Standar Gaji di Australia

By | 21 January 2012

Banyak sekali pembaca blog saya yang menanyakan standar gaji di Australia kepada saya. Sebenarnya agak sulit juga dijawab, karena setiap industri pasti standar gajinya beda, belum lagi tergantung perusahaan dan skill pekerjanya. Namun berikut saya cantumkan daftar standar gaji di Australia, yang saya kumpulkan dari website-website lain.



Gaji Minimum di Australia

Menurut website Fair Work pemerintah Australia, gaji minimum di Australia adalah 15.51 dollar per jam, atau 589.30 dollar per minggu. Namun semua kembali tergantung pada umur pekerja. Semakin muda pekerjanya (misalnya masih 17 tahun), gaji minimumnya semakin rendah.

Pada prakteknya bisa berbeda lagi. Teman saya yang bekerja secara ilegal di Sydney (beliau bekerja sambil kuliah, lebih dari 20 jam per minggu) mendapatkan gaji sekitar 12 dollar per jam, tanpa membayar pajak. Untuk informasi, pelajar asing hanya boleh bekerja maksimum 20 jam per minggu.

Teman saya yang lain, bekerja part-time di toko supermarket alkohol dengan gaji 21 dollar per jam.

Gaji Fresh-Graduate di Australia

Gaji fresh-graduate di Australia dan di negara manapun tentunya bisa sangat berbeda-beda, tergantung industri, perusahaan, dan skill pekerjanya. Menurut website mycareer, gaji fresh-grad bisa berkisar dari 30 ribu sampai 50 ribu dollar per tahun. Tentunya industri-industri seperti banking dan finance, accounting, dan engineering mempunyai gaji di atas rata-rata.

Gaji di Australia untuk industri saya – Media, IT, Marketing dan Advertising

Sebagai informasi, saya bekerja di digital advertising agency. Saya pindah ke Australia untuk posisi menengah di perusahaaan. Informasi ini saya dapatkan dari bersosialisasi dengan praktisi-praktisi di perusahaan lain, tawaran kerja dari perusahaan lain, juga dari beberapa rekruter yang suka menghubungi saya.

Posisi Entry Level – Assistant, Analyst & Executive

Gaji posisi entry level di industry saya sekitar 35 ribu – 50 ribu dollar per tahun.

Posisi Menengah – Consultant & Specialist

Posisi Consultant dan Specialist rata-rata memiliki gaji 50 ribu – 80 ribu per tahun.

Posisi Menengah ke Atas – Senior Consultant, Manager

Seorang Senior Consultant dan Manager rata-rata memiliki gaji 80 ribu sampai 120 ribu dollar.

Posisi Atas – Director & Head of Department

Untuk Director dan Department Head kisaran gajinya luas sekali, bisa dari 100 ribu – mungkin 250 ribu dollar per tahun.



Gaji dan Lokasi

Tentunya lokasi pekerjaan juga bisa mempengaruhi besar gaji yang diperoleh. Kerja kantoran di Sydney dan Melbourne mungkin bisa menawarkan lebih besar dari kerja di Adelaide atau Darwin, untuk sekedar contoh. Dan mungkin Western Australia menawarkan gaji yang sangat tinggi untuk pertambangan.

Penutup

Dengan mengutarakan / menulis post tentang standar gaji di Australia, tetap tolong dicatat bahwa ini hanyalah sekedar petunjuk. Tidak selalu praktek gaji akan sesuai teori. Selalu ada pekerja-pekerja yang underpaid dan overpaid. Semua tergantung situasi industri dan perusahaan, hukum supply and demand, and how you play your cards 🙂

60 thoughts on “Standar Gaji di Australia

  1. Sandi

    Info yang sangat bagus pak andryo. Ada yang ingin saya tanyakan, apakah di Australia itu pajak kita bayar sendiri atau dipotong langsung oleh perusahaan seperti di Indonesia. Persentase pajaknya kira2 berapa pak. Terima kasih banyak.

    1. Andryo

      Halo Sandi,

      Semua tergantung pekerjaan dan perusahaan. Umumnya jika bekerja di perusahaan biasa, pajak langsung dipotong oleh akuntan perusahaan. Namun setiap bulan Juni, akan ada perhitungan perbedaan pajak yang kita bayarkan. Perbedaan ini bisa minus atau bisa plus (namun umumnya kita akan menerima uang ekstra dari pajak yang kelebihan dibayar).

      Jika pekerjaan-nya semacam kontraktor, biasanya pajak dihitung sendiri. Kontraktor umumnya menyewa akuntan untuk menghitung ini.

      Pajak progresif, kalau gak salah berkisar dari 20-60 persen.

      Semoga membantu.

      Andryo

  2. nurul

    mhon maaf sblmny kl prtnyan saya krng berkaitan dengan postingan mas andryo,
    bgini mas adik saya yang baru lu2s smk 1th lalu, ada yg nawarin kerja ke aussy ya gtu ktny pake visa turis dlu bru nti stlh dsna dicarikn pkrjaan smbil mngurus visa untuk tinggl disna, dia mnwarkan biayanya 20jt sja.prtnyaan saya apkah itu angka yang cukup untuk bsa smpe ksna dan jg cukup untuk hidup dsna slm blm dpt pkrjaan?idealnya itu untuk bsa ke aussy dan krja dsna?tlng djwb y mas, krn sya tkut ditipu oknum yg ngaku2 agen ksana.trmksh

    1. Andryo Haripradono

      Nurul,
      Akan saya balas dengan beberapa pertanyaan…
      Apakah dijamin untuk dapat kerja?
      Jika tidak dapat kerja, apakah 20 juta itu hangus?
      Visa apa yang nanti akan dipakai jika sudah dapat kerja?
      Coba di tanya cerita orang-orang yang sudah memakai jasa orang / perusahaan itu…
      Saya tidak bisa menjawab dengan pasti, karena saya tidak tahu mereka dan apa saja jasanya.
      Salam.

  3. Pinna

    Halo pak Andryo

    Saya Pinna. Saya tertarik untuk bekerja di Aussie..maunya sih bidang komputer khususnya kayak grafik design. Bagaimana cara apply visa kerja di Aussie? Apakah harus mempunyai dana cukup banyak di tabungan (saya baca di internet seperti itu). Bagaimana jika tidak punya dana apakah ada acara lain untuk bekerja di sana? Tentunya saya apply dari Indonesia karena tidak bisa ke sana untuk cari kerjaan secara langsung.

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    1. Andryo Haripradono

      Pinna,

      Untuk cara apply visa kerja di Australia, bisa dilihat di website imigrasi Australia. Keperluannya semua ada di situ.
      Peraturan imigrasi selalu berubah setiap tahun, jadi sebaiknya ditanya langsung ke sumbernya (website).

      Salam.

      Andryo

  4. muffin

    hallo pak andryo..
    wah, postingan2 bpak sngat mmbantu skali, begini pak, saya mahasiswa s1 manajemen, sekarang masih semester 7, saya punya rencana mau ke aussie setelah lulus. yaaa…mau cari pengalaman plus ngelancarin bahasa, kalo lingkungan nggak mendukung susah juga meski les berkali kali.yang mau saya tanyakan pak, berapa ya kira2 tarif flat termurah disana buat seorang diri? untuk pemula seperti saya, saya pengen nyoba part time dulu sekedar cukup buat ngebiya’in hidup saya sehari-hari. bapak kan lebih punya banyak pengalaman, and begitu juga dengan tmn2 bpak, apakah ada saran untuk saya supaya saya bisa bertahan disana, mulai dari kerja part time apa, trus flat yang terjangkau gitu, ngantongin 20juta kira2 buat bertahan berapa lama y pak untuk ukuran termurah, sampai sebulah kah?? terima kasih banyak pak, and maaf saya banyak pertanyaan, soalnya browsing sana sini,and mentok and lebih ngerti disini.

    1. Andryo Haripradono

      Muffin,

      Flat rata-rata di sini sekitar $200-$400 per minggu. Namun banyak mahasiswa Indonesia yang beramai-ramai menyewa satu rumah dan patungan, jadi jauh lebih murah.
      Kerja part-time umumnya gaji per jamnya mirip, sekitar 12-20 dollar. Gaji minimum resmi sekitar 15 dollar, namun tidak semua employer mematuhinya, terutama yang mempekerjakan pekerja ilegal.

      Untuk biaya hidup dan berapa lama bertahan, semua tergantung gaya hidupnya. Mungkin bisa bertahan sebulan lebih untuk budget segitu, asal bisa berhemat.

      salam.

      Andryo

  5. aardiq

    Salam kenal Mas,
    Postingan yang bagus mas….
    lagi coba nyari info untuk kerja di luar seperti Mas Andryo, untuk di aussie di bidang automtive technician (montir mobil) dibutuhkan tidak ya disana ?
    ‘ma kasih Mas…

  6. Fino

    mas mau nanya kalo ngurus visa australia sulit g. apa harus interview dulu?

  7. Dean

    Numpang posting lagi mas….

    Mohon hati2 dengan yang ditawarin kerja pake visa turis dulu…visa turis jelas2 tidak bisa dipake kerja secara legal..kalo tujuannya untuk kerja dalam jangku waktu agak lama..jangan pernah melakukan hal illegal di ausi…

  8. surya

    Salam kenal mas,
    Saya mau tanya, ada rencana adik sy untuk study ke aussie…, tapi belum tau via agen atau via yang lain, klo boleh minta via agen resmi atau yang lainnya, untuk pengurusan rencana tersebut…, terimakash sebelumnya

    1. Andryo Haripradono

      Mas Surya,
      Mohon maaf mas, Saya belum pernah study di Australia jadi gak ngerti agennya. Bukannya enakan ngurus sendiri Mas? Gak kena biaya…
      Andryo

  9. panji

    Hallo Mas Andryo, salam Knal,
    seneng baca blognya, inspiratif.. saya jd tertantang pengen ke australia, sbnernya pengen ngelancarin bhs inggris, siapa tau dpt kerja juga disana,. 😀 *modal nekat*
    Basic saya IT/Programmer, dan skrng juga sedang bkerja di jakarta,. mau tanya ni, untuk cost sebulan dsna kira2 brp y Mas?

    trimakasih,

    1. Andryo Haripradono

      Mas Panji,

      Biaya hidup tentunya tiap orang berbeda tergantung gaya hidup masing2. Umumnya kamar di apartemen / rumah yang share berkisar antara 230-400 dollar per minggu. Transport sekitar 100 dollar sebulan. Makan siang sekitar 8-12 dollar. Kasarnya mungkin sekitar 2000-2500 sebulan kali ya. Namun ada juga orang yang bisa hidup sekitar 1000an sebulan, sampai yang 5000 sebulan juga ada.

      Bingung juga jawab angka tepatnya Mas hehe. Sama kaya kalo ditanya: biaya hidup di Jakarta sebulan berapa ya.. Tergantung gaya hidup.

      A

  10. Karin

    halo pak , salam kenal
    saya ingin menanyakan peluang kerja di bidang advertising di australi
    saya mahasisiwi fikom semster 5

    1. Andryo Haripradono

      Halo Karin,
      Peluang sih pasti ada. Namun seperti dimanapun, lebih banyak pengalaman yang kita punya, lebih mudah untuk mencarinya.
      Urusan lain yang cukup ribet adalah masalah visa, yang mungkin malah lebih sulit dari mendapatkan pekerjaannya sendiri.
      Salam.
      Andryo

  11. agung riyadi

    halo pak . salam kenal..
    pak mohon bantuan nya donk untuk cara agar bisa kerja dan menetap di australia.. dan cara untuk mendapatkan visa kerja di sana…

    kebetulan saya bagian tehnik mesin… tolong d bantu pak.. thanks

  12. alvin

    hallo pak, saya mau nanya kalau biaya kuliah di sana mahal ngga?
    kalau kerja part time standar gajinya berapa pak?
    terimakasih

    1. Andryo Haripradono

      Alvin,
      Biaya kuliah bisa dilihat di website universitas masing-masing.
      Kerja part time standar gajinya sesuai minimum gaji, sekitar $15 per jam.
      Andryo

  13. gemadipa

    salam mas Andryo,

    saya baru lulusan high school, dan saya memiliki bakat IT yang bs dibilang cukup mahir. saya teratrik sekali bisa bekerja di perusahaan sekelas google apa ada peluang untuk itu (ktnya di indonesia sudah ada office google indonesia).
    jika ada saran sebaiknya saya mengambil matkul apa ya mas, lalu seperti apa proses selnjutnya untuk dapat bisa apply cv ke google.
    thks….

    1. Andryo Haripradono

      Gemadipa,

      Biasanya hanya ada 2 tipe karyawan Google, you are either a programmer or a salesman (biasanya ada target sales di job description nya). Saya berasumsi anda ingin menjadi programmer? Jika ingin menjadi programmer, bisa ambil IT / software engineering atau semacamnya. Tergantung anda ingin bekerja apa di masa depannya.

      Saya agak kurang mengerti apakah Google di Indonesia mempekerjakan programmer. Tapi yang pasti prospeknya cerah.

      Salam.

      A

  14. Rayhan

    pak, saya tahun depan tamat SMA, habis itu mau melanjutkan studi di universitas melbourne, kira2 nanti disana saya bisa dpat kerja gak ya?
    kalau dapat kerja, gaji saya bisa nutupin biaya kost, makan dan kuliah saya gak?
    kira2 saya waktu disana nanti umur 19 tahun, dan tujuan saya kesana untuk kerja dan menjadi negara sana

    mohon bantuannya ya ^^

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      Rayhan,
      kira2 nanti disana saya bisa dpat kerja gak ya?
      Wah saya gak bisa jawab. Asal giat cari kerja sih ya selalu ada kesempatannya.
      kalau dapat kerja, gaji saya bisa nutupin biaya kost, makan dan kuliah saya gak?
      Kalo part time, mungkin agak pas-pas an.
      A

  15. yoga

    salam kenal mas andryo…..
    sbelum nya bagus juga info2 nya… jadi tertarik nih..
    mau tanya di ausie kira2 ada lowongan untuk S1 peternakan ga ya… ?? kalo ada apa alamat web nya kalo ga dmn yg bisa di hubungi..??
    terimakasih sebellum nya

  16. tryan

    salam sukses pak , saya sangat tertarik dengan tulisan bapak ini membuat saya ingin bertanya beberapa hal,saya mahasiswa s1 jurusan manajemen di perguruan swasta indonesia.sekira nya saya lulus nanti apakah untuk bekerja ijasah saya berlaku di australia ?dan lalu syarat2 umum membuat visa itu apasaja pak ? dan berapa perkiraan budget nya ? karna kebetulan teman kaka saya bekerja sebagai pelayan restoran di australia saya jadi tertarik untuk bekerja disana . terimakasih pak

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      @Tryan
      Ijazah manapun berlaku di Australia. Namun pasti ada juga company yang “ragu” dengan ijazah negara yang bukan negara maju.
      Untuk syarat dan biaya membuat visa, bisa di cek di website imigrasi Australia – http://www.immi.gov.au/
      Salam.
      Andryo.

  17. we

    pak, saya mau cari lowongn kerja di australia tapi ga tau harus cari info yg akurat dimana. kira2 untuk di perkebunan, gajinya berapa ya?
    terima kasih.

  18. tammy

    dear om andryo,
    saya sekarang kuliah di universitas negeri di Indonesia baru tingkat 3
    saya ingin nanti setelah saya lulus saya ingin bekerja sebagai akuntan di australia, saya pernah mengikuti english course di australia selama beberapa minggu, toefl saya 510 dan saya sedang berjuang mendapatkan IPK cumlaude
    kira2 sebagai fresh graduate bagaimana peluang saya bekerja disana? visa apa yang harus saya ambil? lalu apa langkah pertama saya kelak setelah lulus?
    terimakasih, mohon jawabannya

  19. Dyah

    Pak Andryo… Informasi yang bermanfaat banget pak..
    Saya ada rencana menyekolahkan anak ke ausy sambil bekerja (biar ga terlalu berat biayanya). Berdasarkan info bapak, gaji yang diperoleh dengan maksimal 20 jam kerja bisa mencapai $1200 per bulan. Jadi selain biaya sekolahnya saya masih harus menyiapkan kekurangan biaya akomodasinya ya..??
    Trus yang bisa hidup dengan $1000 per bulan itu ngenes banget ya..??
    Terimakasih banget atas tanggapannya pak Andryo…

  20. jafar

    mas saya mau nanya
    saya lulusan smp,apa bisa dapat kerja di sana

    kalau bisa perkiraan kerja apa dan berapa gaji perjamnya ?

  21. Nobon Hutakri

    salam mas andryo….
    mas saya mau nanya untuk mndapatkan visa ke aussy apakh kita harus dapt pkerjaan dulu dsana baru ngurus visa atau sebaliknya??

    dan apakah kita bisa menabung tiap bulannya dari gaji yag kita dapatkan dengan segtu mahalnya biaya hidup??

    trima kasih

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      Nobon,
      Untuk visa kerja, harus dapet kerja dulu.
      Untuk visa working holiday, tidak perlu dapat kerja dulu. Tapi visa ini rebutan karena hanya dikeluarkan 100 visa ini per tahun.
      Nabung ya biasanya tergantung cara dan gaya hidup tiap orang. Memang Australia mahal, tapi gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi standarnya.
      Salam.
      Andryo

  22. mimi ganda

    Sy ceweq single parent 50 thn , background accountant, msh adakah kesemptan utk bisa bekerja di australia, mohon petunjuk

  23. fauzan

    hello…
    saya pernah bekerja di australia dan saya berkeinginan kembali bekerja di sana kembali gimna caranya mohon penjelasan nya salam dan terima kasih….

  24. elang

    Saya dapat tawaran untuk kerja di australia wilayah queensland dgn visa 457
    145,000/tahun + superannuation 13,000
    anak 2 , masih sd kelas 3 dan 1
    apa dgn gaji segitu kira2 cukup .., terimakasih

  25. Janesucitra

    Mohon bantuannya, teman saya mencari lowongan kerja di Sydney dan berumur 22. Apakah masih bisa bekerja part time misalnya menjadi cashier/waiters dll? Terimakasih

  26. ANdriyan

    Saya pangen cari kerja`an di australia…

    Apa pak andryo bisa bntu saya…?

    Kalau bisa di Pabrik gitu , umur saya 20 tahun sekarang…

    Kalau pak andryo bisa bntu saya nh nmor hp saya ..081929674986..thanks pak andryo…

  27. erwin lesasito

    Mas Andryo sy seorg profesional di bidang hukum dan human resources di jkt,rncana ingn mngmbil post graduate dan krj di aussie,apa yg hrs sy lkukan mas,mhn saran?trims

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      Mas Erwin,

      Saya kurang mengerti pertanyaan Mas. Ingin mengambil post graduate, yah harus apply ke kampusnya. Lihat diperlukan syarat apa saja dan mulai persiapkan semua itu.

      Setelah lulus bisa apply visa temporary untuk pengalaman kerja.

      Salam.

      Andryo

  28. deden

    pak saya mau konsultasi,,kl saya kuliah d sana hanya sebagai kedok dan orientasi saya cuma bekerja dengan sistem 2nd job per 20jam perminggu apakah bisa menabung uang dollar untuk modal saya bikin usaha di indonesia? berapakah saya bisa nabung dollar setelah di kurangi dengan tax ,biaya kuliah,apartement,biaya hidup dll saya bisa nabung berapa?

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      Mas Deden.

      Susah juga jawabnya, semua tergantung dari gaji pekerjaan, gaya hidup, tinggal di apartemen mewah atau biasa saja, biaya kuliah, semua kan beda2 mas.

      Bisa dihitung 15 dollar per jam X 20 jam per minggu = 300 dollar per minggu, per bulan sekitar 1200an dollar.

      Mari silahkan research.

      Andryo

  29. xtreme

    saya tertarik juga untuk kerja di sana. Tapi saya sudah lulus kuliah alias hanya ingin bekerja di sana. Apakah bisa kerja di sana dengan status bukan mahasiswa yang kuliah disana ?

    Trus apa persyaratannya lebih rumit karena statusnya sebagai TKI ?

    Jujur aja di Indo kerja 10-15jam/hari hanya dibayar 78ribu dg artinya saya hanya dibayar 5200-7800 rupiah saja/jam. dengan tanggung jawab yang cukup riskan. Salah hitung harus ganti rugi ke perusahaan sebesar kesalahannya. misal salah 500rb = gaji di potong 500rb pula. Belum lagi pekerjaanya yg super banyak tanpa henti

  30. Rusman

    Salam kenal Mas ..
    Saya mau minta petunjuk ..
    Setelah sampai di Adelaide Airport, bagaimana cara kita untuk bisa menemukan, tempat kost paling murah dari Bandara Mas ..
    Dan kalau kita mau langsung ke Kawasan Pertanian di Adelaide, bagaimana untuk bisa sampai kesana .. Apa nama tempatnya Mas ..
    Mohon masukkannya ..

    Terimakasih ..

  31. Reza Elfagih

    Informasix luar biasa
    Tahun ini sy berniat kuliah smbil krja diaussi
    Mnrut praturanx pljar asing dibatasi krja cma 20jam/mnggu
    Apa bisa sy bkerja lbih dri itu/ apakah ssah mndpatkan pkrjaan tmbhan/illegal ???

    Mohon balasanx
    Thx

  32. kevin

    Sy berpikir utk cari kerja dan menetap di aussy. Tp modal utk ke aussy pas2an. Kira2 brp byk uang yg mesti sy bawa utk pertama ke aussy. Apakah modal nekat kesana itu baik? Mohon advicenya

  33. novita

    mas andryo yg dimaksud dengan specialist spt apa ya? kebetulan saya mempunyai keahlian di bidang Spa apakah itu termasuk? saya rencanya mau cari kerja di perth. dan satu lagi masalah umur apakah merupakan syarat utama ya mas, thx

  34. Putra

    Mas Andryo, kalo untuk VISA bekerja di Australia bagaimana mas, saat ini saya bekerja di Oil & Gas Mid East sebagai Lead Technician / Foreman, Dengan penglaman lebih dari 8 Tahun, Sarjana Teknik Mesin, Mohon Penjelasan & Pencerahannya Mas, Terima Kasih

  35. arif

    Boleh juga tp mending legal dulu cari temen biar gampang ngurus visanya, masalah utang budi 1bln gjipun g” mslh

  36. Bram

    menarik mas blog nya, plus saya juga kerja di jerman bag SEO, jadi bisa dpt inspirasi ini kedepannya gmana
    ternyata menarik juga karir sbg SEO yah 😀

    terpikir jg mau kerja di UK atau OZ, kelihatan lebih menarik daripada di berlin!

  37. Garry Chandry

    Mas Andryo
    Kalo boleh tau kok temen mas bisa kerja lebih Dari 20 jam dalam 1 minggu ??
    Trus temen mas ini kuliahnya di college mana, Dan jurusan apa ya?
    Thanks infonya mas.soalnya Ada niad buat kesana juga

  38. Dyan Fahrur Rozie

    Wah Saya boleh sharing-sharing mas. Saya juga kebetulan bekerja di salah satu digital agency memegang SEO dan SEM. Facebook Ads dan Google Adwords. kira-kira ada peluang untuk saya bekerja di Australia. 2 tahun saya sudah memegang SEM. masih kuliah (lulusan SMK). Ada saran mas?

  39. Agus makmur

    Mohon di informasikan cara untuk mendapatkan visa kerja atau visa holiday and work di Australia

Comments are closed.