Strategi Program Frequent Flyer

By | 5 August 2013

Jika anda sering travelling baik untuk pekerjaan atau tamasya, kemungkinan besar anda sudah menjadi anggota program frequent flyer airline tertentu. Seperti saya, awal-awal saya mulai suka travelling, frequent flyer semua airline saya ikuti. Namun apakah ini langkah yang tepat?




Grup Airline di Dunia

Saya akan memulai dari grup-grup airline yang paling besar di dunia. Secara global, ada 3 grup airline yang paling utama:

  • Star Alliance – 28 anggota airline termasuk Singapore Airlines, Thai, EVA Air, Air China, Air Canada, United, Austrian, Lufthansa, Scandinavian Airlines, Air New Zealand, dll.
  • One World – Anggota airline termasuk American Airlines, British Airways, Cathay Pacific,Iberia, Japan Airlines, Malaysian Airlines, Qantas, dll.
  • SkyTeam – Anggota airline termasuk Air France, Alitalia, China Airlines, Delta, KLM, Korean Air, Saudia, dll.

Tujuan Ikut Program Frequent Flyer

Apakah anda mempunyai goal tertentu dalam mengikuti program frequent flyer? Apakah anda ingin mengumpulkan point atau miles untuk bisa mendapatkan flight gratis, ataukah untuk menaikkan status dan menerima benefitnya, ataukah keduanya?

One World

Untuk saya, program One World saya ikuti untuk mendapatkan flight gratis dari Qantas untuk pulang ke Jakarta secara reguler. Setiap saya naik airline grup One World, saya akan claim air miles saya untuk Qantas. Tiket one way Sydney Jakarta bisa didapatkan gratis dengan menukar 25.000 point miles.

Qantas juga merupakan partner dari Emirates (meskipun Emirates tidak tergabung dalam grup apapun). Air miles dari flight Emirates bisa di claim untuk Qantas.

Point Kartu Kredit – Qantas juga mempunyai program kartu kredit point rewards dengan bank bank utama di Australia. Saya dan beberapa teman kantor saya selalu menggunakan kartu kredit ini untuk membayar apapun, termasuk rent dan biaya sehari-hari. Setiap 1 sampai 2 tahun, saya bisa mendapatkan flight gratis pulang ke Jakarta hanya dengan rajin menggunakan kartu kredit ini.

Star Alliance

Tujuan saya ikut program Star Alliance bukan untuk mendapatkan flight gratis, tetapi untuk menaikkan status ke Gold, dan mendapatkan benefit menarik seperti:

  • Priority check in di Airport
  • Akses ke airport (business) lounge milik semua airline yang tergabung dalam Star Alliance
  • Priority boarding
  • Extra allowance baggage
  • Priority baggage handling

Apakah susah mendapatkan status Gold di Star Alliance? Ya tentunya. Namun akan saya beritahukan sebuah rahasia umum frequent flyer dari Star Alliance. Bergabunglah dengan frequent flyer Miles and Bonus milik Aegean Airlines, sebuah Airline asal Yunani -Meskipun anda tidak pernah akan terbang bersama mereka. Saya sendiri baru 2 kali terbang bersama Aegean Airlines.

Point yang dibutuhkan untuk mencapai status gold di Miles and Bonus Aegean Airlines sangatlah rendah, yaitu 20 ribu miles saja. 4 ribu miles bisa mendapatkan status Blue, dan 16 ribu miles setelahnya bisa mendapatkan status Gold. Bahkan di awal pendaftaran, anda akan mendapatkan bonus 1000 miles.

Untuk sekedar informasi, total perjalanan Eropa saya di bulan Agustus dan September lebih dari 26.000 mil. Jika saya selalu menggunakan airline Star Alliance, langsunglah saya bisa menikmati status Gold. Namun sayangnya tidak semua flight saya menggunakan Star Alliance.

Happy travelling!