Mencari Kerja di Australia dari Indonesia

Pada waktu itu, saya baru pulang ke tanah air setelah tinggal hampir 4 tahun di London, Inggris. Baru beberapa hari tinggal di Jakarta sudah membuat saya menyadari bahwa saya tidak akan betah kembali tinggal di sini, padahal saya lahir dan tumbuh di kota ini. Saya bertekad untuk mencari pekerjaan di luar Jakarta, pilihan saya adalah Bali, Singapore, Australia, dan New Zealand.

Recruiter / Headhunter

Di Inggris, untuk bidang saya (media, advertising, marketing, dll), cara paling mudah untuk mencari pekerjaan adalah melalui recruiter / headhunter. Merekalah yang lebih tahu tentang pasar, perusahaan mana yang membuka lowongan, perusahaan mana yang mau mensponsori pekerja untuk visa, perusahaan mana yang berkembang, dan orang seperti apa yang dicari perusahaan-perusahaan itu. Bidang recruiter di sana sangatlah spesifik. Misalnya untuk bidang saya, contoh title pekerjaan mereka adalah “Digital Media Recruiter”.

Bukalah account Linkedin

Cara termudah untuk menghubungi recruiter-recruiter tersebut adalah melalui website jaringan sosial Linkedin. Saya sarankan anda untuk membuatnya.

Setelah liburan tahun baru selesai, mulailah saya mengontak semua recruiter digital media yang berlokasi di Singapore, Australia, dan New Zealand. Di Indonesia masih jarang. Kira-kira total saya menghubungi 100 orang.

Bali

Saya menemukan sebuah lowongan di JobsDB.com, untuk sebuah agency web marketing / design / development di sana. Saya sempat di-wawancara oleh pemiliknya, seorang warga negara Amerika, via telfon. Perusahaan ini sungguh menyenangkan, tawaran gaji lumayan, dan saya rencananya akan diterbangkan ke sana untuk bertemu tim mereka sebelum mereka mengambil keputusan.

Namun sayangnya saya sudah mendapatkan sebuah tawaran kerja lain, sehingga saya harus mengundurkan diri dari perusahaan ini. Sayang sekali saya tidak sempat “liburan” ke Bali gratis hehe.

Singapore

Feedback recruiter-recruiter di Singapore sangatlah positif. Ada sekitar 4 orang yang tertarik untuk merepresentasikan saya ke perusahaan-perusahaan digital media di sana. Menurut mereka, CV saya untuk level Singapore cukup mengesankan. Namun sistem di Singapore berbeda dengan London. Di London, tak ada masalah jika 1 orang diwakili beberapa recruiter, karena pasarnya besar. Di Singapore, lebih menguntungkan jika hanya diwakili oleh 1 recruiter.

Adalah seorang recruiter yang ingin mengikat saya secara eksklusif, dan saya setuju, karena perusahaan recruiter ini mempunyai client-client bernama besar di bidang advertising. Saya mengikuti cara mainnya dan mengakhiri kerja sama dengan recruiter lain. Dalam hitungan hari saja, saya sudah mendapatkan wawancara dengan dua perusahaan ternama.

Saya bilang kepada mereka, jika ada lebih dari 2 perusahaan di Singapore yang ingin mewawancarai saya, maka saya tidak keberatan untuk terbang ke Singapore demi wawancara. Namun jika hanya 2, kita lakukan saja lewat telfon atau Skype.

Dengan salah satu perusahaan tersebut, saya mencapai 3 kali interview dan melakukan satu tugas / project. Namun akhirnya saya mengundurkan diri karena sudah mendapatkan tawaran kerja lain.

New Zealand

Feedback dari New Zealand tidaklah bagus. Jikapun mereka membalas pesan saya, paling-paling hanya memberi tahu bahwa belum ada perusahaan yang mau mensponsori pekerja dari luar negeri.

Australia

Cukup banyak recruiter dan perusahaan yang tertarik dengan CV saya, terutama dengan pengalaman kerja 2 tahun saya di London. Untuk bidang digital media, Amerika dan Inggris memang sudah jauh di depan. Australia, Singapore, dan negara Eropa lainnya agak tertinggal di belakang.

Para recruiter dan perusahaan, menganjurkan saya untuk apply “working holiday visa”, yaitu visa untuk liburan sekaligus bekerja. Dengan visa ini, orang boleh bekerja fulltime selama 1 tahun, dengan maksimal 6 bulan di perusahaan yang sama. Menurut mereka, umumnya orang-orang luar Australia datang dan bekerja dengan visa ini, sambil mengurusi visa kerja di-sponsori oleh perusahaan.

Namun sayangnya, sebagai warga negara Indonesia, jarang sekali ada negara-negara yang mempunyai kerja sama untuk visa semacam ini. Kebetulan Australia mempunyai perjanjian dengan Indonesia menyangkut visa ini, namun jumlahnya dibatasi. Baik Indonesia maupun Australia, hanya mengeluarkan 100 buah work and holiday visa dalam 1 tahun. Tahun imigrasi Australia dimulai dari bulan Juli, dan terakhir saya cek ke imigrasi, visanya sudah mencapai limit 100.

Dengan tidak adanya kesempatan untuk saya apply visa ini, kebanyakan recruiter dan perusahaan tidak lagi berminat. Namun kebetulan ada 1 recruiter yang tetap berniat merepresentasikan saya ke sebuah perusahaan besar, yang menurutnya, memang selalu mencari pekerja yang mempunyai pengalaman di Amerika atau Inggris. Ironisnya, recruiter ini adalah orang pertama yang saya kontak di Australia. Puluhan pesan lainnya yang saya kirim, sungguhlah tidak berguna.

Setelah 3 kali wawancara (melalui telfon dan skype), 1 tugas / project mengerjakan audit website salah satu client mereka, dan saya harus mempresentasikan project ini kepada tim mereka (melalui webex, sebuah aplikasi web conference), akhirnya saya mendapatkan tawaran kerja dari mereka pada akhir Januari / awal Februari. Mulailah kami mengurus visa kerja Australia – Sponsor 457.

225 thoughts on “Mencari Kerja di Australia dari Indonesia”

  1. Dear Andryo,

    Untuk melamar kerja ke luar negeri itu gampang tetapi rata rata harus ada visa kerja. Apakah ada perusahaan headhunter atau recruiter itu bisa membantu mencari kan pekerjaan yang perusahaan nya mau memberikan sponshorship visa. Bidang aku IT, ICT, Telecommunication pengalaman kerja +20 th di perusahaan lokal dan Multinational
    Pak Adnryo punya rekomendasi Headhunter untuk yang di negara singapore, malaysia, china, australia dan amerika ngak?

    Best Regards,
    Ui

    • Dear Tjie,
      Saya rasa dibilang gampang juga kurang tepat untuk khalayak umum, kecuali jika punya pengalaman seperti anda (20 tahun).
      Seperti yang saya tulis di post saya, saya pun menemukan pekerjaan saya lewat headhunter / recruiter. Saya hanya melakukan search di linkedin dengan keyword “recruiter” dan bidang saya. Sudah coba search di Linkedin? Umumnya semua perusahaan besar di Singapore dan Australia bisa mensponsori visa, terutama di bidang yang dibutuhkan skill tinggi (seperti IT dan ICT). Saya kurang mengerti untuk Malaysia dan China. Untuk Amerika, agak lebih sulit, but still it’s not impossible.
      Good luck,
      Andryo

  2. Artikel nya menarik nih, ada banyak keuntungan jika kamu sekolah di luar negeri, seperti bisa memiliki teman dari luar negeri, nambah wawasan, pengalaman, dan tentunya mungkin gelar yang internasional.

    kebetulan kalau butuh info lengkap mengenai pendidikan keluar negeri bisa kunjungi website overseaszone.com disana bisa langsung konsultasi online loh.. atau add pin bb saya di: 316A06EA & line/we chat/kakao talk: overseaszone

  3. artikelnya sangat bagus sebagai bahan reverensi ,
    ketertarikan untuk bekerja di luar negeri sangat besar dikalangan masyarakat kita dewasa ini dikarenakan salary yang diterima jauh lebih besar serta pengalaman yang berbeda saat bekerja diluar negeri
    kalo boleh saya bertanya , apakah sistem kerja diluar negeri menerapkan pajak penghasilan untuk salarynya khusus nya bagi tenaga kerja dari luar

  4. salam mas adryo,saya mau nanya ni ,,kalo bekerja di perkebunan ada gak,, misal nya kebun angguur,, tu harus ada sponsor dari perusahaan juga ya?..

  5. Apa kabar Mas Andryo, mohon infonya. Anak saya freshgraduated Geophysic Engineer, bagaimana supaya dia bisa mudah mendapatkan job di perusahaan mining or oil di Australia. Apakah Mas bisa info kemana dia harus apply dari Indonesia. Jika memungkin kan dia juga ingin cari scholarschip sambil kerja..Terima kasih atas infonya salam.

  6. maaf saya mau bertanya, saya hanya punya ijasah S1 jurusan manajemen pemasaran dan beberapa pengalaman kerja di indonesia sebagai marketing. kira2 bisa atau tidak saya bekerja di australia? bagaimana cara nya? thanks

  7. halo mas andryo.
    saya ingin sekali bekerja di australia, tapi background saya s1 sastra dari salah satu PTN di Yogyakarta. dapatkan saya mendapatkan pekerjaan disana? english saya agak berantakan, pengalaman kerja d sektor otomotiv, pendidikan, dan juga perbankan. umur 24 single. mohon bantuanya mas.

  8. kak Andryo saya sekarang bekerja di hong kong kurang lebih hampir 8 thn dlm 1 majika,saya ingin sekali bekerja ke Australia bagaimana cara2ny mhon penjelasannya,terima kasih

  9. mz andryo saya tidak memiliki keterampilan khusus tapi saya bisa kerja d posisi kichen helper dan ,di kebun anggur, apa yg harus saya lakukan jika ingin kerja d NZ.

  10. Mas, saya mekanik hususnya light vehicle diesel , pengalaman 11 thn dipertambangan asing di NTB, bahasa inggris saya buruk, kalau part book atau manual book bisa saya mengerti. Dengan itu semua, bisakah saya bekerja di australia ? Mohom bantuannya agar saya bisa capai mimpi saya. Terima kasih .

  11. hallo mas andryo
    saya lulusann d3 it, dan saya pengen kerja di singapore atau ausi tapi saya baru lulus
    menurut mas andriyo saya harus gimana? dan mulai dari mana?
    thnx

  12. mas andryo,
    Saya pengen sekali kerja di australia atau negara mana aja dan saya S1 umur 30 tahun serta mempunyai skill mengemudi,las listrik,las potong ataupun kerja di restaurant pun mau,Tanks

  13. halo mas andryo…

    saya mau tanya ne… sekarang saya lg di ausi untuk holiday… apa bisa saya cari visa holiday n worknya di appy dari sni.. trus kalo untuk cari visa holiday n work itu harus dan mesti ada seponsor yaa dari perusahaan….

    trimakasih

    • Halo Cima,

      Sayangnya visa working holiday bisa diapply hanya dari negara tempat tinggalnya, jadi untuk kasus anda di Indonesia. Tidak perlu sponsor, tapi visanya rebutan karena hanya dikeluarkan 100 visa per tahun untuk org Indonesia (terakhir saya cek).

      Andryo

  14. Mas Andryo,

    Ketika saya mencari recruiter lewat Linkedin ada muncul bbrp dan langsung saya klik situs tempat recruiter bekerja. Di situs ada button drop me your cv. Kalo Mas Andryo dulu, get in touch ama recruiter lewat Linkedin ato langsung drop them your cv. Saya belum berpengalaman cari kerja lewat recruiter. Thanksss bgt ya Mas!

    Cheers

    Lian

  15. mas andriyo saya agung dikalimantan, umur saya 27 tahun cuman lulusan SMA, saya bekerja dipertambangan batu bara sebagai operator heavy Equipment (excavator),, kira2 diaustralia gampang gak kerja dengan background saya ini,,,mohon informasinya

  16. Salam kenal Mas Andryo

    Saya Donny dari Surabaya. Mas bulan Januari-February 2014 ini saya mau berkunjung ke Melbourne (visa turis), rencananya selama disana selain berlibur saya juga mau bekerja di perkebunan Melbourne. Bisa minta tolong di rekomendasikan kontraktor kebun yang dari Indonesia (kontraktornya yang sudah jadi PR tentunya)? Soalnya kebanyakan kan kontraktornya dari Vietnam, kalau kontraktornya orang Indonesia yang sudah PR kan lebih nyaman gitu…Langsung PM aja ya mas ke email saya…Tq

    Jabat Erat

  17. Dear Mas Andryo,

    Saya punya visa dependan unlimited work permit dari istri (573 visa dependant) untuk 6 bulan , dengan pengalaman 8 tahun sebagai Cisco/Telco Network Engineer di salah satu Telekomunikasi Provider di indonesia.
    Bagaimana peluang untuk mendapatkan kerja dan visa 457 sesuai dengan pengalaman saya untuk nanti di sydney, mengingat saya hanya punya jangka waktu visa 6 bulan.
    Apakah mas andryo punya tips dan trick agar bisa working dan stay lebih lama dsana ?

    Terima kasih,

    • Mas Alfatih,

      Agak susah juga menjawabnya. Peluang pasti ada, semua tergantung skill, dan bagaimana menjual diri saat interview.

      Visa 6 bulan agak sulit, tapi tidak ada yang impossible.

      Andryo

  18. Hallo Mas Andryo,..

    Senang membaca blog anda,saya jg searching job via Linkedin,dan mulai dapat penawaran,keahlian saya Master technician Lexus,di bidang Automotive.Namun sedikit sekali respone dari recruiter,mereka lebih suka yg sudah dinegaranya ataupun yg punya Visa permanent resident atau visa kerja.Apa yg harus lebih saya buat di CV mas,supaya mereka lebih tertarik dgn iklan saya,thanks bila bisa membalas tulisan saya ini.

    • Halo Mas Erson,

      Kalo bisa sih di highlight skill dan speciality yang membedakan Mas dari teknisi teknisi lain. Karena untuk mensponsori pekerja luar, perusahaan harus menjelaskan mengapa harus meng-employ dari luar, dan bukan warga Australia. Dan skill yang dimiliki harus berada di list skill yang dicari pemerintah Australia.

      Salam,

      Andryo

  19. Thank’s Mr Andryo untuk informasinya, saya termasuk seseorang yg memiliki impian untuk dapat bekerja di luar negeri; terutama timur tengah dan eropa. Dengan pengalaman 2 tahun bekerja di malaysia sebagai assistant NDT (non destructive test) dan saya memutuskan untuk fokus di dunia NDT dengan menyicil satu persatu sertifikasi keahlian NDT di Indonesia, seperti Radiography dan Ultrasonic Testing. Karena saya masih fresh graduate, saya ingin bertanya tentang CV atau bentuk application seperti apa yang akan segera mendapatkan tanggapan dari perusahaan-perusahaan di luar negeri terutama perusahaan bidang NDT oil and gas?

    • Halo Asfer,

      Dulu sewaktu saya fresh graduate, saya perbanyak portfolio dan skill lalu di highlight di CV. Saya juga tekankan jika saya mau dan senang belajar skill baru.

      Sesudah banyak pengalaman kerja, di CV yang di highlight pengalaman profesional.

      Kuncinya giat dan jangan menyerah 🙂

      Salam dan good luck!

      Andryo

  20. Assalammualaikum

    Mas saya sudah di australia tapi salahnya saya kemaren meng apply visa tourist karena awalnya niatnya memang untuk mengunjungi kk saya disini, karena saya fresh graduate gmn yah mas untuk sekedar magang disini bs ga yah mas?krn untuk education katanya bs tapi untuk working tidak diijinkan 🙁 dan rata2 harus mempunyai serifikat training IV itu maksudnya apa ya mas?oh iya saya bagian IT,digital media jg mas,terima kasih mas
    Wassalam

  21. Hai, Bung Ariyo.
    Salam kenal. Saya membaca beberapa posting Anda mengenai kerja di luar negeri. Saya ada ketertarikan utk bekerja di negara lain, tetapi tidak ada pengalaman sama sekali. Mohon masukan dan tips-tips bagaimana cara memoles surat lamaran online (apa saja yg sebaiknya ditulis dan tidak dlm surat lamaran), dan persiapan apa saja yg sebaiknya perlu dilakukan utk menghadapi interview. Mohon masukkanya..

    Trims,
    Nuna

  22. Hai..
    Salam kenal..
    Saya ingin kerja di luar negeri.. gimana sih caranya memoles surat lamaran supaya bisa dilirik oleh perusahaan asing? tolong masukkanya donk..

    Trims,
    Nuna

  23. Assalamu’alaikum mas…salam kenal saya skrg kerja di duty free arab saudi sya tertarik ingin kerja di new zealand atau australia mohon masukannya

  24. Hai Andryo Haripradono,

    Mau nanya apakah proses recruitment disana lama ya? kemarin ini saya dapet call interview dan sudah 1 bulan belum dapat info lagi untuk interview. apakah disana jika ditolak tidak ada informasi dari pihak recruitment?

    Thank you

  25. Aslm mas andriyo…sy sangat tertarik sekali untuk bekerja di australia.pengalaman krj sy di hotel (food beverage service dept) selama kurang lbh 8 thn.ada skill sy juga sebagai massage terapist.mohon sarannya mas .langkah2 @̤̥̣̈̊̇p̊̊̊@̤̥̈̊̇ Ɣªήğ bisa sy ambil agar cita2 sy bisa terwujud.trmksh sebelumnya

  26. Woww … sangat menginspiratif saya mas ….

    seputar Australia mas.
    Bisakah saya melamar pekerjaan via online (internet)
    kalo ada website2 recruiter australia mohon info ke saya mas

    dan nantinya kalo uda dapat kontrak kerja lebih dari 2 tahun .
    Apakah saya bisa apply PR ke Australia ??

    Mohon saran dan info ya mas.

    Thanks before

  27. Mas, saya berniat bekerja di Australia, bagaimana caranya ? selama ini saya hanya mengurus toko saja, dan hampir 3 tahun saya tidak ada perubahan, saya sudah berkeluarga, anak 3 orang, umur sudah 43 thn, bisakah dibantu ? terima kasih

  28. salam kenal mas andryo,
    saya membaca artikel postingnya dan saya ingin membantu suami saya mencarikan pekerjaan di australia, background sebagai IT, sudah 7 tahun di Indonesia belum mendapatkan pekerjaan tetap hanya freelance..mohon infonya agar suami saya memdapatkan pekerjaan di australia. terima kasih atas bantuannya..

  29. My name is Donny orlando, I am 34 years old. I have graduated from Engineering.
    i’d like to relocate to australia.
    My specialization in Engineering Industry.
    I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team (team work) or by myself. Beside that I posses adequate computer skill and have good command in English (spoken and written).
    With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company.
    I would express my gratitude for your attention..

    Sincerely,
    Donny orlando

  30. Hi Mas Andryo, salam kenal, saya dengan agnes. Sekarang sy tinggal di Singapore dan rencana ingin pindah ke Australia.
    Apakah Mas Andryo ada kenalan/teman di Australia yang bisa merekomendasikan perusahaan yang bisa sy apply ?
    Btw, Australia nya di kota mana?

    kind regards,
    agnes

  31. lebih enak kita bekerja diluar negeri pada perusahaan yang pernah kita bekerja.
    selain jenis pekerjaan yang telah kita pahami, kita juga telah memahami lingkungan dalam lingkup perusahaan tersebut.

    dimanapun kita pernah bekerja, tinggalkanlah perilaku dan citra kita yang baik pada perusahaan tersebut.
    jika kita meninggalkan sesuatu yang baik, sudah pasti pihak perusahaan akan selalu mengenang kita.
    jika pada sesuatu saat kita ingin bekerja kembali, pihak perusahaan sudah pasti dengan senang hati akan menerima kita kembali bekerja di perusahaannya.

    citra dan perilaku yang baik adalah merupakan senjata kita dalam membidik suatu objeck/kehendak.
    untuk itu senjata tersebut harus ditanam dalam lubuk hati kita

  32. Gaji yang kita peroleh bekerja di luar negeri memang lebih menjanjikan.

    Akan tetapi….dalam setiap pengambilan keputusan dari negara tujuan, pilihlah yang di mudahkan bagi anda serta nyamannya anda bekerja di negara tujuan tersebut.
    Selain bahasa yang telah anda pahami dalam pemakaiaan sehari-hari, anda juga harus memahami kultur dan budaya masyarakatnya.
    Kemudian juga tahan dengan iklim, terutama saat musim dingin, karena anda harus terus melakukan aktifitas kerja.

    Dan….apapun jenis pekerjaan yang anda lakukan, lakukanlah dengan tekun dan sepenuh hati.
    Karena setiap pekerjaan yang kita lakukan untuk menopang segala kebutuhan hidup kita dan kebutuhan keluarga kita.

  33. Hi. Mas andro saya rully saya berpengalaman di bidang alt berat pertambangan seperti Heavy duty komatsu 785-5/7 & cat 777,773 & penah bekerja jg di perusahaan australia yg bergerak di bidang haulling dan posisi saya di perusahan tersebut sebagai operator trailer scania type R 580, 4 vessel gimana ya mas cara untuk melamar kerjaan diluar negeri besar harapan saya agar diberi informasi yang lengkap.

  34. Salam pak andryo,

    Sangat membantu sekali informasinya terimakasih, apa boleh saya contact bapa via email?
    Terimaksih pa andryo

  35. hallo mas Andryo.. saya fajar asal dari kota Batu jawa timur-Indonesia// saya tertarik dan pingin bisa kerja di australia.. spesifikasi saya ahli dibidang desain grafis, dan 3d modelling.. merancang rumah, desain produk dll.. kira2 apa bisa yah?

    terimakasih sebelumnyaFajar

  36. Saya mendapat email dari sebuah Recruitment Consultant sbb :

    Hi Ida ,

    Thank you for your recent application, that role has been filled. I have a client who is currently looking for 3 x Telco Rigging operators for immediate starts based in all areas of Melbourne.

    You must have the below expereience:

    * Completed Radhaz Training
    * Experience with Tower Work
    * Working with Heights, F/Aid with current CPR, basic induction
    * Previous expereince working with clients like Vodaphone, Telstra & Optus.

    This a contract role with work until atleast Christmas, for the right candidate possibility of temp-permanent contract.

    Please call Skye on 9811 6826 to discuss further

    Kind regards

    Skye Zielke
    Recruitment Consultant

    cid:image001.gif@01C751DD.1FA09B70

    T:03 9811 9955 M: 0481 873 205

    BAGAIMANA MENURUT ANDA??? MOHON SARAN & PERTIMBANGANNYA

Comments are closed.