Visa Kerja Australia – Proses Visa Kerja Sponsor 457

By | 23 March 2011

Kira-kira proses saya cari kerja di Australia membutuhkan waktu satu bulan, dan akhirnya tiba saatnya untuk mengurus visa kerja Australia, atau visa sponsor 457.

Ini dia yang saya lebih takutkan. Karena proses mencari kerja, secara umum berada di kontrol tangan kita. Wawancara, test, project, dll, kitalah yang mempengaruhi lolos atau tidaknya. Urusan visa, benar-benar di luar kontrol.



Menurut beberapa rekruter yang membantu saya mencari kerja di Australia, umumnya orang-orang dari negara lain meng-apply working holiday visa, lalu mereka datang ke Australia untuk mencari kerja, dan pada akhirnya bekerja sambil mengurus peralihan ke visa kerja sponsor perusahaan 457. Ini kasus umum untuk orang-orang dari negara barat maju yang lain, dan memang tergolong mudah untuk mendapatkan working holiday visa.

Namun untuk orang Indonesia, agak lebih sulit keadaannya. Kita bisa apply visa jenis lain (beda tipis), judulnya work and holiday visa. Yang menyusahkan adalah, work and holiday visa ini hanya dikeluarkan sebanyak 100 buah dalam satu tahun untuk orang Indonesia. Untuk catatan, tahun finansial / pemerintahan Australia dimulai dari bulan Juli.

Agen Migrasi / Migration Agent Australia

Setelah tawaran kerja di terima, kontrak ditanda-tangani dan dikirim kembali ke perusahaan, mulailah pengurusan visa kerja Australia. Perusahaan saya menyewa agen migrasi untuk mengurusi bidang ini. Kebetulan perusahaan saya isinya kebanyakan pendatang dari luar negeri, karena memang masih agak sulit mencari ahli di bidang online media / digital advertising di Australia.

Dokumen yang dibutuhkan untuk aplikasi Visa Kerja Australia

Adapun hal-hal berikut yang pertama kali diminta oleh agen migrasi tersebut:

  • Pengisian Form (mereka yang sebenarnya mengisi, tapi kita diminta memberikan detail dan klarifikasi)
  • Scan semua passport yang pernah dimiliki
  • Scan seluruh visa Australia yang pernah dimiliki
  • Scan cap imigrasi Australia (enter dan exit) dari semua travel ke Australia
  • CV dengan tanggal bulan tahun pengalaman kerja lengkap
  • Bukti pengurusan asuransi kesehatan
  • Scan semua ijazah kuliah

Meskipun tidak diminta, saya juga memberikan detail sepupu-sepupu saya yang tinggal di Australia. Mereka telah menjadi warga negara Australia sejak lahir.

Biaya Aplikasi Visa Kerja Australia 457

Perusahaan saya yang menanggung semua biasa aplikasi visa ini. Namun tentunya tidak selalu hal ini akan terjadi. Untuk informasi, biaya aplikasi visa kerja Australia 457:

  • 305 Dollar Australia untuk aplikasi
  • 80 Dollar Australia untuk nominasi
  • 405 Dollar Australia untuk sponsor

Asuransi Kesehatan untuk Visa 457

Untuk belajar atau bekerja di Australia kita juga diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan; kecuali jika anda warga negara Australia, Inggris, atau beberapa negara lain yang memiliki kerja sama khusus urusan kesehatan dengan Australia.



Cukup mudah mencari asuransi kesehatan di Australia, yang memang dikhususkan untuk aplikasi visa kerja Australia – sponsor 457. Untuk lebih lanjut silahkan baca tentang keperluan asuransi kesehatan untuk visa 457 di sini dan di sini. Saya pribadi menggunakan HBA. Daftar penyedia asuransi kesehatan lain bisa dicari di Google.

Proses Pengurusan Visa

Saya juga sempat bertanya berapa lama proses yang diperlukan untuk pengurusan visa kerja Australia – sponsor 457 ini. Menurutnya, umumnya dibutuhkan waktu 4-6 minggu sejak aplikasi dikirim sampai disetujui.

Sebagai catatan, sebenarnya kita bisa mengurus sendiri semua proses visa kerja ini, karena semuanya online via website imigrasi Australia. Dan sama sekali tidak diperlukan kedatangan kita ke Kedutaan Besar Australia (kecuali untuk pencetakan visa diujung akhir proses). Kantor imigrasi di Australia lah yang memproses dan mengambil keputusan.

Setelah detail awal lengkap diberikan, ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan:

Untuk beberapa tipe pekerjaan seperti koki, tukang kayu, atau yang mereka sebut sebagai “Trade Occupation”, diperlukan tes kemampuan oleh pemerintah Australia, dan kadang-kadang tes bahasa Inggris IELTS. Namun karena pekerjaan saya bidangnya lain, untuk membuktikan kemampuan – saya cukup memberikan CV dan ijazah kuliah. Kadang-kadang juga diminta surat referensi, namun tidak untuk kasus saya. Kebetulan juga saya mendapatkan gelar Master di negara Inggris, dan juga memiliki pengalaman kerja 2 tahun di sana. Jadi tidak diperlukan tes bahasa Inggris IELTS.

Cek Status Aplikasi Visa Australia Online

Salah satu keuntungan mengurus visa secara online, kapan pun kita bisa cek status aplikasi visa kita di website imigrasi Australia. Cukup dengan masukkan kode aplikasi, tanggal lahir, nomor passport, dan asal negara, kita bisa lihat secara instant statusnya.

Cek Status Aplikasi Visa Kerja Australia

Cek Status Aplikasi Visa Kerja Australia

Mencetak Visa Kerja Australia di AVAC

Ternyata aplikasi visa kerja Australia saya sudah di-approve, hanya dalam waktu 3 minggu dan 2 hari saja. Untuk orang Indonesia, kita perlu mencetak visa kerja ini untuk ditempel di passport. Kita bisa mengurusnya di AVAC / Australian Visa Application Centre. Diperlukan untuk membayar sebesar sekitar 160 ribu kalau tidak salah ingat, dan proses hanya memakan waktu 2 hari saja.



Saya sebenarnya belum siap pergi, karena menurut rencana, proses akan memakan waktu 1 bulan lebih. Langsung saya booking tiket pesawat dan berangkat persis Minggu depannya.

Semoga berhasil dalam pengurusan visa kerja Australia anda.

Sebelum anda bertanya di bagian komen dibawah, mohon dibaca:

Begitu banyak saya mendapatkan pertanyaan seputar imigrasi. Tolong dipahami bahwa saya bukanlah seorang ahli imigrasi dan juga bukan seorang agen rekruter. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan seputar visa, kelengkapan dokumen, biaya dan pilihan visa, maupun mencarikan pekerjaan. Maaf, bukannya saya tidak mau, tapi memang hukum imigrasi selalu berubah dan saya pun menggunakan agen imigrasi di Australia.

Untuk mencarikan pekerjaan, jelaslah saya tidak bisa. Saya hanya seorang pegawai swasta yang tidak punya banyak channel di Australia 🙂

174 thoughts on “Visa Kerja Australia – Proses Visa Kerja Sponsor 457

  1. AvatarNoor

    terima kasih mas Andryo…
    saya sedang menunggu surat undangan dari pihak Australia untuk mempermudah dalam pengajuan visanya..

    terima kasih..

  2. Avatari kadek suardita

    Hi Andryo,,,,
    bagaimana cara mencari visa kerja di Australia.. Namun saya akan tinggal bersama teman saya yang merupakan warga negara Australia. Dia tinggal di Perth dan rencananya saya akan bekerja dipabrik kursi dan meja kantor miliknya.
    TOLONG MASUKANNYA.. trmkasih

    1. AvatarAndryo Haripradono

      I Kadek,

      Apakah perusahaan pabrik kursi dan meja kantor itu bisa mensponsori? Jika bisa, melalui jalur itu saja. Jika tidak, coba di cek visa work and holiday.

      Salam.

  3. AvatarAcon

    Hallo Mas Andryo,
    Saya ditawarin kerja di hotel kecil di Australia, dan saat perusahaan itu mengurus jadi sponsor saya, applikasinya di tolak karena hotel tersebut tidak ada bukti pengeluaran untuk mentraining karyawan dalam satu tahun terakhir. Adakah cara lain?

    Thanks,
    Acon

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Acon,

      Mohon maaf saya tidak tahu cara lain, kecuali memakai visa work and holiday. Namun visa ini valid hanya 1 tahun, dengan maksimum kerja 6 bulan untuk perusahaan yang sama.

      Salam

  4. Avatarriki

    Andryo
    Terimakasih atas blog yg sangat informatif. ada beberapa yg ingin saya tanyakan.
    1. asuransi, apakah keharusan atau tidak?
    2. di tulisan terakhir anda bercerita masa pengerusan 3minggu, tetapi tidak bisa langsung berangkat dan harus nunggu 1 bulan. apa yg terjadi di 1 bulan tersebut?apakah bagian dari porses visa, tiket atau..??

    salam

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Halo Riki,

      1. Untuk visa 457, asuransi adalah kewajiban.
      2. Masa pengurusan visa untuk kasus saya kemarin memakan waktu hanya 3 minggu. Tapi agen migrasi saya di Sydney sebelumnya memperkirakan proses bisa 1-2 bulan. Makanya sewaktu 3 minggu visa sudah jadi, saya-nya belum siap. Jadi sewaktu visa keluar, 1 minggu berikutnya baru saya berangkat (ngepak, urus tiket, pamit-pamit, dll). Untuk orang Indonesia, visa harus dicetak dan ditempel di passport. Beri waktu 2-3 hari untuk proses ini.

      Salam.

      Andryo

  5. Avatarsudarno

    maaf untuk code visa bagi orang yang training, codenya berapa?

  6. Avatarkiki

    Halo mas Andryo,
    Saya mau nanya kalau untuk visa work holiday, kira kira bagaimana kelengkapannya? apakah prosesnya lama dan sulit?
    dalam case saya, tujuan kerja yang saya rencanakan harus apply dan disertai izin visa kerja di aussie. ini memang semacam voulenter untuk sebuah event dan hanya sebulan. nah apa bisa saya mengajukan pembuatan visa kerja namun blm ada surat sponsor dari acara tersebut?

    Thanks 🙂

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mbak Kiki,
      Terima kasih sudah membaca dan bertanya. Namun mohon maaf, saya bukan ahli imigrasi. Begitu banyak orang menanyakan saya pertanyaan tentang imigrasi. Saya tidak bisa menjawab. Lebih baik browse ke website imigrasi Australia.
      Salam.

  7. AvatarRudy

    Mas Andryo, Saya mau tanya neh
    Saya bercita2 ingin kuliahkan anak ke Fak Kedokteran Australia
    1. Berapa kira2 biayanya ?
    2. Apa benar, Dokter Australia tidak diakui di Indonesia ?
    Thanks

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mas Rudi, bisa di cek ke website kampusnya Mas. Harganya bisa beda-beda.
      Untuk pengakuan Dokter Australia, saya juga ndak ngerti Mas. Maaf bukan bidang saya.
      Salam.

  8. Avatartunggul

    mas andryo,

    saya mau tanya, kalo kerja di ause dgn lulusan SMK bisa g? caranya gmn?

  9. Avatarriki

    Mas Andyo

    application visa anda tanggal 14-02, x-ray nya pada waktu yang bersamaan? application saya sudah berjalan 1bulan tapi belum ada kabar. kira-kira knapa ya??dulu saya x-ray, 1minggu setelah application.

    salam riki

  10. Avatarriki

    Mas Andryo

    aplikasi saya sudah 1bulan di proses tapi belum ada jawaban, kira0kira kenapa ya?anda melakukan x-ray pada waktu yg bersamaan dengan aplikasi??saya melakukan nya 1 minggu setelah aplikasi, apakah ini yg membuat terlambat?

    salam, riki

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Halo Mas Riki,

      Maaf balesnya telat sekali. Memang harusnya proses memakan waktu sekitar 1.5 sampai 2 bulan. Waktu itu saya hanya 3 minggu agak aneh menurut si agen imigrasi.

      X-ray saya juga waktu itu nyusul. Tes nya di rumah sakit di kuningan jakarta, mereka kirim langsung ke imigrasi Australia.

      Salam.

      Andryo

  11. Avatarmokhamad

    Salam kenal Mas Andry, maaf mau tanya n minta penjelasan saya ingin sekali bekeja di australi tapi umur saya yg sudah tua yaitu 46 th. apakah sy bisa kerja di australi? walaupun di tempat2 kerja kasar jg g apalah . bisakah? trims

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mas Mokhamad,

      Untuk visa working and holiday, kalau tidak salah batasnya umur 30. Namun untuk visa sponsor, sepertinya batasnya umur 50 sekarang. Bisa di cek di website immigrasi Australia.

      Andryo

  12. AvatarTurnip

    Pagi Pak Andryo,
    Saya ingin sekali kerja di Australia (perhotelan), sekarang sudah dapat perusahaan.
    Perusahaan itu lagi urus aplikasi untuk jadi sponsor saya.
    Setelah sponsorship di prove baru pengurusan visa.
    Dokumen apa saja pak yang harus saya sediakan untuk pengurusan visa kerjanya?
    Apakah Imigrasi akan meminta bukti bisa bahasa inggris IELTS, dan apakah perlu saya X ray mulai dari sekarang dan mengurus asuransi?
    Bisakah bapak rekomendasikan agent untuk mengurus visanya, saya di Bali.

    Thanks,
    Turnip

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Turnip,
      Untuk mengurus visa kerja, dokumen yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung jenis industri, pekerjaan, dan kualifikasi pekerja.
      Di website tertulis butuh bukti IELTS, tapi nyatanya mereka tidak meminta saya menyerahkan bukti IELTS. X-ray sepertinya akan diminta, tetapi sebaiknya menunggu saja. Karena tempat prakteknya pun hanya tertentu yang diterima oleh imigrasi Australia.
      Agen migrasi saya kurang mengerti, tetapi perusahaan saya memakai http://www.southerncrossalliance.com/.
      Semoga berhasil.
      Andryo

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mas Wahyu,
      Semua tergantung Mas. Ada visa yang bisa di-apply tanpa ada sponsor company, menggunakan sistem point. Jika berhasil mendapat visa permanent residence ini, silahkan datang ke Australia untuk mencari kerja di sini.
      Ada visa yang menggunakan sponsor perusahaan, seperti saya. Kita harus mendapatkan perusahaan yang mau mensponsori dulu, baru bisa datang ke Australia untuk bekerja di perusahaan tersebut.
      Untuk jelasnya, kunjungi halaman http://www.immi.gov.au/skills/skillselect/
      Salam.
      Andryo

  13. AvatarAgus Iriyanto

    Mas Andryo .saya sekarang lagi menunggu Visa Kerja dari Australia untuk kerja di Perkebun
    dan saya mengurus dengan cara sendiri TKI Mandiri melalui Agen di Malaysia yaitu OERO SERVICE dan saya sekarang sudah menunggu kurang lebih 2 Bulan. Mas saya masih penasaran apa benar ada pekerjaan Perkebunan di Australia.Mohon Bantuannya dan informasinya tentang pekerjaaan Perkebunan Apel di Australia

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mas Agus,
      Visa type apakah yang sedang diurus?
      Pekerjaan perkebunan sangat banyak di Australia. Biasanya pada masa-masa panen, mereka butuh banyak orang. Dipastikan saja apakah dengan visa yang di apply, memang boleh bekerja dengan legal.
      Salam.
      Andryo

  14. Avatarwinda julita

    Salam kenal mas Andryo,

    saya mau menanyakan mengenai work & holiday visa
    1. apakah saya bisa pakai toefl untuk evidence kemampuan bahasa inggris saya
    2. saya agak bingung untuk proses pengurusannya, saya harus memulai untuk mengumpulkan data yang mana ya
    berdasarkan apa yang sudah saya browsing documentnya berupa :
    – surat dari immigrasi
    – bank account (AUD 5000)
    – ijazah
    -medical check up

    jadi aku harus mulai darimana ya, tadinya saya pikiri bisa dimulai dari surat immigrasi, tapi ternyata setelah saya cross check ke bagian immigrasi mereka minta kelengkapan semua data dulu baru akan mengeluarkan suratnya.

    terima kasih atas infonya mas Andryo

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Winda,
      1. Mereka meminta IELTS untuk bukti bahasa Inggris. Saya belum pernah dengar mereka menerima TOEFL, mungkin bisa ditanya ke imigrasi Australia. Namun saya sarankan ikuti saja ketentuan yang ada.
      2. Jika bagian imigrasi meminta semua kelengkapan, ya ikuti saja maunya mereka. Bank account, ijazah dan medical check up kan cukup mudah untuk dipersiapkan.. Yang sulit surat imigrasi…
      Salam.
      A

  15. Avatardecky

    maaf mas andryo ? tnya nie ,gmn cri peluang kerja diaustralia ,…. aq dngar dri teman ada yg krja hitungan /jam …. trs bagaimana cara masuk /peluang masih adakah ,…..

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Decky,
      Peluang pasti ada. Banyak orang Indonesia datang ke sini untuk menjadi student dulu, sambil cari kerja.
      Pekerjaan kantoran umumnya gaji dihitung per tahun, pekerjaan lain (waiter, bartender, dll) dihitung per jam. Tapi gajiannya bisa seminggu / 2 minggu / sebulan sekali, tergantung perusahaan.
      Salam.
      A

  16. Avatarandre

    saya ingin kerja ke australia tapi nggak punya dana bisakah sistim potong gaji

  17. AvatarSANDY NUGROHO

    Jika ingin mendapatkan work visa di Australi ,Inggris,NZ. harus memakai program tes dari IELTS karena ke 3 negara ini merupakan satu gabungan dari Commonwealth group. Kalau TOEFL berlakunya di Amrik. Mas Andryo , saya mau tanya website Australia yang membutuhkan tenaga kerja di bidang perhotelan itu website apa ya?Dan memakai sistem sponsorship. Thx

  18. Avatarsyamsul hadi

    bagaimana supaya saya bisa bekerja di austrlia,saya di mtaram lombok..tolong di ino ke nomer saya 081803687661

  19. Avatarsavira karron

    mas andryo aq mau tanya donk….klo bikin visa student prosesnya biasa brp lama yah….diperluin bukti IELTS lg ato ngga….tq

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Halo Savira,
      Maaf saya belum pernah apply visa student untuk Australia. Tapi setau saya prosesnya cepat, kalau tidak salah 2 minggu. Boleh dikonfirmasi jika kenal orang lain yang pernah.
      Andryo

  20. Avatargunaedi

    mas mau tanya kalau kira kira ribet gak untuk mengurus visa kerja ke australia itu??dan biayanya mahal gak mas
    soalnya saya ada rencana mau cari kerja keaustralia
    mohon bantuannya

  21. Avatarria

    mas andry, saya mw apply visa kerja nih di AU, sy sudah ketemu owner restaurant, dan dy tertarik untuk meng hire sy, namun dy sendri belum tau next step nya.. dimulai dari mana untuk meng apply visa kerja 457 tsb yah?? sy pny visa US juga. apakah saya minta user tersebut untuk mencari agen immigrasi disana??

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Ria,
      Paling mudah sih biasanya mereka minta agen imigrasi untuk mengurus. Karena restaurant itu harus jadi sponsor yang tercatat dan harus diapprove. Lalu banyak admin yang harus diurus (saya sendiri nggak ngerti hehe).
      Salam.
      Andryo

  22. AvatarHasan

    Saya mahasiswa jurusan IT, sebentar lagi saya wisuda. Saya pengen kerja di Australia setelah lulus ntar, jadi step2 apa saja yang harus saya lakukan Pak. Mengingat saya fresh graduate dan tidak punya saudara di Aussie, Terima kasih Pak sebelumya. Salaam;)

  23. AvatarDean

    Gak gampang dapet visa ke Australia..Mas Andry adalah salah satu orang yang sangat beruntung bisa dapat sponsor dari employee..paling mudah sih apply visa student dulu..tapi juga gak mudah dari segi biaya..Sy sendiri sudah lulus Master Degree dari CDU Darwin dan sekarang sudah kerja di NT Government, tapi masih tetep saja susah untuk step ke PR karena IELTS harus semua 7 (ada 4 sections di ILETS test) dan harus academic pula…jadi memang gak gampang…

  24. AvatarDean

    Gak gmpang mendapatkan visa ke Australia..Mas Andry ini adalah sedikit dari orang yang beruntung yang bisa mendapatkan employer sponsorship.. Saya sendiri sudah lulus dari Master Accounting Darwin, tapi juga tetep harus nyari kerja sendiri dan bukan dari sponsorship. Tp Alhamdulilah sudah kerja di NT Goverment sekarang, tapi tetep harus berjuang keras untuk dapat PR..karena kalo gak, begitu visa TR habis..go home deh..padahal nyari PR untuk skill Accounting susah sekarang..IELTS harus 7 semua sections (Ada 4 sections)..itu gak gampang..saya yang sudah lulus sekolah di ausi, kerja di lingkungan ausi dan sudah hampir 4 tahun disana aja masih belum bisa..

    Bukannya mengecilkan harapan..tapi kenyataannya memang seperti itu.banyak juga apply visa yang ditolak..dan indonesia juga bukan negara yang terdaftar di ETA.jadi termasuk yang high risk lah..tapi jangan khawatir…saya dapat visa student cuman 2 minggu..yang penting ada dana sekian ratus juta lah…

  25. AvatarDean

    Boleh saya jawab pertanyaan mas rudi….Kuliah dokter di ausi sangak mahal biayanya saya milyard disini dan butuh waktu 8 tahun… yes dokter indonesia todak diakui…tapi kita bisa ujian persamaan ..tapi maaf sangat sulit dan harus punya IELTS 8 each band unutk diakui sebagai dokter..bahkan kalo kita kuliah di ausi pun.. sebagai orang asing, kal mau kerja sebagai GP (istilah dokter umum disana) harus IELTS 8..yang mana adalah super sulit

  26. AvatarDean

    Maaf mas Andriyo…numpang koment terus..cuman buat pengetahuan aja…cara untuk kerja dan tinggal ai Australia ( sebenarnya tidak ada cara yang mudah sih):
    1. Sekolah di Ausi..kalo bisa yang masih termasuk special area seperti Northern Teritory. ada niali lebihnya karena penduduk masih sedikit.
    Tapi konsekuensi sekolah di Ausi adalah harus punya modal gedhe dulu..
    2. Apply working holiday visa. dia aussie sepengetahuan saya adalah mengutamakan kepercayaan..kalo kita bisa kerja dengan working holliday visa..terus kerja kita bagus..employer dengan gampang kok bisa ngasih sponsorship. Cuman..Indonesia memang sangat dibatasi dalam jumlah working holliday visa..dan umur juga harus dibawah 30 tahun.
    3. Sponsorship apply dari Indonesia seperti Mas Andriyo ini…Tapi kan Mas Andriyo punya top qualification..jadi gak sulit..hanya orang2 yang punya kemampuan tertentu seperti ahli minning and pengalaman di perusahaan oil & gas dan biasanya sih lulusan Luar Indonesia pula yang bisa dapet..

  27. Avatararif

    Mas andryo…

    waktu itu test nya disini bukan ya “Med*k*l**a Health Care Center “daerah kuningan,,kalo boleh tau ,berapa biaya kemarin untuk X-ray itu..kebetulan saya juga lagi proses untuk 457 visa australia untuk “business long stay primary” dan disponsorin sama perusahaan dan kalo boleh tau,,untuk business long stay primary visa itu berlaku nya berapa taun mas ya( siapa tau sama ,sama mas andryo,,jadi bisa dapet klu)

    makasiih sebelumnya mas,
    salam,
    arif

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mas Arif,

      Mohon maaf Mas, sudah lupa harganya karena udah hampir 2 taun lalu. Telfon aja tempatnya Mas.

      Untuk visa itu, kebetulan saya mendapat yang 4 tahun. Ada beberapa orang yang mendapat 1 tahun. Semua tergantung dari pekerjaan yang ditawarkan (apakah memang pekerjaan tetap, kontrak 1 / 2 tahun, dll).

      Salam.

      Andryo

  28. Avatarlion

    pak sya mau tanya, apakah Andryo bisa urus visa sponsor orang afghanistan yang ada di arab saudi mau ke indonesia dia perlu sponsor ? terimakasih

  29. AvatarRAHMAN

    Dear All,,
    visa untuk bekerja k australia skrg agak sulit..bnyak persyaratan yg harus di penuhi untuk proses ini(working holiday),,klo saran saya..lebih baik ambilah visa brkunjung(tourist visit)
    untuk mndptkan visa australia,negara kita bnyak di tenggarai sebagai biang kerok(teroris)
    oleh negara2 sprti australi,amrik,canada n many other..mrk sgt selektif mngeluarkan visa untuk org indo..jd,jk mmg anda berniat untuk bekerja di suatu belahan benua lain,kt hrs
    kroscek skill kt & fnancial kt sndiri..cara yg lbh mudah untk mndptkan visa di berbagai negara lain, hnya di butuhkan srt sakti dari negara tsb.. yaitu invitation letter,,,jk anda mempunyai invitation ini..dgn cara pngerjaan yg sy bwt..visa anda psti di aprroved,,krn sy ud bnyak menerbangkan bnyk org indo dgn visa turis,,& dsna mrk sudah di sediakan pekerjaan wlaupun dlm sektor informil..

  30. AvatarYunan Nurdin

    salam om andryo..

    saya anak tertua no.2 dari 5 bersaudara. umur 22 tahun.
    adik saya semua perempuan masih kecil” ,ayah pensiunan guru swasta dan sudah 4 tahun ini sakit,kakak saya pernah kecelakaan digunung dan sulit untuk kerja.dan tinggal saya dan ibu yg kesulitan kerja sendirian.

    mas andryo kalau ga merepotkan tolong saya bekerja diaustralia.
    saya tertarik banyak sekali lowongan tukang sampah disana dengan gaji yg cukup untuk berobat ayah dan bantu keluarga.

    mohon maaf bila ada kekurangan kata atau kurang sopan.

    terima kasih banyak semuanya.

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mas Yunan,
      Mohon maaf, saya hanya karyawan yang bekerja di sini. Saya tidak bisa membantu untuk mencarikan kerja, apalagi mengurus visa kerja.
      Salam.
      Andryo

  31. AvatarYunan Nurdin

    om Andryo
    iya gpp om andryo
    saya mohon maaf kalau saya sudah mengganggu om

  32. AvatarDean

    @ Pak Rahman..

    Visa tourist kan maksimal hanya 30 hari..dan itu ada conditionalnya.. pertama, tidak boleh kerja, kedua, tidak bisa apply visa lagi onshore ( tidak bisa apply visa untuk meneruskan visa kunjungan itu saat masih berada di australia.

    Saya sudah banyak pengalaman pribadi dan dari pengalaman temen2 dalam aplikasi visa australia..harus sangat hati2..karena kalau ketahuan melanggar salah satu syarat bisa dideportasi dan tidak bisa apply visa lagi selama 3-5 tahun kedepan.

  33. AvatarErwyn

    Mas Andryo,
    terima kasih sudah tulis blog ini,
    sangat membuka mata,
    thanks to mas dean juga…

    PS. Untuk saudara Yunan Nurdin, sebaiknya anda jangan ngeluh di sini, ke dinas sosial saja.

  34. Avataredy

    Mas Andryo. saya ada mengurus visa kerja utk pergi ke australi melalui agen perusahaan EURO SERVICE di Malaysia, mereka minta uang sebesar Rp. 10.500.000,- untuk pengurusan visa bekerja di perkebunan apel di australi sudah terhitung dari bulan 6 tahun 2012 atau 8 bulan lamanya hingga sekarang belum ada keluar visa kerjanya. Mas saya masih penasaran apa benar visa kerja untuk pemetik di perkebunan di australi ada? atau memang saya sudah tertipu dengan informasi yg diberikan oleh agensi Euro Service. Mohon Bantuan dan informasinya tentang visa tersebut dan apa memang ada kasus seperti saya ini benar adanya pekerjaaan Perkebunan Apel di Australia. trima kasih mas..

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Mas Edy,
      Sewaktu urus visa dulu, type visa apa yang di apply? Sebaiknya diminta kejelasannya. Saya belum pernah dengar visa memetik kebun di Australia. Biasanya ilegal (misalnya visa turis yang sebenarnya tidak boleh bekerja), atau working holiday visa. Tapi working holiday visa tidak lewat agen Malaysia applynya.
      Coba hubungi mereka untuk minta kejelasan. Apapun detail yang mereka berikan, dicocokan dengan website immigrasi Australia http://www.immi.gov.au/.
      Salam.
      Andryo

  35. Avatarfajar

    Halo mas..
    Ini ada perusahaan di perth yg mau sponsori saya karena mereka butuh skill saya dibidang digital marketing. Perusahaan tsb yg akan mengurus visanya. Mereka minta saya kirim document via email langsung ke perusahaan tersebut, jadi tidak via agency yg ada di Indonesia. Apakah memang bisa begitu? Nanti setelah semua document dikirim ke perusahaan tsb kira-kira proses selanjutnya apa ya? apalah jika disponsori seperti ini kemungkinan lolos lebih besar atau sama saja?

    Thanks Mas

    Regards

    1. AvatarAndryo Haripradono

      Fajar,

      Bisa saja kok, saya juga berurusan langsung dengan company saya waktu itu. Tapi mereka kebetulan menggunakan immigration agency di Sydney, jadi agen ini yang mengurus semua.

      Untuk urusan sponsor, biasanya sih pasti di approve. Perusahaan harusnya tahu semua syarat yang diperlukan (misalnya minimum gaji, dan syarat/dokumen yang dibutuhkan).

      Proses selanjutnya biasanya tes X-ray untuk TBC, mungkin diperlukan tes bahasa Inggris (tergantung bidang dan ijazah). Saya kebetulan waktu itu tidak diperlukan tes bahasa Inggris. Lalu harus mempunyai asuransi kesehatan selama di Australia (harus di-apply sebelum berangkat sebagai salah satu syarat visa).

      Salam,
      Andryo

  36. AvatarWilliam Hartono

    Hallo salam kena mas andryo,

    Aku ada plan mau pergi ke australia untuk berkerja,

    Umumnya hal-hal apa saja yang dibutuhkan utk bisa mendapatkan visa sponsor kerja disana?

    Terima kasih sebelumnya 🙂

    Salam,
    William

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      William,
      Untuk mendapatkan visa sponsor kerja, dibutuhkan tawaran kerja dengan gaji minimum tertentu (bisa cek di website imigrasi Australia) dan company-nya mau mensponsori kita.
      Andryo

  37. AvatarChristian Laoli

    salam kenal mas andryo…..saya mau tanya…klo visa sponsor 457 yg anda dapat kan jangka waktunya bisa untuk 4 tahun. Bagaimana jika anda keluar dari perusahaan tersebut dan bekerja di tempat lain. Apakah tidak ada pengaruhnya????

    terimakasih

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      Christian Laoli,
      Untuk keluar dan pindah company, visa sponsor nya bisa diambil alih oleh company lain.
      Andryo

  38. Avatarhj.hartutikspd

    saya bekerja jadi guru dan kepala sekolah dasar negeri, hampir pensiun. saya berkali kali menghubungi orang yg bisa mencarikan kerja di aust. tapi dg uang muka sekian dan memberikan info gaji disana perbulan sekian. saya senang sekali namun kendalanya adalah uang muka. bagaimana klo bisa potong gaji saja. klo ada biro yg siap hubungi saya no hp 083832573101.

  39. AvatarTim

    Kalau visa untuk apprentice di hotel apa prosesnya sama dengan yang di atas? saya sudah mendapat sponsor dari teman di australia, dia citizen Australia. dan tempat tinggal juga di sponsor dari sahabat sy.

  40. Avatarwandi

    pak andryo klo saya mau cek status visa saya, tp saya ga ada TRN nya, dan passwordnya saya cm pny nomor visa nya ,, dmn saya bisa cari tahu ya . thx

  41. Pingback: Apply Visa PR / Permanent Resident di Australia (ENS-186) - Andryo's Blog

  42. AvatarMoh Rizki Yuliansyah

    Salam kenal Pak Andryo Haripradono, saya Rizki umur 22th sekarang sedang kuliah tahun ke 4 di Universitas Trisakti Jakarta Jurusan Teknik Informatika (S1), saya mau menanyakan tentang peluang kerja di Australia karena saya sangat ingin bekerja di sana , apakah peluang saya ada ? apa saja yang harus saya siapkan untuk bekerja di Australia, terimakasih,
    mohrizkiyuliansyah@gmail.com

  43. Avatarwahyudi

    Saya pingin banget kerja diaustralia,,saya pernah kerja ditaiwan selama 8 tahun, tp gaji di asia msh trllu kecil. Kl ada yg bs bntu hub.yudi0312@gmail.com
    Trims.atas bantuanya

  44. Avatarcici

    saya punya teman asli orang australia dan mempunyai bisnis restoran tp hanya menyediakan menu dinner, dia mau menseponsori dan memperkerjakan saya di restorannya, kebetulan saya sekarang masih bekerja jd tki dihongkong, kira2 menurut bapak bagaimana langkah saya untuk mendapatkan visa, bisakah aq mengurus di hongkong atau hrs pulang ke indo, terimakasih

    1. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

      Wah mbak Cici,

      Saya bukan ahli imigrasi apalagi expert mengenai visa. Peraturan tiap tahun berubah, bisa ditanya ke agen imigrasi untuk lebih pasti.

      Salam.
      A

  45. AvatarGalih Yoga

    Pak adryo. Saya pengen kerja di aust, tpi saya belum tahu biaya visanya, itu gimana ya ? Temen saya di sydney tahun depan udah nyuruh saya untuk datang ksana buat kerja dsana, tolong bisa jelaskan gmna saya bisa kerja di australia pak, biaya yang saya harus bayar untuk visanya, dan apa yang harus saya lakukan pak ? Please mohon bantuanya pak.

  46. Avatardanu

    salam pak adryo mohon bantuannya gimana caranya bisa ke australia, dan melalui kantor mana utk proses awal yg bener, dan brapa dana yg kita siapkan. tolong ya pak,,, mohon balasanya. trimakasih banyak..

  47. Avatarnasruddin

    082277102898,saya membutukan agen resmi buat mengurus visa holiday ke australia call me

Comments are closed.