Visa Kerja Australia – Proses Visa Kerja Sponsor 457

By | 23 March 2011

Kira-kira proses saya cari kerja di Australia membutuhkan waktu satu bulan, dan akhirnya tiba saatnya untuk mengurus visa kerja Australia, atau visa sponsor 457.

Ini dia yang saya lebih takutkan. Karena proses mencari kerja, secara umum berada di kontrol tangan kita. Wawancara, test, project, dll, kitalah yang mempengaruhi lolos atau tidaknya. Urusan visa, benar-benar di luar kontrol.




Menurut beberapa rekruter yang membantu saya mencari kerja di Australia, umumnya orang-orang dari negara lain meng-apply working holiday visa, lalu mereka datang ke Australia untuk mencari kerja, dan pada akhirnya bekerja sambil mengurus peralihan ke visa kerja sponsor perusahaan 457. Ini kasus umum untuk orang-orang dari negara barat maju yang lain, dan memang tergolong mudah untuk mendapatkan working holiday visa.

Namun untuk orang Indonesia, agak lebih sulit keadaannya. Kita bisa apply visa jenis lain (beda tipis), judulnya work and holiday visa. Yang menyusahkan adalah, work and holiday visa ini hanya dikeluarkan sebanyak 100 buah dalam satu tahun untuk orang Indonesia. Untuk catatan, tahun finansial / pemerintahan Australia dimulai dari bulan Juli.

Agen Migrasi / Migration Agent Australia

Setelah tawaran kerja di terima, kontrak ditanda-tangani dan dikirim kembali ke perusahaan, mulailah pengurusan visa kerja Australia. Perusahaan saya menyewa agen migrasi untuk mengurusi bidang ini. Kebetulan perusahaan saya isinya kebanyakan pendatang dari luar negeri, karena memang masih agak sulit mencari ahli di bidang online media / digital advertising di Australia.

Dokumen yang dibutuhkan untuk aplikasi Visa Kerja Australia

Adapun hal-hal berikut yang pertama kali diminta oleh agen migrasi tersebut:

  • Pengisian Form (mereka yang sebenarnya mengisi, tapi kita diminta memberikan detail dan klarifikasi)
  • Scan semua passport yang pernah dimiliki
  • Scan seluruh visa Australia yang pernah dimiliki
  • Scan cap imigrasi Australia (enter dan exit) dari semua travel ke Australia
  • CV dengan tanggal bulan tahun pengalaman kerja lengkap
  • Bukti pengurusan asuransi kesehatan
  • Scan semua ijazah kuliah

Meskipun tidak diminta, saya juga memberikan detail sepupu-sepupu saya yang tinggal di Australia. Mereka telah menjadi warga negara Australia sejak lahir.

Biaya Aplikasi Visa Kerja Australia 457

Perusahaan saya yang menanggung semua biasa aplikasi visa ini. Namun tentunya tidak selalu hal ini akan terjadi. Untuk informasi, biaya aplikasi visa kerja Australia 457:

  • 305 Dollar Australia untuk aplikasi
  • 80 Dollar Australia untuk nominasi
  • 405 Dollar Australia untuk sponsor

Asuransi Kesehatan untuk Visa 457

Untuk belajar atau bekerja di Australia kita juga diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan; kecuali jika anda warga negara Australia, Inggris, atau beberapa negara lain yang memiliki kerja sama khusus urusan kesehatan dengan Australia.

Cukup mudah mencari asuransi kesehatan di Australia, yang memang dikhususkan untuk aplikasi visa kerja Australia – sponsor 457. Untuk lebih lanjut silahkan baca tentang keperluan asuransi kesehatan untuk visa 457 di sini dan di sini. Saya pribadi menggunakan HBA. Daftar penyedia asuransi kesehatan lain bisa dicari di Google.

Proses Pengurusan Visa

Saya juga sempat bertanya berapa lama proses yang diperlukan untuk pengurusan visa kerja Australia – sponsor 457 ini. Menurutnya, umumnya dibutuhkan waktu 4-6 minggu sejak aplikasi dikirim sampai disetujui.

Sebagai catatan, sebenarnya kita bisa mengurus sendiri semua proses visa kerja ini, karena semuanya online via website imigrasi Australia. Dan sama sekali tidak diperlukan kedatangan kita ke Kedutaan Besar Australia (kecuali untuk pencetakan visa diujung akhir proses). Kantor imigrasi di Australia lah yang memproses dan mengambil keputusan.

Setelah detail awal lengkap diberikan, ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan:

Untuk beberapa tipe pekerjaan seperti koki, tukang kayu, atau yang mereka sebut sebagai “Trade Occupation”, diperlukan tes kemampuan oleh pemerintah Australia, dan kadang-kadang tes bahasa Inggris IELTS. Namun karena pekerjaan saya bidangnya lain, untuk membuktikan kemampuan – saya cukup memberikan CV dan ijazah kuliah. Kadang-kadang juga diminta surat referensi, namun tidak untuk kasus saya. Kebetulan juga saya mendapatkan gelar Master di negara Inggris, dan juga memiliki pengalaman kerja 2 tahun di sana. Jadi tidak diperlukan tes bahasa Inggris IELTS.

Cek Status Aplikasi Visa Australia Online

Salah satu keuntungan mengurus visa secara online, kapan pun kita bisa cek status aplikasi visa kita di website imigrasi Australia. Cukup dengan masukkan kode aplikasi, tanggal lahir, nomor passport, dan asal negara, kita bisa lihat secara instant statusnya.

Cek Status Aplikasi Visa Kerja Australia

Cek Status Aplikasi Visa Kerja Australia




Mencetak Visa Kerja Australia di AVAC

Ternyata aplikasi visa kerja Australia saya sudah di-approve, hanya dalam waktu 3 minggu dan 2 hari saja. Untuk orang Indonesia, kita perlu mencetak visa kerja ini untuk ditempel di passport. Kita bisa mengurusnya di AVAC / Australian Visa Application Centre. Diperlukan untuk membayar sebesar sekitar 160 ribu kalau tidak salah ingat, dan proses hanya memakan waktu 2 hari saja.

Saya sebenarnya belum siap pergi, karena menurut rencana, proses akan memakan waktu 1 bulan lebih. Langsung saya booking tiket pesawat dan berangkat persis Minggu depannya.

Semoga berhasil dalam pengurusan visa kerja Australia anda.

Sebelum anda bertanya di bagian komen dibawah, mohon dibaca:

Begitu banyak saya mendapatkan pertanyaan seputar imigrasi. Tolong dipahami bahwa saya bukanlah seorang ahli imigrasi dan juga bukan seorang agen rekruter. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan seputar visa, kelengkapan dokumen, biaya dan pilihan visa, maupun mencarikan pekerjaan. Maaf, bukannya saya tidak mau, tapi memang hukum imigrasi selalu berubah dan saya pun menggunakan agen imigrasi di Australia.

Untuk mencarikan pekerjaan, jelaslah saya tidak bisa. Saya hanya seorang pegawai swasta yang tidak punya banyak channel di Australia đŸ™‚

174 thoughts on “Visa Kerja Australia – Proses Visa Kerja Sponsor 457

  1. Hani basyarahil

    Pak adry,maaf mau tanya,suami saya PR di ausie,saya dan anak2 sdh buat visa holiday ke sana tanpa sponsor drnya (alasannya ribet),dan rencana kl nnt sdh di sana mau ganti jd visa PR,kira2 bisa nggak ya,mhn infonya ya

  2. m aziz purwo

    tolong saya di kasih alamat agen yg bisa membantu sya untuk bs bekerja di australia

  3. Lucky

    Hi Pak Andryo,
    Mungkin bisa share pengalaman Pak Andryo bisa apply dan bisa mendapatkan pekerjaan sebelum pny visa/tanpa harus berangkat dulu ke Aussie?

    thanks.

  4. indah kristiary

    salam bpk andryo
    bpk sy kan mau ke ausi tp agax susah ngurus visanya…boleh ndak minta bantuan bapak buat jadi sponsor?

  5. arman

    untuk dapat tinggal menetap dalam beberapa waktu dan mendapat pekerjaan di luar negeri yang sangat mudah prosesnya adalah atas bantuan perusahaan penerima kita disana.
    Jika sponsor perusahaan dari luar negeri sudah kita peroleh, mungkin tidak ada kendala dalam proses untuk mendapatkan visa dari negara tujuan tersebut.

    Biarkanlah pihak perusahaan yang mengurus segala keperluan pendukung untuk pembuatan visa kerja kita.
    kita hanya mengirim segala kebutuhan dokumen yang di minta oleh kantor imigrasi negara tersebut melalui perusahaan sponsor tersebut.

    Selain kemudahan dalam proses pengajuan visa kerja, kita juga diringankan dalam soal biaya keberangkatan, karena perusahaan penerima tersebut akan membantu kita dengan mengeluarkan dana dari perusahaannya untuk biaya pengurusan visa kita, serta keberangkatan kita.
    Nanti biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak perusahaan dapat kita cicil dan bayar setelah kita aktif bekerja di perusahaan tersebut.
    Kita hanya membutuhkan anggaran 25% dari keperluan proses pembuatan visa dan biaya keberangkatan.
    Sedangkan dana yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan yang menjamin kita di negara tersebut 75%.
    Semua itu tergantung dari negosiasi kita dengan pihak perusahaan sponsor.

  6. adi wismara

    salam kenal pak adryo. saya pernah kerja di australia dan mengganti visa sya dngan bridging visa d sana agar dpt bekerja secara legal…3 bln sebelum saya plang saya mendapat unlimeted visa. dan saya kembali k indonesia tepat waktu. kira2 bsa sya balik ke australia pak. mohon jawaban nya pak
    mksi

  7. Delly

    Harus punya ijasah kuliah yaa untuk apply visa ini??

  8. aris sutanto

    Mantap mas, masnya kereen (y) (y), semoga saya bisa seperti anda

  9. Pingback: Mencari Kerja di Australia dari Indonesia - Andryo's Blog

Comments are closed.