muhammad Rais

    Assalamu’alaikum mas…salam kenal saya skrg kerja di duty free arab saudi sya tertarik ingin kerja di new zealand atau australia mohon masukannya

  7. Delbert

    Hai Andryo Haripradono,

    Mau nanya apakah proses recruitment disana lama ya? kemarin ini saya dapet call interview dan sudah 1 bulan belum dapat info lagi untuk interview. apakah disana jika ditolak tidak ada informasi dari pihak recruitment?

    Thank you

  8. ashar baco

    Aslm mas andriyo…sy sangat tertarik sekali untuk bekerja di australia.pengalaman krj sy di hotel (food beverage service dept) selama kurang lbh 8 thn.ada skill sy juga sebagai massage terapist.mohon sarannya mas .langkah2 @̤̥̣̈̊̇p̊̊̊@̤̥̈̊̇ Ɣªήğ bisa sy ambil agar cita2 sy bisa terwujud.trmksh sebelumnya

  9. dido

    Woww … sangat menginspiratif saya mas ….

    seputar Australia mas.
    Bisakah saya melamar pekerjaan via online (internet)
    kalo ada website2 recruiter australia mohon info ke saya mas

    dan nantinya kalo uda dapat kontrak kerja lebih dari 2 tahun .
    Apakah saya bisa apply PR ke Australia ??

    Mohon saran dan info ya mas.

    Thanks before

  10. DIANA COU

    Mas ada referensi g utk kerja diaustralia? tlng dibls diemail y. thx

  11. Herlambang

    Mas, saya berniat bekerja di Australia, bagaimana caranya ? selama ini saya hanya mengurus toko saja, dan hampir 3 tahun saya tidak ada perubahan, saya sudah berkeluarga, anak 3 orang, umur sudah 43 thn, bisakah dibantu ? terima kasih

  12. ade

    salam kenal mas andryo,
    saya membaca artikel postingnya dan saya ingin membantu suami saya mencarikan pekerjaan di australia, background sebagai IT, sudah 7 tahun di Indonesia belum mendapatkan pekerjaan tetap hanya freelance..mohon infonya agar suami saya memdapatkan pekerjaan di australia. terima kasih atas bantuannya..

  13. Donny orlando

    My name is Donny orlando, I am 34 years old. I have graduated from Engineering.
    i’d like to relocate to australia.
    My specialization in Engineering Industry.
    I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team (team work) or by myself. Beside that I posses adequate computer skill and have good command in English (spoken and written).
    With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company.
    I would express my gratitude for your attention..

    Sincerely,
    Donny orlando

  14. agnes

    Hi Mas Andryo, salam kenal, saya dengan agnes. Sekarang sy tinggal di Singapore dan rencana ingin pindah ke Australia.
    Apakah Mas Andryo ada kenalan/teman di Australia yang bisa merekomendasikan perusahaan yang bisa sy apply ?
    Btw, Australia nya di kota mana?

    kind regards,
    agnes

  15. arman

    lebih enak kita bekerja diluar negeri pada perusahaan yang pernah kita bekerja.
    selain jenis pekerjaan yang telah kita pahami, kita juga telah memahami lingkungan dalam lingkup perusahaan tersebut.

    dimanapun kita pernah bekerja, tinggalkanlah perilaku dan citra kita yang baik pada perusahaan tersebut.
    jika kita meninggalkan sesuatu yang baik, sudah pasti pihak perusahaan akan selalu mengenang kita.
    jika pada sesuatu saat kita ingin bekerja kembali, pihak perusahaan sudah pasti dengan senang hati akan menerima kita kembali bekerja di perusahaannya.

    citra dan perilaku yang baik adalah merupakan senjata kita dalam membidik suatu objeck/kehendak.
    untuk itu senjata tersebut harus ditanam dalam lubuk hati kita

  16. Arman

    Gaji yang kita peroleh bekerja di luar negeri memang lebih menjanjikan.

    Akan tetapi….dalam setiap pengambilan keputusan dari negara tujuan, pilihlah yang di mudahkan bagi anda serta nyamannya anda bekerja di negara tujuan tersebut.
    Selain bahasa yang telah anda pahami dalam pemakaiaan sehari-hari, anda juga harus memahami kultur dan budaya masyarakatnya.
    Kemudian juga tahan dengan iklim, terutama saat musim dingin, karena anda harus terus melakukan aktifitas kerja.

    Dan….apapun jenis pekerjaan yang anda lakukan, lakukanlah dengan tekun dan sepenuh hati.
    Karena setiap pekerjaan yang kita lakukan untuk menopang segala kebutuhan hidup kita dan kebutuhan keluarga kita.

  17. Bobby

    hallo,nih saya mau nanya bagaimana bisa cari kerja di aussie di bidang apa saja dengan visa turis ,thanks

  18. rully ansar

    Hi. Mas andro saya rully saya berpengalaman di bidang alt berat pertambangan seperti Heavy duty komatsu 785-5/7 & cat 777,773 & penah bekerja jg di perusahaan australia yg bergerak di bidang haulling dan posisi saya di perusahan tersebut sebagai operator trailer scania type R 580, 4 vessel gimana ya mas cara untuk melamar kerjaan diluar negeri besar harapan saya agar diberi informasi yang lengkap.

  19. Roni

    Salam pak andryo,

    Sangat membantu sekali informasinya terimakasih, apa boleh saya contact bapa via email?
    Terimaksih pa andryo

  20. Roni

    Salam pa andryo

    Apa bisa saya contact bapa via email..
    Terimakasih

  21. ina ayu

    saya ingin kerja di australia,,,,,apakah ada info yang lebih lanjut

  22. Fajar

    hallo mas Andryo.. saya fajar asal dari kota Batu jawa timur-Indonesia// saya tertarik dan pingin bisa kerja di australia.. spesifikasi saya ahli dibidang desain grafis, dan 3d modelling.. merancang rumah, desain produk dll.. kira2 apa bisa yah?

    terimakasih sebelumnyaFajar

  23. Ida Bagus Adi Putra

    Saya mendapat email dari sebuah Recruitment Consultant sbb :

    Hi Ida ,

    Thank you for your recent application, that role has been filled. I have a client who is currently looking for 3 x Telco Rigging operators for immediate starts based in all areas of Melbourne.

    You must have the below expereience:

    * Completed Radhaz Training
    * Experience with Tower Work
    * Working with Heights, F/Aid with current CPR, basic induction
    * Previous expereince working with clients like Vodaphone, Telstra & Optus.

    This a contract role with work until atleast Christmas, for the right candidate possibility of temp-permanent contract.

    Please call Skye on 9811 6826 to discuss further

    Kind regards

    Skye Zielke
    Recruitment Consultant

    cid:image001.gif@01C751DD.1FA09B70

    T:03 9811 9955 M: 0481 873 205

    BAGAIMANA MENURUT ANDA??? MOHON SARAN & PERTIMBANGANNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *