Cara Membuat Omelet – Telur Jamur Keju & Variasi

By | December 21, 2011

Sewaktu pertama kali saya meninggalkan tanah air dan tinggal sendiri, tidak ada lagi yang memasak untuk saya. Terpaksa saya belajar masak dan melakukan semuanya sendiri. Masakan pertama yang saya coba buat adalah omelet telur; memakai jamur, keju, dan apapun variasi yang ada di lemari es (tomat, paprika, dll).

Sekarang (5 tahun kemudian), saya memutuskan untuk memasukkan resep dan masakan ke dalam blog saya. Saya akan mulai dengan “cara membuat omelet”.

Cara Membuat Omelet

Bahan yang diperlukan untuk membuat omelet 1 porsi:

  • 2 butir telur
  • Mentega
  • Garam & Lada
  • Jamur
  • Keju – Bisa keju potong, permesan, atau apapun
  • Paprika
  • Ham / Smoked Beef
  • Tomat
Telur

Telur

Pertama-tama, panaskan wajan. Sambil menunggu wajan sampai panas, pecahkan telur dan campur ke mangkok. Kocok selayaknya membuat telur dadar. Kocok sampai rata, ini akan membuat omelet semakin enak. Tambahkan garam dah lada sesuai selera.

Potong jamur, keju, paprika, ham, tomat hinggal kecil-kecil. Apa saja yang anda ingin masukkan ke telur, sah-sah saja. Namanya juga improvisasi. Ukuran potongan sekecil apa juga terserah selera anda saja.

Jika wajan sudah panas, taruh mentega di wajan. Setelah itu tuangkan telur ke wajan. Tunggu beberapa saat sampai kira-kira bagian bawah telur agak matang sedikit. Masukkan potongan-potongan jamur, keju, paprika, ham dan tomat ke atas telur

Cara Membuat Omelet

Cara Membuat Omelet

Lipat / gulunglah telur hingga gemuk. Gulung-gulung sampai bentuknya menarik, lagi-lagi terserah selera anda. Kadang-kadang saya hanya melipat 2, kadang melipat 3, kadang digulung sampai agak bulat.

Banyak orang yang membiarkan isi / tengah telur agak setengah matang, ada yang ingin semua dalam dan luar sampai matang. Yang pasti untuk saya, keju agak cair di tengah telur sangatlah enak.

Umumnya setiap orang mempunyai cara membuat omelet sendiri. Tulisan ini ditujukan untuk orang yang baru belajar masak. Para ahli masak kelas dunia dilarang mencela dan komen yang nggak-nggak.

Omelet Telur

Omelet Telur

Selamat menikmati omelet anda!

2 thoughts on “Cara Membuat Omelet – Telur Jamur Keju & Variasi

  1. Rena

    Hahahha – Para ahli masak kelas dunia dilarang mencela dan komen yang nggak-nggak.

    Boleh ya sedikit berbagi, biasanya saya tumis dl jamur dan paprikanya pakai sedikit butter dan lada hitam, setelah itu baru dituang di atas telur :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *