Tim Baseball Indonesia

Sebuah kebanggaan yang sangat besar membawa nama negara Indonesia di dada dalam kancah internasional. Beruntung saya berkesempatan menjadi anggota tim baseball Indonesia selama beberapa tahun.

Saya mulai bermain baseball di kelas 3 SD, berawal dari iseng ikut-ikutan sepupu saya. 8 tahun kemudian saya menjadi pemain nasional junior dibawah 18 tahun (u-18).

Baseball Indonesia

Baseball bukanlah olahraga yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya mungkin karena alat-alatnya agak mahal, dan lapangan yang dibutuhkan sangat besar.

Dengan sedikitnya kompetisi olahraga ini di Indonesia, tentunya berpengaruh secara langsung kepada prestasi negara ini di kancah Internasional. Dan dengan sedikitnya saingan pemain baseball di Indonesia, tentunya agak lebih mudah untuk berprestasi secara lokal. Ini tercermin dengan terlalu seringnya tim DKI Jakarta menjuarai kejuaraan baseball nasional, misalnya PON, Pra-Pon, kejuaraan antar klub, dll.

Keadaan yang cukup menyedihkan adalah tidak adanya kancah profesional di dunia Baseball Indonesia, sehingga banyak pemain-pemain berprestasi yang hingga mencapai umur tertentu, lalu memutuskan untuk membanting setir berkarir di kantoran. Hidup dari baseball masih belum bisa dibilang layak. Mungkin ada kejuaraan-kejuaraan yang bisa dibilang semi-profesional, namun gaji dan bayaran yang diterima belum rutin dan hanya sekali-sekali.

Kejuaraan Baseball Triple-A Asia – U-18 – Osaka, Jepang

Pertama kali saya membela nama Indonesia adalah untuk kejuaraan Triple-A Asian Baseball Championship 1998 di Osaka, Jepang – umur 18 tahun kebawah.

Tim Baseball Indonesia - Osaka, Jepang - 1998

Tim Baseball Indonesia - Osaka, Jepang - 1998

Di kejuaraan Triple A ini, kami berkesempatan bermain dengan bintang-bintang baseball Asia sewaktu mereka masih muda. Banyak dari mereka yang sekarang bermain profesional di Jepang, Korea, Taiwan, dan bahkan Amerika Serikat, misalnya Daisuke Matsuzaka – pitcher Boston Red Sox.

Tim Baseball Indonesia – Juara Asia Cup 2001 – Divisi 2 Asia

Di kejuaraan Asia Cup 2001 Divisi 2 Asia di Senayan – Jakarta, tim baseball Indonesia berhasil menjadi juara di depan publik sendiri, dengan mengalahkan tim Pakistan di final dengan skor luar biasa, 24-19. Skor sebanyak ini agak aneh untuk olahraga Baseball.

Pakistan dengan pemain-pemain ber-background cricket memukul lebih dari 10 homerun di pertandingan final. Namun kegigihan pemain Indonesia untuk mengejar satu per-satu dengan hit-hit single, double, dan beberapa homerun, akhirnya kita berhasil menjadi juara.

Tim Baseball Indonesia - Harian Kompas 2001

Tim Baseball Indonesia - Harian Kompas 2001

Pada foto yang dimuat di koran Kompas ini, saya bernomor punggung 10 berlutut di posisi Third-base.

Asian Baseball Championship – Taipei – 2001

Tim Baseball Indonesia - Asian Baseball Championship - Taipei, 2001

Tim Baseball Indonesia - Asian Baseball Championship - Taipei, 2001

Dengan menjuarai Kejuaraan Asia Baseball Divisi 2 Asia, tim baseball Indonesia berhak ikut serta dalam Asian Baseball Championship di Taipei – Divisi 1 Asia.

Asian Baseball Championship – Sapporo, Jepang – 2003

Di kejuaraan ini, kami bermain di stadion luar biasa di Sapporo, Jepang. Stadion ini tergolong unik karena bisa diubah-ubah fungsinya untuk baseball maupun sepak bola. Podium penonton bisa diputar dengan teknik tertentu, dari berbentuk lapangan baseball menjadi seperti kotak untuk sepak bola.

Stadion ini digunakan untuk piala dunia sepak bola (World Cup Football 2002 – Korea-Japan). Ya, David Beckham pernah bermain di lapangan ini.

Tim Baseball Indonesia - Kejuaraan Baseball Asia - Sapporo, Jepang 2003

Tim Baseball Indonesia - Kejuaraan Baseball Asia - Sapporo, Jepang 2003

Tim Baseball DKI Jakarta – PON 2004 Palembang

Ini pertama kalinya olahraga baseball dipertandingkan secara resmi di PON. Sebelumnya, baseball pernah dipertandingkan, tetapi hanya eksebisi. Medali yang direbutkan, tidak dihitung dalam perolehan medali propinsi.

Upacara Pembukaan PON 2004 Palembang

Upacara Pembukaan PON 2004 Palembang

Dalam PON 2004 di Palembang ini, pengurus kontingen DKI Jakarta memastikan untuk mengirim pasukan pendukung The Jaks Mania untuk mendukung tim-tim DKI Jakarta yang bertanding. Cukup terorganisir, mereka selalu ada di semua cabang olahraga dimana tim DKI Jakarta bertanding.

Tim Baseball DKI Jakarta - PON 2004

Tim Baseball DKI Jakarta - PON 2004

Pada PON 2004 Palembang ini, seperti dugaan sebelumnya, tim DKI Jakarta menjuarai dengan mengalahkan tim Jawa Barat di final dengan skor akhir cukup jauh, 13-3.

Menjadi Pelatih Baseball Junior

Setelah PON 2004 di Palembang, saya memutuskan untuk pensiun dari dunia baseball di Indonesia untuk kejuaraan-kejuaraan besar. Saya masih bermain sedikit sebenarnya, namun hanya untuk tim lokal klub baseball saya, demi sekedar ber-olahraga dan bersosialisasi. Namun untuk menjadi pelatih, saya tidak mau menutup pintu.

Pelatih Tim Junior Jakarta - Bali 2007

Pelatih Tim Junior Jakarta - Bali 2007

Melatih Tim Baseball Daerah Lain

Melatih Tim Baseball Daerah Lain

70 thoughts on “Tim Baseball Indonesia

  1. ika

    main softball u/ wanita ada batasan umur gak sih? di daerah jogja, club softball yg terbuka u/ umum dimana ya?

  2. Aditya

    wah enak ya yang ada di jakarta, saya sendiri tinggal di lombok NTB baru masuk kuliah dan pengen sekali bermain baseball, tapi entah di lombok tidak ada wadah untuk orang2 seperti saya yang sangat menyukai olahraga ini, apa ada pencerahan buat saya dari pak Andryo? saya masih umur 18tahun, masih adakah kesempatan untuk mengembangkan kemampuan saya ini?

  3. #09 Fadhil

    Salam mas Andryo. Saya dari klub baseball softball Redbull’s Surabaya. Mas andryo dari klub mana ?

  4. aditya widi atmaja ( UGM )

    pak saya mau minta info klub softball / baseball di jogja, mau gabung klub, makasih pak

  5. Harry Ariyandi

    Hi Mas Andryo,

    Kalau boleh tanya, kenal sama Mathew atau berteman dengan Mathew? Mathew yang saya kenal, dia main baseball juga.
    By the way, tinggal di Sydneynya dimana mas? Saya juga di Sydney.

    Boleh nih kalau berteman dan tanya2 soal musik dan soal Sydney? Kebetulan saya juga main musik dan home recording juga.

    Please feel free if you happy being a friend with me. You got my email address.

    Cheers mate !
    Have a good one !

  6. Ramadhan

    gan aku kepengen belajar baseball tpi aku gak tau dmn tempat buat daftar anggota baseball ?
    pliss aku kepengen jdi picther 🙂

  7. Bar

    dear andryo

    is it possible bahwa anda adalah penulis cerita bersambung kaskus, ini hidup gw?

    and btw,visit pintu satu any time. sekarang setiap weekend sudah diadakan kembali kompetisi,meskipun softball dengan 2 divisi

  8. A.J.

    Kira2 ada klub d jakarta yg buka pendaftaran buat pemula usia dah diatas 20tahin ga ya mas?
    Thx

  9. ocha

    kalo mau masuk klub baseball disurabaya gimana?? saya baru smp kelas 2.

  10. Kresna Prasmadewa

    Dear TS, thank you banget bisa dapet postingan dari mantan pemain nasional baseball Indonesia. Saya masih berumur 20 tahun dan saya suka sekali bermain baseball di kota asal saya Semarang bersama kakak saya yang merupakan pemain tim Pra-PON Jateng. Saya berposisi Infielder (Shortstop). Saya pengen banget jadi salah satu bagian dari berkembangnya baseball di Tanah Air. Kalo TS mau berbagi dengan saya mungkin bisa menghubungi email ini 🙂 kresnaprasmadewa@gmail.com

  11. Iqbal

    numpang tanya nih om andryo , untuk wilayah kalimantan barat clubnya ada ga ya kira” ? soalnya saya pingit banget gabung sama club baseball saya suka banget sama olahraga ini , dan saya mau tanya ko bola baseballnya kaya bola tenis ya warnanya kuning gtu ga putih kaya di jepang atau amerika . dan saya masih kelas 3 SMK 19thun. trimakasih om , di tunggu balasannya .

  12. adrian

    wah, saya (sma kls1) sangat suka dengan olah raga ini, tapi saya ga bisa main baseball, karna belum ada fasilitasnya (batam). kalu boleh tahu? ada klub baseball apa aja di Indonesia

  13. Alvin Darmawan

    Wah menarik sekali pengalaman anda. Saya telah mengenal baseball selama sekiranya 4 tahun (dari kelas 6 SD – 3 SMP), namun saya belum pernah menemui adanya klub-klub yang resmi di sekitar saya (Sidoarjo), bahkan lapangan Dharmawangsa yang dulunya merupakan lapangan baseball dan softball, sudah tidak terawat dan sepi pengunjung. Saya hanya mengenal 3 teman yang benar-benar antusias mengenai baseball, saya sering berlatih bersama mereka, saya sebagai pelempar (pitcher). Berpartisipasi bersama tim dalam kejuaraan baseball merupakan salah satu dari banyak cita-cita saya, namun sepertinya hal itu sangat kecil kemungkinannya untuk terwujud, melihat kondisi olahraga yang indah di negara ini.

  14. Narumiya mei

    Pengen rasanya main baseball…saya mau main tapi…di daerah subang sedikit sekali yang berminat..saya ingin..ke senayan…saya pernah bermain di liga kecil..di daerah jawa barat…dan mendapat beasiswa..untuk bersekolah..di sma chukyo gakuen….posisi saya adalah catcher

  15. Ketut

    halo sy ketut dari lombok terus sy pengen nempati posisi catcher

  16. Ketut

    hallo saya ketut dari lombok
    cita – cita sy jadi catcher karena sy slalu berlatih di lombok untuk jadi catcher

  17. Dhimars

    Kak kalau aku boleh Tanya batas umur untuk bisa masuk ke Tim baseball berapa soalnya aku umur 12 soalnya aku lagi cari club baseball untuk junior Dan posisi untuk mendaftar Di mana ya Kak

  18. Billy

    Kk sya pemula ni umur saya baru 18 thn saya tertarik olahraga ini gara2 nonton anime, nah saya mau tanya syaratnya jdi pitcher itu apa aj sih ??

  19. bayu

    Mas Andryo, sy temukan istilah CALLING BALL dlm buku berbahasa inggris ttg pendidikan.

    istilah dunia baseball CALLING BALL ini dikatakan sbgai salah satu skill wasit.

    pertanyaannya, dlm bhs Indonesia, adakah padanan istilah utk CALLING BALL itu dan knpa itu d sebut sbg skill wasit?

    trim. ditunggu jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *