Visa Kerja Australia – Proses Visa Kerja Sponsor 457

Kira-kira proses saya cari kerja di Australia membutuhkan waktu satu bulan, dan akhirnya tiba saatnya untuk mengurus visa kerja Australia, atau visa sponsor 457.

Ini dia yang saya lebih takutkan. Karena proses mencari kerja, secara umum berada di kontrol tangan kita. Wawancara, test, project, dll, kitalah yang mempengaruhi lolos atau tidaknya. Urusan visa, benar-benar di luar kontrol.

Menurut beberapa rekruter yang membantu saya mencari kerja di Australia, umumnya orang-orang dari negara lain meng-apply working holiday visa, lalu mereka datang ke Australia untuk mencari kerja, dan pada akhirnya bekerja sambil mengurus peralihan ke visa kerja sponsor perusahaan 457. Ini kasus umum untuk orang-orang dari negara barat maju yang lain, dan memang tergolong mudah untuk mendapatkan working holiday visa.

Namun untuk orang Indonesia, agak lebih sulit keadaannya. Kita bisa apply visa jenis lain (beda tipis), judulnya work and holiday visa. Yang menyusahkan adalah, work and holiday visa ini hanya dikeluarkan sebanyak 100 buah dalam satu tahun untuk orang Indonesia. Untuk catatan, tahun finansial / pemerintahan Australia dimulai dari bulan Juli.

Agen Migrasi / Migration Agent Australia

Setelah tawaran kerja di terima, kontrak ditanda-tangani dan dikirim kembali ke perusahaan, mulailah pengurusan visa kerja Australia. Perusahaan saya menyewa agen migrasi untuk mengurusi bidang ini. Kebetulan perusahaan saya isinya kebanyakan pendatang dari luar negeri, karena memang masih agak sulit mencari ahli di bidang online media / digital advertising di Australia.

Dokumen yang dibutuhkan untuk aplikasi Visa Kerja Australia

Adapun hal-hal berikut yang pertama kali diminta oleh agen migrasi tersebut:

  • Pengisian Form (mereka yang sebenarnya mengisi, tapi kita diminta memberikan detail dan klarifikasi)
  • Scan semua passport yang pernah dimiliki
  • Scan seluruh visa Australia yang pernah dimiliki
  • Scan cap imigrasi Australia (enter dan exit) dari semua travel ke Australia
  • CV dengan tanggal bulan tahun pengalaman kerja lengkap
  • Bukti pengurusan asuransi kesehatan
  • Scan semua ijazah kuliah

Meskipun tidak diminta, saya juga memberikan detail sepupu-sepupu saya yang tinggal di Australia. Mereka telah menjadi warga negara Australia sejak lahir.

Biaya Aplikasi Visa Kerja Australia 457

Perusahaan saya yang menanggung semua biasa aplikasi visa ini. Namun tentunya tidak selalu hal ini akan terjadi. Untuk informasi, biaya aplikasi visa kerja Australia 457:

  • 305 Dollar Australia untuk aplikasi
  • 80 Dollar Australia untuk nominasi
  • 405 Dollar Australia untuk sponsor

Asuransi Kesehatan untuk Visa 457

Untuk belajar atau bekerja di Australia kita juga diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan; kecuali jika anda warga negara Australia, Inggris, atau beberapa negara lain yang memiliki kerja sama khusus urusan kesehatan dengan Australia.

Cukup mudah mencari asuransi kesehatan di Australia, yang memang dikhususkan untuk aplikasi visa kerja Australia – sponsor 457. Untuk lebih lanjut silahkan baca tentang keperluan asuransi kesehatan untuk visa 457 di sini dan di sini. Saya pribadi menggunakan HBA. Daftar penyedia asuransi kesehatan lain bisa dicari di Google.

Proses Pengurusan Visa

Saya juga sempat bertanya berapa lama proses yang diperlukan untuk pengurusan visa kerja Australia – sponsor 457 ini. Menurutnya, umumnya dibutuhkan waktu 4-6 minggu sejak aplikasi dikirim sampai disetujui.

Sebagai catatan, sebenarnya kita bisa mengurus sendiri semua proses visa kerja ini, karena semuanya online via website imigrasi Australia. Dan sama sekali tidak diperlukan kedatangan kita ke Kedutaan Besar Australia (kecuali untuk pencetakan visa diujung akhir proses). Kantor imigrasi di Australia lah yang memproses dan mengambil keputusan.

Setelah detail awal lengkap diberikan, ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan:

Untuk beberapa tipe pekerjaan seperti koki, tukang kayu, atau yang mereka sebut sebagai “Trade Occupation”, diperlukan tes kemampuan oleh pemerintah Australia, dan kadang-kadang tes bahasa Inggris IELTS. Namun karena pekerjaan saya bidangnya lain, untuk membuktikan kemampuan – saya cukup memberikan CV dan ijazah kuliah. Kadang-kadang juga diminta surat referensi, namun tidak untuk kasus saya. Kebetulan juga saya mendapatkan gelar Master di negara Inggris, dan juga memiliki pengalaman kerja 2 tahun di sana. Jadi tidak diperlukan tes bahasa Inggris IELTS.

Cek Status Aplikasi Visa Australia Online

Salah satu keuntungan mengurus visa secara online, kapan pun kita bisa cek status aplikasi visa kita di website imigrasi Australia. Cukup dengan masukkan kode aplikasi, tanggal lahir, nomor passport, dan asal negara, kita bisa lihat secara instant statusnya.

Cek Status Aplikasi Visa Kerja Australia

Mencetak Visa Kerja Australia di AVAC

Ternyata aplikasi visa kerja Australia saya sudah di-approve, hanya dalam waktu 3 minggu dan 2 hari saja. Untuk orang Indonesia, kita perlu mencetak visa kerja ini untuk ditempel di passport. Kita bisa mengurusnya di AVAC / Australian Visa Application Centre. Diperlukan untuk membayar sebesar sekitar 160 ribu kalau tidak salah ingat, dan proses hanya memakan waktu 2 hari saja.

Saya sebenarnya belum siap pergi, karena menurut rencana, proses akan memakan waktu 1 bulan lebih. Langsung saya booking tiket pesawat dan berangkat persis Minggu depannya.

Semoga berhasil dalam pengurusan visa kerja Australia anda.

Sebelum anda bertanya di bagian komen dibawah, mohon dibaca:

Begitu banyak saya mendapatkan pertanyaan seputar imigrasi. Tolong dipahami bahwa saya bukanlah seorang ahli imigrasi dan juga bukan seorang agen rekruter. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan seputar visa, kelengkapan dokumen, biaya dan pilihan visa, maupun mencarikan pekerjaan. Maaf, bukannya saya tidak mau, tapi memang hukum imigrasi selalu berubah dan saya pun menggunakan agen imigrasi di Australia.

Untuk mencarikan pekerjaan, jelaslah saya tidak bisa. Saya hanya seorang pegawai swasta yang tidak punya banyak channel di Australia 🙂

174 thoughts on “Visa Kerja Australia – Proses Visa Kerja Sponsor 457”

  1. Halo Mas.
    Sy mau bertanya sedikit soal visa australia 457.
    Sy cari info di web nya imigrasi aussie,katanya 457 hanya bisa utk skill worker dan salah satu persyaratannya harus punya IELTS min 5.0
    Masalahnya,sy ada dapat tawaran job ke australia,katanya pakai visa 457,tp yg untuk unskill,katanya 457 itu ada bbrp kelompok/bagian,dan bisa juga utk unskill,asalkan perusahaan mau sponsor,dan juga tidak “wajib” IELTS.
    Yg sy mau tanyakan,apa benar info yg sy dapatkan?
    Tlg dibantu.Trims.
    Email sy csiwealth_7979@yahoo.com

    • Halo Mas,

      Terima kasih sudah membaca blog ini.

      Kalo menurut pengetahuan saya, visa 457 itu adalah visa sponsor perusahaan. Baik skilled ataupun tidak, perusahaan harus mensponsori calon pegawai, dan harus bisa membuktikan kepada imigrasi Australia bahwa calon pegawai itu memiliki pengetahuan atau skill yang diperlukan untuk pekerjaannya. Selain itu juga (kalau tidak salah), perusahaan juga harus mempunyai dasar mengapa mereka ingin mensponsori orang dari luar Australia (misalnya: tidak menemukan orang yang cocok di sini, atau tidak ada org lokal yang mengerti industrinya, dll).

      Sewaktu saya apply, tidak dibutuhkan IELTS. Saya juga tidak yakin sebabnya.

      Sebaiknya ditanyakan dengan perusahaannya semua detailnya. Jika mereka memang sudah pernah mensponsori dan memang selalu di-approve, yah mengapa tidak.

      Semoga berhasil!

      Andryo

  2. halo mas, numpang tanya… lalu bagaimana jika saya menggunakan agen travel pengurus visa . bukankah itu jalan lebih mudah walaupun mungkin sedikit mahal dibandingkan mengurusnya sendiri? 🙂

    • Hallo Mas Iwan,

      Sah-sah aja sih Mas, dulu company saya juga pake agen waktu mengurus visa kerja saya. Namanya juga kita dari jauh, pasti bingung dan tidak begitu mengerti syarat keperluan dll.

      Tapi tetap, kalau visa yang diurus visa 457, harus ada perusahaan yang mensponsori.

      Good luck!

  3. Hallo mas, saya punya anak yang akan sekolah di Australi, bulan ini dia baru graduate dari University Lim KokWing di Malaysia jurusan design grafis. Rencananya dia mau mengambil S2 nya di Austraia, ceritanya untuk meringankan kami orang tuanya dia mau nyambi bekerja disana, dengan pekerjaan apa saja baik yang skill maupun unskill. Ump. nya di McDonald, di Starbuck dll. Apakah bisa dia mendapatkan visa 457, lalu bagaimana caranya? Terima kasih atas bantuannya.

    • Halo Ibu,

      Terima kasih sudah membaca blog ini.

      Biasanya kalau memang pernah studi di Australia, visa yang bisa didapatkan untuk bekerja lebih mudah dan banyak tipenya. Saya memakai visa 457 karena tidak pernah studi di Australia, namun ada perusahaan yang mau mensponsori saya.

      Jika kuliah di bidang yang masih jarang ahlinya (misalnya dokter, engineering, akuntan), ada tipe visa skill yang bisa di apply. Ada juga temporary residence / bridging visa. Saya sejujurnya kurang ngerti-ngerti banget. Namun untuk lebih lanjutnya, bisa dibuka ke website immigrasi Australia (immi.gov.au).

      Semoga berhasil Ibu.

      Andryo

  4. mas, saya ada temen yg dah kerja di australia 3thnan, dia bisa aja nyariin kerjaan disana, tp mslhnya saya gak punya sponsor buat masuknya kesana, kemana saya mesti cari sponsornya?mohon infonya, sekedar tambahan saya sdh pernah kerja diluar negeri, di kapal pesiardan sekarang saya mau cari kerja di darat aja….tkhs

    • Hallo Mas Roy,

      Kalau memang memakai visa sponsor, yang men-sponsori harus employer / perusahaan tempat Mas bekerja. Memang di situ sih Mas ribet nya.

      Kalau mau, masuk dulu ke Australia dengan visa working & holiday, cari kerja dan sponsor dari sini. Banyak orang asing memakai strategi ini.

      Semoga berhasil Mas.

      A

  5. Mas,
    Mau tanya, saya udah dlm proses pengajuan visa subclass 457, semua ditanggung perusahaan sponsor, termasuk relokasinya. Pertanyaan saya adalah, istri saya dulu wkt umur 15 pernah kena TB, skrg udah sembug total dan skrg umurnya 33th.

    Apakah bisa mendapatkan visa juga?

    thanks

    • Halo Mas Moya,

      Saya gak berani jawab juga Mas. Yg pasti hasil X-ray nya yang menentukan.

      Saya pernah di posisi Mas dan ngerti rasanya dag dig dug nunggu yg gak pasti. Dan di luar kuasa kita. Saya doakan semoga lancar Mas.

      Andryo

  6. Hallo Mas Andryo,

    Mas, rencana saya pake visa holiday trus kerja di Australia. Apakah juga bisa cari sponsor dari Indonesia. Surat sponsornya bagaimana? Ada contohnya. Supaya saya menjadi legal kerja di Australia. Saya sih punya saudara udah kerja di Australia selama 15 tahun tapi masih ilegal karena dia dulunya ke Australia pake visa holiday trus kerja dan gak pulang ke Indonesia. Saya pengen legal kerja jadi agar gaji bisa standard. Kalo suruh saya apply visa student trus kerja sih susah krn student hanya di perbolehkan kerja 20 jam/minggu mana bisa membiayai hidup di sana. Mau nya sih kerja aje. Biar gampang gimana caranya. Tolong bantuin. Terima kasih banyak.

    Dave

    • Hallo @Dave

      Sponsor umumnya company yang ada di Australia. Namun mungkin ada juga kasus sponsor dari luar Australia, saya tidak tahu persis. Kalau untuk surat sponsor, sebenarnya bukan suratnya yang penting, tapi nomor.

      Ada beberapa teman saya di sini kuliah, kerja maksimum 20 jam, selebihnya kerja illegal – alias dibayar cash bawah meja hehe. Dia bisa membiayai hidupnya sendiri. Namun yah saya belom berani sarankan pakai jalur ini 🙂

      Andryo

  7. Halo mas andryo..

    Mas andryo saya mau tanya, suami saya mechanic alat berat (include truck), dy mendapat sponsor dari perusahaan penjualan truck di aussie untuk bekerja disana, kira2 apakah diperlukan tes ielts, kmudian minimal scorenya brapa, dan tesnya dimana? Sekian trima kasih infonya..

    • Halo Tari,

      Kalo urusan technical menyangkut persyaratan visa semacam itu, lebih baik lihat ke website imigrasi Australia atau tanya dengan agen imigrasi. Karena peraturannya selalu berubah, dan tidak mungkin orang seperti saya tahu semua jawabannya 🙂

      Tes IELST bisa dimana2, saya waktu itu ambil di British Council. Ada juga di TBI atau Binus kalo gak salah…

      Andryo

    • Maaf Mas Tommy, saya bukan orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan Mas.

      Bisa ke websitenya imigrasi Australia untuk informasi tersebut.

      Andryo

  8. terima kasih utk sharing info nya dan juga dengan ada nya blog ini makin membuka wawasan kita utk bisa lebih tau jalur legal hukum utk bekerja di Aussie.
    Mengenai lapangan pekerjaan, jenis pekerjaan di bidang apa saja yang sangat membutuhkan tenaga kerja sehingga mereka sampai perlu merekrut tenaga luar? di negara bagian mana yang peluang pekerjaannya sangat besar?
    dengan working holiday visa, selama kita traveling sambil mencara kerja, berapa kira2 pengeluaran dalam sehari utk makan dan tinggal?

    terima kasih banyak utk infonya.
    Salam sukses selalu

    • Shinta,

      Bidang pekerjaan yang ahlinya masih banyak dibutuhkan di Australia bisa ditemukan di website imigrasi Australia – http://www.immi.gov.au/skilled/general-skilled-migration/. Untuk negara bagiannya, saya kurang tahu Mbak.

      Makan dan tinggal bisa sangat bervariatif, tergantung gaya hidup. Biaya rent di Sydney bisa berkisar 150-400 dollar seminggu, makan mungkin kalau masak bisa jauh lebih murah. Makan siang standard rata-rata 7-12 dollar.

      Salam.

  9. hai mas Andryo, salam kenal sebelumnya.
    = Mas, kalau agar saya bisa bekerja non skill di Australia walau mungkin u/ pertamanya ilegal dulu ya ga apa-apa deh, sy harus dapatkan visa yang mana, apa visa turis (holiday) saja atau working holiday visa?
    karena kalau membaca di webside http://www.immi.gov.au/skilled/general-skilled-migration/, wah sy agak kesulitan harus fokus baca pada visa yang mana apa visa turis (holiday), working holiday visa atau yang lainnya?
    = apply working holiday visa, apakah juga harus mencari / sudah punya sponsor dulu?
    = kalau apply working holiday visa, apakah kedutaan bisa/mau mengizinkan? walaupun pura-pura ingin liburan tapi di visanya kan dah jelas2 ada kata working nya.
    mohon bantuannya penjelasannya

    • Halo Harto,

      Saya gak berani menganjurkan untuk bekerja ilegal. Namun jika Mas masih tetap mau, berarti ya pakai visa yang mana saja, semua sama.. kan ilegal. Asal bisa masuk dulu. Lagi-lagi, jika ketahuan ilegal nanti konsekuensinya jauh lebih besar.

      Working holiday visa = visa untuk liburan dan bekerja. Tidak perlu sponsor. Tapi dalam setahun hanya diterbitkan 100 visa untuk WNI kalau tidak salah, jadi harus rebutan. Untuk visa ini tidak perlu pura-pura. Memang boleh bekerja. Untuk orang-orang negara barat (Amerika, atau negara2 Eropa misalnya), mereka biasanya pakai visa ini untuk masuk dan cari kerja, sebelum pindah ke visa lain jika memang ada pilihannya (misalnya ada sponsor). Namun untuk negara2 itu, tidak ada limit 100 per tahun.

      Salam.

  10. mas aku ada tawaran kerja di australi
    prusahaan udah pasti mau sponsor i aku,,,n mau menyediakan dokumen, peperwork, yg aku btuhkan n bahkan jg menanggung semua biayanya jga,,,
    aku bingung mau apply visa jenis apa?koz perusahaan itu suruh aku ngusrus sendiri atau suruh nyari agent aja,,,,
    aku lulusan cuma SMK, n unk sertificate english aku g ada ( tp bahasa aku dah lancar )
    perusahan yang nawarin aku bergerak di bidang land scape sementara aku di massage ( theraphy )
    kira2 dengan kriteria di atas, visa apa yang bisa aku apply?
    thanks

    • Mas Hayu (atau Bayu?),

      Paling pas sepertinya menggunakan visa kerja sponsor – 457, seperti saya.

      Saya browse di website imigrasi Australia, disarankan untuk hanya menggunakan agen yang terdaftar. Agen terdaftar bisa dilihat di https://www.mara.gov.au/. Tiap pekerjaan, dokumen yang diperlukan berbeda Mas. Jadi saya tak bisa menjawab untuk urusan dokumen. Bisa ditanyakan ke Agen.

      Good luck.

      Andryo

  11. Mas, pangajuan Working holiday visa, misalnya sudah didapat, berarti kita harus pergi / sampai di australia dulu yah, lalu setibanya di Australia baru cari kerja :
    1. dengan temui teman yang akan me-refrensi-kan atau melalui agent / penyalur yang sudah membicarakan maksud dan tujuan pergi ke Australia sebelum melakukan pengajuan visa dan keberangkatan nya
    2. cari kerja sendiri (seandainya saya belum ada refrensi/tidak punya yg memperkenalkan sy ke pihak perushaaan yg membutuhkan pekerja).
    3. Mas, bgm dg umur 45 th spt sy? masih bisakah mengajukan visa tsb?
    Mas, dapatkah / kemana sy harus mencari tahu agent2 yg menawarkan jasa pe rekrut an karyawan/ pekerja, bila sy sudah tiba di Australia atau yang ada di Indo? mis: pe-rekrut-an bekerja di restoran, hotel, perkebunan dsb.

    terima kasih banyak atas informasinya

    • Mas Harto,

      Iya, sampai Australia, terus cari kerja. Cari kerja sebelum berangkat juga bisa sih.. Malah lebih enak kalau sudah dapat kerja. Untuk cari kerja di sana, umumnya orang langsung mendatangi tempat2 tersebut bawa CV. Bisa juga via rekruter. Tapi jangan tanya saya rekruternya mana saja, mohon maaf, saya juga kurang tahu Mas.

      Untuk syarat dan peraturan, sebaiknya kunjungi website imigrasi Mas, atau website http://www.vfs-au-id.com/. Karena peraturan imigrasi selalu berubah.

      Salam.

  12. hi mas Andyo
    saya tertarik sekali dengan blog/pengalaman anda di dunia International terutama di Australia. kebetulan saya ada plan untuk cari kerja di Australia. sekarang saya bekerja di sebuah Sekolah Dasar swasta berbasis Bilingual sebagai guru bidang studi seperti komputer, olahraga & gitar.
    saya punya kakak yang menikah dgn orang Australia dia tinggal di Brisbane. Saya sudah mengutarakan keinginan saya untuk mencari kerja disana. Tapi kakak ipar (org Australi)saya blg mau mensponsori saya untuk kesana tapi kakak saya blg saya harus pastikan untuk dapatkan pekerjaan sebelum saya tiba di Australi. Saya saat ini terikat kontrak dengan pekerjaan saya sampai tahun ajaran tahun depan, jadi saya berencana berangkat k Australi sekitar bulan Agustus/September. Yang ingin saya tanyakan,
    1. apakah saya harus mendapatkan pekerjaan sebelum datang/sesudah sampai sana?
    2. bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sebelum tiba di Australia?
    3. Berapa masa berlaku visa 457 (kata kakak saya visa kunjungan masa berlaku hanya 3 bulan,jika dalam 3 bulan tidak di pakai/berangkat akan hangus)
    Terima kasih sebelum nya.
    Cakra

  13. hi mas Andyo
    saya tertarik sekali dengan blog/pengalaman anda di dunia International terutama di Australia. kebetulan saya ada plan untuk cari kerja di Australia. sekarang saya bekerja di sebuah Sekolah Dasar swasta berbasis Bilingual sebagai guru bidang studi seperti komputer, olahraga & gitar.
    saya punya kakak yang menikah dgn orang Australia dia tinggal di Brisbane. Saya sudah mengutarakan keinginan saya untuk mencari kerja disana. Tapi kakak ipar (org Australi)saya blg mau mensponsori saya untuk kesana tapi kakak saya blg saya harus pastikan untuk dapatkan pekerjaan sebelum saya tiba di Australi. Saya saat ini terikat kontrak dengan pekerjaan saya sampai tahun ajaran tahun depan, jadi saya berencana berangkat k Australi sekitar bulan Agustus/September. Yang jadi pertanyaan saya,
    1. apakah saya harus mendapatkan pekerjaan sebelum datang/sesudah sampai sana?
    2. bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sebelum tiba di Australia?
    3. Berapa masa berlaku visa 457 (kata kakak saya visa kunjungan masa berlaku hanya 3 bulan,jika dalam 3 bulan tidak di pakai/berangkat akan hangus)
    Terima kasih sebelum nya.
    Cakra

    • Mas Cakra,

      Harus mempunyai pekerjaan atau tidak, tergantung visa nya Mas. Kalau visa working holiday, tidak perlu. Kalau visa yang saya pakai sekarang – 457 – yang mana adalah visa sponsor dari perusahaan, yah tentunya harus ada perusahaan yang men-sponsori.

      Cara cari pekerjaan sebelum tiba di Australia, sama saja di negara manapun. Bisa apply langsung ke perusahaannya, bisa lewat rekruter, bisa lewat koneksi (KKN gitu), atau apa saja. Kebetulan saya pakai rekruter kemarin.

      Masa berlaku visa 457 untuk saya 4 tahun Mas. Visa kunjungan yang dimaksud Kakak Mas mungkin visa turis?

      Salam.

      Andryo

  14. Mas, saya mo tanya lagi nih
    1. kalo saya mo kerja&tinggal disana tapi di sponsori oleh kakak saya(bukan perusahaan) itu harus pake visa apa y mas?
    2. kalo saya bikin visa sekarang tapi berangkat nya tahun depan bisa g or visa nya expired kalo g di pake?
    Thx 🙂
    Cakra

    • Hallo Mas Cakra,

      1. Mohon maaf, saya juga kurang tahu. Saya waktu itu apply visa kerja, dengan bantuan agen migrasi. Saya bukan ahli visa dan imigrasi. Lebih baik ke website imigrasi Australia dan lakukan riset di situ, dilihat pilihan apa yang memungkinkan.

      2. Jika membuat visa sponsor kerja dari perusahaan, berarti perusahaan yang mensponsori. Umumnya jarang ada perusahaan yang mau membayar, mengurusi, dan mensponsori visa untuk karyawan, lalu mau menunggu 1 tahun sebelum karyawan mulai bekerja. Untuk visa lain, misalnya working holiday visa, rugi mas kalo tidak dipakai visanya, masa berlaku satu tahun.

      Salam.

  15. ok mas Andryo terima kasih banyak atas info&jawaban nya
    saya memang sangat butuh info&jawaban seperti ini. mudah-mudah dengan saran dari mas Andryo saya bisa menjalani nya. Sukses untuk blog dan mas Andryo.
    Thx 🙂

  16. yth, mas andryo
    mas apakah bisabantu saya untuk mendapatkan visa dan kerja diaustralia?
    apakah mas andryo bisa untuk menjadi sponsor saya?sasaya mohon dan atas bantuanya saya ucapkan banyak terimakasih
    suranto

    • Mas Suranto,

      Untuk memberikan sponsor tidak semudah itu. Harus sebuah perusahaan yang memang terdaftar, dan memang usahanya memajukan ekonomi Australia. Untuk memberikan sponsor, perusahaan harus memajukan kasus ke imigrasi dan menjelaskan mengapa mereka membutuhkan orang dari luar Australia. Bidang yang diperbolehkan pun sekarang makin dibatasi. Orang seperti saya tidak bisa menjadi sponsor.

      Salam.

  17. Halo mas,

    mau nanya, saya beberapa kali kirim CV ke perusahaan di Australia tapi ujung2nya terbentur di sponsor. Karena saya lihat biaya sponsor di http://www.immi.gov.au/allforms/990i/employer-sponsored-temporary.htm totalnya sekitar 790 AUD, saya berpikir untuk mengajukan bagaimana kalau saya yang bayar walaupun saya gak yakin juga apakah masalah sponsor ini sebenarnya di jumlah yang harus dibayar atau karena memang untuk jadi perusahaan sponsor syaratnya berat di sana. Ini saya tidak tahu.

    Menurut mas, etis tidak kalau saya tawarkan untuk bayar biaya sponsor tsb dan juga apakah mas tahu apa sih sebenarnya yang harus dikerjakan perusahaan jika mereka ingin merekrut dan mensponsor orang luar Aussie?

    Trims ya mas …

    • Hi Rachel,

      Menurut saya sih etis saja kok, dan sering dilakukan. Sebaiknya ditanyakan lagi dengan mereka, apakah sebabnya hanya uang, atau birokrasi. Karena sponsor tidak hanya sebatas menanda-tangani surat. Banyak laporan yang harus dilakukan setelah jangka waktu tertentu.

      Jika boleh saran, cari perusahaan-perusahaan yang besar / multi-nasional yang memang banyak mensponsori orang luar. Mereka pasti sudah biasa dengan hal ini.

      Salam,

      Andryo

  18. Sekedar Sharing aja, untuk teman-teman yang memiliki rencana ke Australia.
    Ada beberapa cara yaitu:
    1. mengajukan visa turis dimana bisa langsung ke kedutaan Australia dan biasanya diberikan maksimal 3 bulan. Sesampai disana kalau kita bekerja, statusnya ILEGAL.
    2. mengajukan visa studi dengan mendaftarkan diri ke sekolahan dan biasanya visa diberikan antara 1-2 tahun dimana siswa diperbolehkan bekerja paruh waktu (20jam/week sesuai aturan).
    3. Working holiday visa: dengan syarat usia min 18-30thn, mempunyai skill tertentu, dan hanya utk 100 orang per tahun per negara.

    Terima kasih
    Dominikus
    0817100382

  19. Mas Andryo saya mau tanya :
    1. Waktu mengajukan permohonan visa working and holiday ada wawancara langsung dengan memakai bahasa inggris tidak? Kalau ada kira2 apa yang ditanyakan?
    2. Trus katanya koq harus lampirin bukti dana minimal AUD $5000? Itu hrs dlm bentuk $AUD atau Rupiah? Itu yang dilihat hanya tabungan atau aktivitas transfer?
    3. Katanya harus melampirkan Surat Kelakuan Baik dr Polisi, Kertas hasil test Toefl minimal 450, Kertas untuk membuktikan bahwa saya sehat dr Dokter terpilih.. Apakah semua itu wajib dipenuhi atau hanya optional?

    • Stefanus,

      1. Saya tidak memakai Working and Holiday visa, jadi maaf saya kurang tahu prosesnya Mas. Saya pakai visa sponsor 457 – seperti judul blog ini 🙂
      2. Setahu saya itu bisa dalam bentuk currency apa saja. Tapi sebaiknya di-cek untuk pastinya ke website atau imigrasi / embassy Australia.
      3. Jika ada kata “harus” yah berarti harus Mas 🙂

      Saya sarankan jika memang ingin apply, lebih baik diikuti semua syaratnya. Jika kurang sedikit saja, mereka bisa saja tidak meng-approve, dan harus tunggu lama lagi sebelum bisa apply lagi.

      Salam.

  20. Halo Mas Andryo
    maaf mas, ada yg saya tanyakan lagi mengenai kelanjutan rencana saya.
    saya sudah melamar/mengirim aplikasi k sebuah sekolah di Australia di Victoria, Overnewton College sebagai LOTE (Language Other Than English) of Indonesia.
    Pihak sana sudah merespon akan menghubungi saya jika tidak ada aplikasi lain yang terdaftar di VIT (Victorian Institute of Teaching) karena sebenar nya mereka butuh LOTE of Indonesia yg terdaftar di VIT, tapi saya belum terdaftar.
    yang saya ingin tanyakan,
    1. apakah pihak(Sekolah) bisa mensponsori saya?
    2. jika mereka mau, apakah langkah selanjut nya yang mereka lakukan/saya lakukan?
    3. saya dengar untuk bikin visa 457 bukan di Jakarta tetapi di Singapure,apa benar?

    Mohon bimbingan dari mas Andryo,
    terima kasih, salam

    • Halo Mas Cakra,

      1. Harusnya sih bisa ya Mas.
      2. Paling aman sih memakai jasa Migration Agent, karena mereka yang paham betul semua syarat-syarat dan ketentuan dalam meng-apply visa itu. Coba ditanyakan apakah sekolahnya mau membayar jasa tersebut.
      3. Dalam proses aplikasi visa 457, saya tidak berurusan dengan kedutaan Australia di Indonesia maupun Singapore. Semua sistemnya online. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan, semua saya scan dan kirim lewat email, kecuali X-Ray yang langsung dikirim dari Rumah Sakit ke Australia. Saya berurusan dengan kedutaan hanya sekali, yaitu sewaktu visa-nya sudah di-approve, kita harus menge-print visa itu untuk ditempel di passport. Ini dilakukan via Visa Application Centre yang membawa passport kita ke kedutaan.

      Kebetulan saya waktu itu memakai jasa Migration Agent yang memang sudah jadi langganan perusahaan saya. Jadi mereka yang berurusan dengan Australian Immigration. Saya hanya mengirimkan apa yang mereka minta.

      Good luck Mas.

      Andryo

  21. kalau ga salah di blog mas saya pernah baca kalo pekerjaan sebagai petugas kebersihan bayaranya lumayan, kira persyaratanya apa aja mas, apakah orang asing boleh bekerja disitu.?
    saya sudah terlanjur bikin pasport mas, perusahaan yang dulu pernah saya ceritakan kaya’nya fiktif, sampai sekarang belum ada perkembangan. kalau misal saya langsung ksana dan mencari kerja disana kira” apa saja yang harus saya persiapkan.?
    terimakasih sebelumnya.

    • Mas Karjo,

      Menurut website resmi – http://www.fairwork.gov.au/pay/national-minimum-wage/pages/default.aspx – upah minimum di Australia adalah $15.51 per jam, atau $589.3 per minggu.

      Apakah orang asing boleh bekerja di sini? Kalau ada visa dan ijin kerja ya boleh Mas.

      Kalau Mas langsung ke sini dan mencari kerja, berarti kerja ilegal kah? Saya sih gak berani menganjurkan ya Mas. Tapi perlu dicatat bahwa tempat yang mau mempekerjakan karyawan ilegal, sepertinya dan biasanya tidak akan mengikuti aturan upah minimum.

      Salam.

  22. Mas maaf numpang nanya kali aja tahu infonya,kalo posisi kita regular vacation visit ke Australia(valid 3 bulan) pertannyaan saya apa mungkin di convert ke visa 457 ? tentunya kita sudah mendapatkan sponsort di sanannya?tx

    • Halo Danny,

      Kalo gak salah saya pernah dengar kasus seperti itu, melalui visa bridging. Tapi maaf, saya kurang tahu persis prosedurnya.

      Good luck.

      Andryo

  23. Halo Mas Andryo
    mas, saya sudah melamar ke beberapa sekolah d Victoria, rata-rata mereka tertarik dgn lamaran saya tetapi selalu terbentur dgn VIT dan ada juga sekolah yg tidak mau menjadi sponsor saya. apa memang sekolah susah/tidak bisa untuk jadi sponsor?
    mas andryo dulu memakai jasa Migration Agent apa mas&kena biaya berapa semua?
    kalo agak privasi bisa Email aja mas.
    Thx 🙂

    • Halo Cakra,

      Memang banyak perusahaan yg tidak mau mensponsori, karena itu ekstra pekerjaan untuk mereka (paper work, admin, report, etc).

      Perusahaan saya memakai jasa migration agent “Southern Cross Alliance”. Maaf, biayanya saya sendiri kurang tahu, karena dulu semua diurus oleh kantor.

      Mungkin bisa kirim email untuk cek fee ke mereka?

      Good luck.

      Andryo

  24. dear mas Andryo,

    Saya desainer grafis kasusnya agak mirip mas Andryo, lebih tertarik untuk bekerja di luar Jakarta .. Belakangan ini saya apply langsung ke perusahaan di Australia via email karena saya kurang ngerti tentang recruiter. Selama ini saya lebih banyak bekerja sendiri jadi secara CV saya lemah, jadi bekal utama saya portofolio.

    Proses dengan recruiter ini seperti apa y mas? Mereka mempertimbangkan portofolio juga g mas ? Ada link atau recruiter yang mas rekomendasikan ?

    Pengalaman saya dengan recruiter New Zealand, mereka ga bisa memproses saya karena saya belum ada izin untuk bekerja di sana. Kalo recruiter Australia gitu juga g mas?
    Apa saya harus punya izin atau visa dulu untuk bisa dibantu recruiter?

    Kalo boleh tau mas, nama perusahaan yg mas apply di Bali dulu itu apa y mas?

    Terima kasih mas.. blognya membantu banget 😀

    Gifran

    • Gifran,

      Proses dengan rekruter, mereka semacam middle men, mendapat “founder’s fee”. Tidak buruk kok, banyak company yg tidak punya waktu untuk mengurusi beginian jadi mereka mengunakan jasa rekruter.

      Perusahaan recruitment yg ok biasanya bergerak di niche market. Misalnya spesialis di bidang graphic design. Saya kurang tahu Mas. Bisa di research di Google atau Linkedin.

      Rekruter tidak bisa mengurus visa, harus perusahaan tempat bekerja yg mensponsori. Mereka biasanya tahu perusahaan mana yg sering mensponsori karyawan. Kebetulan di bidang saya, setengah dari pekerjanya adalah pendatang dari luar yg disponsori karena ahli di sini masih sedikit.

      Perusahaan di Bali namanya Water and Stone.

      Good luck.

      Andryo

  25. hallo mas andryo sebelumnya saya ingin perkenalkan dulu saya, Nama saya Opa sopandi dari BDG yang ingin saya tanyakan adalah sbb :
    1. mas usia saya 43 mau 44 apa masih memungkinkan untuk bisa bekerja di Ausie
    2. bisakah mas membantu saya untuk mendapatkan sponsor (maaf memohon )
    3. pengalaman saya kerja di garment di GD kain/werehouse, tpklo memungkinkan saya juga mau bekerja di bidang apa saja spt :
    * mengurus panti Jompo, tukang kebun, pertanian, peternakan, cleaning service dlsbnya, bagaimana caranya ya mas tolong informasinya karena saya blm berpengalaman tuk hal yg demikian sekali lagi tolong informasinya sedetil mungkin dan klo boleh saya minta no Hp / alamat mas biar bisa bicara langsung. saya sangat berharap sekali bisa bekerja disana tuk membiayai keluarga saya dngan anak dua, sekian dan terima kasih .
    Yg mengharapkan bantuan

  26. mas andryo, mau tanya.. sewaktu saya apply pas masuk no passport muncul error terus seperti ini “You are not eligible to use this service. Please contact your nearest office of this department. Your nearest office can be found at http://www.immi.gov.au. ”
    ini kenapa ya? bisa dibantu? karena saya yakin kalau no yang saya masukan sudah benar.

    mohon petunjuknya..

    thx,
    fiona

  27. hehe ikut ngerecokin yah…

    457 adalah visa yang diberikan kepada seorang yang dari luar australia (offshore) yang bekerja di disalah satu perusahaan di australia, lama visa yang diberikan min 6 bulan maksimal 4 tahun tergantung dari kontraknya, dan biasanya orang tersebut adalah tenaga ahli di suatu bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut atau orang itu adalah orang yang sedang bekerja diperusahaan di indonesia yang pusatnya di australia dan orang tersebut diminta untuk membantu perusahaan pusat.. tidak ada 457 skill atau unskill.. ielts hukumnya wajib min 5.5 point..krn semua tools dan handbooks serta workpaper di australia kan memakai bahasa inggris..tes itu sebagai bukti kemampuan berbahasa kita tersertifikat yang diakui negara2 commonwealth (jika usa toefl) kecuali jika min deggre atau s1 kita lulusan salah satu negara commonwealth tidak perlu bukti ielts..krn sewaktu kuliah kan kita sdh prepare for ielts.. sponsor haruslah suatu perusahaan besar di australia bukan perorangan.. visa kerja atau 457 tidak bisa dibeli..dan tidak ada yang menjual..jika ada itu artinya menipu.. hanya ada 4 jenis visa yang mempunyai ijin kerja.. 457 (dibawah spomsor yang sy jelaskan) pelajar (ijin kerja 20 jam per minggu tp hrs lah belajar jika tidak aka fail dan menjurus kpd ilegal) PR atau permanent resident yang masuk ke australia mengunakan skill migrasi…work and holiday(jatahnya cuma 100 oranr/tahun dan tetap harus pakai ielts dan bukti tabungan) selain itu adalah ilegal…contoh turis…ijin kerja tidak bisa dibuat di dalam australia tp sebelum kita masuk keaustralia… jika adapun itu memakai jalur refuge atau suaka,, dan segala biaya untuk 457 adalah gratis..ditanggung perusahaan termasuk biaya hidup dapa tunjangan… ( 🙂 cheers mate )

    tips saya…agar tidak mudah tertipu oleh agen dan info2 yg salah sebaiknya search di situs resmi pemerintah australia dan pelajari persyaratannya…jika ada agen yang menawarkan pekerjaan dan syaratnya menyimpang itu artinya dia mau menipu atau anda akan dikirim kerja di australia sebagai ilegal workers TAPI jika anda memang cuma niat cari dollar dan niat merubah nasib nga perlu pusing ilegal atau legal dan tidak usah takut karena lebih dari 60 ribu orang indo disini yang bekerja tanpa ijin alias ilegal..ingat australia adalah negara refuge yang tingkat kemanusiaanya sangat tinggi jadi jika kita tertangkap tidak ada hukuman apa2 hanya dipulangkan saja dan gratis serta blacklist 3 tahun…beda dengan malaysia atau saudi atau negara tujuan tki lainya… have a nice day mike 🙂

  28. ada form nya gak seh yg perlu di isi untuk apply working visa ?
    kalo ada bisa di kirim ke email sya ?

    thanks before

  29. ada formnya gak seh untuk apply working visa ?
    kalo ada bisa saya di kirimin visa email ??

    terima kasih

  30. terima kasih atas infonya,saat ini suami saya sedang mengurus visa kerja ke australia….untuk saudara perth boleh saya tahu almt email saudara..terima kasih

  31. saya mau urus untuk working and holiday visa….klu bole nanya agent apa yg mengurusnya bisa minta alamatnya????thanks b4…

    • Pricilia,

      Dulu saya urusnya lewat agen yang di Australia, memang langganan perusahaan saya. Kalau agen di Indo, maaf saya kurang tahu. Mungkin bisa Google, tapi awas kena tipu.

      Salam.

  32. hay, gan…

    salam sukses
    saya mu imigrasi ke Australia, untuk kerja di perkebunan..ada informasikah tentang kehidupan di sana bagaimana?

    terima kasih

    • Hmm.. kehidupan di sini gimana ya.. Bingung mau mulai dari mana..
      Apa-apa lebih mahal, tapi yah aman, tentram, sehat, sejahtera. Asal gajinya juga dollar Australia pasti bisa sih untuk hidup nyaman.
      Salam.

  33. Dear andriyo,

    Saya sudah melewati process smua, untuk mendapatkan visa 457.
    Saya mau tanya2 tempat tinggal di Australia, homestay di sydney…, mohon bantuannya untuk share pertama tiba di bandara di sydney, ini pertama kali saya ke australia.
    Terimakasih bantuannya.

    Terimakasih

    • Halo Mas Junedi,

      Kebetulan saya pertama kali sampai di sini, disediakan akomodasi seminggu dari kantor. Selama seminggu saya sibuk mencari rumah sebelum mulai kerja.

      Untuk mencari rumah, bisa kunjungi website Gumtree.com.au, realestate.com.au, flatmatefinders.com.au.

      Kebetulan untuk homestay, saya kurang tahu Mas. Maaf sebelumnya. Tapi saya search di google, mungkin bisa kunjungi website-website ini:

      http://www.homestaysydney.com/
      http://www.ozhomestay.com.au/

      Good luck Mas.

      Andryo

  34. Hallo mas Andryo,

    Blognya membantu sekali,, saya mau tanya, utk visa kerja yang diurus oleh perusahaan (dengan sponsor), utk supporting document dari kita pribadi apa masih dimintai bukti keuangan dg buku tabungan?

    thanks in advance..
    -m-

    • Hi Mida,
      Kalo menurut agen migrasi saya waktu itu, semua kebutuhan dokumen tergantung dari skill, kualifikasi, dan pekerjaan di perusahaannya. Waktu itu saya tidak diminta bukti keuangan apapun, karena sudah jelas perusahaan yang mensponsori. Dan di aplikasi visa, pasti dicantumkan gaji yang ditawarkan.

      Hope this helps.

      Andryo

  35. Mas Andryo,

    Blog-nya informativ dan membatu sekali.. saya mau tanya, jika visa kita di urus oleh agent dari company yg akan meng- hire kita, apa kita masih perlu memberikan copy rekening tabungan utk supporting document..

    saya tunggu jawabannya ya, thanks in advance..

    -mida-

  36. saya musisi/penyanyi nglamar lowongan sbg penyanyi di sebuah grup musik/band dari rosebud,victoria australia(belum punya kontrak rekaman) yang lagi nyari penyanyi ..kebetulan kami cocok dan saya diterima..trus saat ini saya disuruh ke sana..terus terang saya bingung krn belum pernah ke sana..apakah visa kerja 457 ini bisa digunakan dg mengunakan sponsor perorangan bukan perusahaan

    • Hello Mmrif,

      Setahu saya visa 457 ada minimum gaji tetap nya, yang berbeda untuk setiap industry. Badan yang memberi sponsor juga harus jadi sponsor terdaftar. Perorangan bisa saja mendirikan perusahaan, lalu apply jadi sponsor.

      Salam.

  37. saya ada teman di perth and sidney..bersedia menolong saya mencari kerja.tp sy tertarik kerja di perth..dan sy bermaksud lsg memboyong keluarga saya dg 4 anak sekaligus krn sy jg berniat mengobatkan anak saya.sekarang ssaya lg kursus eilets.sy lulusan S2 ITB MMT dan S1 nya ITS civil engineering…ada info yg bisa bantu saya…sy berencana jual smua aset saya di indonesia..utk migrasi ke australia..ada info and nasehat terbaik utk saya? terimakasih banyak atas infonya…

  38. mas andryo bisa bantu saya…sy mau migrasi bersama seluruh keluarga saya ke perth..sy S2 MMT S1 civil engineering ITS…selain utk cari kerja jg utk mengobatkan anak saya…saya jg jual smua aset sy di indonesia… tq ya mas

    • Mas Moedayat,
      Ada beberapa pilihan kalau yang saya lihat:
      1. Apply visa working holiday, berangkat ke Australia, cari kerja, setelah dapat lalu minta disponsori untuk seluruh keluarga.
      2. Apply pekerjaan dari Indonesia. Mungkin agak susah karena jarang perusahaan yang mau mempekerjakan orang tanpa bertemu dahulu (face to face interview).
      3. Jual semua aset dan apply visa investor.
      Semua ada resikonya masing-masing dan sayangnya tidak ada jaminan.
      Semoga berhasil.

      Andryo

    • Hello L,
      Modal untuk pergi ke Australia, maksudnya tiket? Tiket mungkin sekitar 700-800 dollar pulang pergi. One way mungkin 400an dollar.

      Bulan pertama:

      • Rent: sekitar 200-300 dollar per minggu
      • Makan: sekitar 20-40 dollar per hari (kalau makan di luar)
      • Transport: 5 dollar sehari (kalau pakai public transport)

      Uang jaminan maksudnya jaminan apa?
      A

  39. maaf numpang tanya Andryo
    saya skrg ingin apply work and holiday visa
    itu gmn caranya yhaa?
    saya pernah skul di taiwan n bekerja sebagai head chef
    tapi sayangnya gk ada pembuktian bahwa saya pernh menjaid head cheff
    n dulu saya apply visa student ke taiwan, n overstay 2 thn
    n skrg balik ke indo
    saya dgr dari tmn saya yg di taiwan mrk ke ausie pake visa working holday
    apakah sekrg saya bisa apply n gimana caranya
    saya agak bingung membacanyaa
    krn sampai taiwan, bhs english jrg di gunakan so jadi agak lupaa
    thanks

  40. maaf numpang tanya Andryo
    saya skrg ingin apply work and holiday visa
    itu gmn caranya yhaa?
    saya pernah skul di taiwan n bekerja sebagai head chef
    tapi sayangnya gk ada pembuktian bahwa saya pernh menjaid head cheff
    n dulu saya apply visa student ke taiwan, n overstay 2 thn
    n skrg balik ke indo
    saya dgr dari tmn saya orang taiwan mrk ke ausie pake visa working holday
    apakah sekrg saya bisa apply n gimana caranya
    saya agak bingung membacanyaa
    krn sampai taiwan, bhs english jrg di gunakan so jadi agak lupaa
    dan apakah saya bisa mencari perusahaan atau restoran yg bisa menjamin saya kerja disana
    thanks

    • Fedy,

      Sebaiknya hubungi perusahaan tempat dulu bekerja dan minta surat rekomendasi / bukti. Pasti akan berguna di masa depan.

      Untuk apply work and holiday visa, coba ke website imigrasi australia untuk keterangan. Kalo untuk terjemahan, coba pakai google translate 🙂

      “apakah saya bisa mencari perusahaan atau restoran yg bisa menjamin saya kerja disana”

      Jaminan sih pasti tidak ada, Mas. Tapi kalau tidak dicoba tidak akan pernah tahu 🙂

      Salam.

  41. .lam knal mz, saya mau tanya saat ini saya baru proses WHV tapi sebelumnya saya belum punya pengalaman kerja di luar negeri sama sekali
    .apakah nantinya perjalanan saya di ausie akan bisa secepatnya mendapatkan kerjaan?
    .saya sangat berharap sekali untuk bisa kerja disana mz, terima kasih mohon jawabannya
    . n kalo boleh minta ym or fb dunk mz atau alamat yg bisa dihubungi untuk bisa ngobrol

    • Ara,
      Bisa secepatnya mendapatkan pekerjaan atau tidak, tentu tak ada jaminannya.
      Semua tergantung pribadi dan individu masing-masing, pekerjaan yang dilamar, dan pengalaman / skill kita.
      Salam.
      Andryo

  42. salam mas Andryo….

    mas numpang tanya….. mas gmn caranya biar sy bisa dptpekerjaan di perkebunan?

    • Mas Wody,

      Mohon maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaannya, karena memang tidak tahu. Mungkin orang lain ada yang bisa membantu?

      Salam
      Andryo

  43. siang mas Andro
    saya dulu pernah kerja di hongkong 3 tahun lah domestic helper ngurus anak2 sekolah gitu dech
    nah saya mau ngurus visa kerja ke autralia, apakah nanti pekerjaan yg saya cantumkan untk mencari sponsor juga Nanny juga, sehingga saya akan mendapatkan sponsor bila ada yg mengambil saya? atau bagaimana ma?
    sy awam e mas, tolong di bantu, bahasa inggrish y bisa tapi eilets tetep harus punya ya, itu semacam kursus gitu ya mas.?

    • Titi,

      Untuk mengurus visa kerja dengan sponsor, kita harus mendapatkan sponsor-nya terlebih dahulu sebelum apply visa kerja ini. Lalu nanti nama perusahaan-nya itulah yang menjadi sponsor.

      Tiap bidang pekerjaan membutuhkan syarat yang berbeda. Kalau tidak salah, di website imigrasi Australia tertulis butuh IELTS untuk apply visa ini. Namun bidang saya kebetulan tidak diminta. IELTS adalah sebuah tes bahasa inggris. Bisa di Google, mbak Titi 🙂

      Salam.

      Andryo

  44. Siang mas Andryo

    Sy mw tanya. sy skrg d aussie ikut suami,sgt bosan drmh sj hari2 n mau membantu suami dgn bkerja jg. wkt k AVAC mnt utk working visa ga bs coz hrs ada surat rekomendasi dr prshn d aussie or setidakx minimal lulusan Diploma.2 utk working holiday visa(sy cm sma) skrg sy d aussie,dan ada yg mw pkrjkn dan ksh srt rekomendasi utk sy,tp apkh mgkn diberi working visa krn prkerjaan itu tdk membutuhkan skill khusus? jika mgkn,apa sj prsyaratan yg hrs diberikan pemilik bisnis dan saya k pihak imigrasi australia?? Terimakasih mas Andryo…

    • Halo Widhi,
      Sekarang di Aussie ikut suami, dengan visa apa? Kalau suaminya kerja atau kuliah, bukannya istrinya boleh kerja?
      Kalau urusan surat apa saja yang perlu, lebih aman ke website imigrasi Australia. Sebaiknya dihindari menanyakan hal seperti ini ke orang awam seperti saya, karena peraturannya selalu berubah, dan tidak mungkin kita bisa tahu semua 🙂
      Salam,

      Andryo

  45. Mas Andryo..

    Saya mohon pencerahan, apabila saya diundang dari suatu perusahaan di australia untuk menjalani training suatu produk selama hanya 1 minggu di sana.. apakah cukup menggunakan visa turis saja?

    terima kasih.

    • Hallo Noor,
      Beberapa teman saya pernah ke Australia untuk ikut training. Mereka biasanya menggunakan surat kantor dengan menjelaskan ada kepentingan apa di Australia. Lebih aman seandainya ada apa-apa. Tapi kalau menurut saya pribadi, visa turis saja sih cukup harusnya.
      Salam,
      Andryo

Comments are closed.