Standar Gaji di Australia

Banyak sekali pembaca blog saya yang menanyakan standar gaji di Australia kepada saya. Sebenarnya agak sulit juga dijawab, karena setiap industri pasti standar gajinya beda, belum lagi tergantung perusahaan dan skill pekerjanya. Namun berikut saya cantumkan daftar standar gaji di Australia, yang saya kumpulkan dari website-website lain.

Gaji Minimum di Australia

Menurut website Fair Work pemerintah Australia, gaji minimum di Australia adalah 15.51 dollar per jam, atau 589.30 dollar per minggu. Namun semua kembali tergantung pada umur pekerja. Semakin muda pekerjanya (misalnya masih 17 tahun), gaji minimumnya semakin rendah.

Pada prakteknya bisa berbeda lagi. Teman saya yang bekerja secara ilegal di Sydney (beliau bekerja sambil kuliah, lebih dari 20 jam per minggu) mendapatkan gaji sekitar 12 dollar per jam, tanpa membayar pajak. Untuk informasi, pelajar asing hanya boleh bekerja maksimum 20 jam per minggu.

Teman saya yang lain, bekerja part-time di toko supermarket alkohol dengan gaji 21 dollar per jam.

Gaji Fresh-Graduate di Australia

Gaji fresh-graduate di Australia dan di negara manapun tentunya bisa sangat berbeda-beda, tergantung industri, perusahaan, dan skill pekerjanya. Menurut website mycareer, gaji fresh-grad bisa berkisar dari 30 ribu sampai 50 ribu dollar per tahun. Tentunya industri-industri seperti banking dan finance, accounting, dan engineering mempunyai gaji di atas rata-rata.

Gaji di Australia untuk industri saya – Media, IT, Marketing dan Advertising

Sebagai informasi, saya bekerja di digital advertising agency. Saya pindah ke Australia untuk posisi menengah di perusahaaan. Informasi ini saya dapatkan dari bersosialisasi dengan praktisi-praktisi di perusahaan lain, tawaran kerja dari perusahaan lain, juga dari beberapa rekruter yang suka menghubungi saya.

Posisi Entry Level – Assistant, Analyst & Executive

Gaji posisi entry level di industry saya sekitar 35 ribu – 50 ribu dollar per tahun.

Posisi Menengah – Consultant & Specialist

Posisi Consultant dan Specialist rata-rata memiliki gaji 50 ribu – 80 ribu per tahun.

Posisi Menengah ke Atas – Senior Consultant, Manager

Seorang Senior Consultant dan Manager rata-rata memiliki gaji 80 ribu sampai 120 ribu dollar.

Posisi Atas – Director & Head of Department

Untuk Director dan Department Head kisaran gajinya luas sekali, bisa dari 100 ribu – mungkin 250 ribu dollar per tahun.

Gaji dan Lokasi

Tentunya lokasi pekerjaan juga bisa mempengaruhi besar gaji yang diperoleh. Kerja kantoran di Sydney dan Melbourne mungkin bisa menawarkan lebih besar dari kerja di Adelaide atau Darwin, untuk sekedar contoh. Dan mungkin Western Australia menawarkan gaji yang sangat tinggi untuk pertambangan.

Penutup

Dengan mengutarakan / menulis post tentang standar gaji di Australia, tetap tolong dicatat bahwa ini hanyalah sekedar petunjuk. Tidak selalu praktek gaji akan sesuai teori. Selalu ada pekerja-pekerja yang underpaid dan overpaid. Semua tergantung situasi industri dan perusahaan, hukum supply and demand, and how you play your cards 🙂

Comments are closed.