Apply Visa PR / Permanent Resident di Australia (ENS-186)

By | 21 July 2013

Sudah 2 tahun lamanya saya tinggal di Sydney, Australia – bekerja di perusahaan digital advertising yang mensponsori visa kerja saya. Dengan visa 457 (visa kerja sponsor perusahan) di Australia, setelah 2 tahun bekerja di sebuah perusahaan, karyawan boleh meng-apply visa permanent residence (PR) disponsori oleh perusahaan yang sama. Jalur visa ini dikenal dengan nama Employer Nomination Scheme (subclass 186).

Baca juga:




Cara-Cara Memperoleh Visa PR / Permanent Residence di Australia

Di post ini saya hanya akan membahas proses aplikasi visa PR dari jalur yang saya tempuh, yaitu melalui sponsor perusahaan. Namun ada banyak cara legal untuk mendapatkan visa PR di Australia, diantaranya:

  • Kuliah di Australia. Lalu jika score penilaian cukup, bisa apply visa PR. Score umumnya dilihat dari ijazah, pengalaman kerja, skill bahasa Inggris, adakah keluarga di Australia, dll.
  • Kuliah di Australia, lalu apply visa Temporary Graduate Visa. Setelah memiliki pengalaman kerja setahun di bidang yang sesuai dengan mata kuliah, bisa apply visa PR.
  • Membuka bisnis di Australia (Inovasi / Investasi).
  • Kawin, tunangan atau de-facto partner dengan warga negara atau permanent resident Australia.
  • Specialist Entry (seperti seniman, atlet dan peneliti) – Off-shore dan On-shore
  • Skill Select (untuk yang memiliki skill yang dibutuhkan di Australia)

Visa Employer Nomination Scheme 186

Visa ini diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki skill tertentu, dengan syarat:

  • Dinominasi / sponsori oleh perusahaan yang memenuhi syarat sponsor
  • Belum mencapai 50 tahun
  • Memiliki skill dan kualifikasi yang memenuhi syarat
  • Bisa berbahasa Inggris

Untuk pengecualian dari syarat-syarat di atas, bisa dilihat di sini.

Bagi yang apply dari luar Australia, dibutuhkan skill assessment (penilaian skill) untuk membuktikan bahwa pekerjanya memiliki skill yang dicari oleh Australia. Bentuk bukti biasanya tergantung dari skill atau pekerjaan yang bersangkutan. Misalnya untuk pekerjaan chef, bukti dan tes keahliannya sangat berbeda dari programmer komputer. Umumnya bukti bisa berupa CV, ijazah, portfolio pekerjaan, surat rekomendasi, dll.

Untuk pekerja yang sudah berada di Australia dengan visa sponsor 457 (seperti saya), tidak diperlukan lagi untuk tes keahlian atau skill assessment, karena dianggap sudah bersaing di Australia selama minimal 2 tahun.

Proses Aplikasi Visa Sponsor Permanen ENS 186

Di post saya 2 tahun sebelumnya tentang visa temporary 457, mungkin sudah terdengar sangat sulit dan ribet. Itu belum ada apa-apanya dibanding aplikasi permanent resident visa.

Saya memulai bekerja di perusahaan saya pada tanggal 28 Maret 2011. Secara teknis, saya baru boleh apply visa 186 ini tanggal 28 Maret 2013 (2 tahun sejak memulai). Namun semua cuti yang berupa tambahan (unpaid leave) tidak dihitung, jadi saya baru bisa apply sekitar akhir April 2013.

Saya memulai proses persiapan perkumpulan dokumen sejak Februari, dan akhirnya baru terkumpul semua sekitar pertengahan Mei (yup, segitu ribetnya). Menurut website imigrasi Australia, proses aplikasi visa PR tipe ini (ENS 186) akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Namun teman-teman saya banyak yang langsung mendapatkan approval dalam sekitar 3-5 minggu.

Dokumen yang dibutuhkan:

  • Paspor (semua paspor yang pernah dimiliki)
  • Visa Australia (semua visa Australia yang pernah dimiliki)
  • Semua cap paspor kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Australia
  • Akte kelahiran (harus diterjemahkan ke bahasa Inggris), harus ada nama kedua orang tua
  • Resume / CV
  • Pas foto
  • Tes kesehatan lengkap – termasuk tes urin, TBC (tuberculosis), HIV, mata, tekanan darah
  • Surat kelakuan baik dari semua negara yang pernah ditinggali selama 1 tahun atau lebih, dalam 10 tahun terakhir. Untuk kasus saya, dibutuhkan surat kelakuan baik dari polisi Indonesia, Inggris (karena pernah tinggal di sana selama 4 tahun) dan Australia (tinggal di Australia 2 tahun terakhir).
  • Tes bahasa Inggris (IELTS)
  • Mengisi banyak macam formulir yang sangat melelahkan.

Biaya resmi aplikasi visa ENS 186 adalah 3.060 dollar. Selain itu, agen imigrasi saya juga mengenakan biaya 4.000 dollar, ditambah biaya admin dan waktu (per jam). Biaya untuk aplikasi jadinya sejumlah 8.000 dollar. Saya membayar 50% dan company saya membayar 50%.

Untuk syarat Paspor, visa Australia, cap imigrasi Australia, CV dan pas foto, sangat mudah didapatkan. Namun untuk dokumen lainnya, sangatlah ribet dan menyita waktu.

Selain biaya aplikasi, masih banyak juga biaya lain seperti persiapan dokumen berikut:




Akte Kelahiran

Cukup mudah kedengarannya, namun mahal. Setelah saya research, paling murah di Australia sekitar $75 sampai $85 untuk terjemahan dokumen resmi.

Tes Kesehatan

Tes kesehatan harus dilakukan di tempat yang ditunjuk oleh imigrasi Australia. Termasuk tes urine, HIV, tekanan darah, mata, X-ray untuk TBC, dan kelenjar-kelenjar di leher dan kepala. Biaya sebesar $350.

Agak sulit aplikasi visa untuk diapprove jika memiliki penyakit TBC atau positif HIV dan AIDS. Alasannya karena sebagai permanent resident Australia, warga berhak mendapatkan layanan pengobatan gratis (dengan Medicare). Jika ada penyakit-penyakit di atas, berarti pemerintah Australia harus menanggung biaya pengobatan yang nota bene mahal, jadi umumnya visa akan ditolak.

Surat Kelakuan Baik

Mungkin terdengar mudah untuk apply surat kelakuan baik dari polisi. Namun saya harus mengurus surat kelakuan baik dari 3 negara. Permohonan surat kelakuan baik polisi Australia, bisa dilakukan secara online melalui halaman Polisi Federal Australia, dengan menyertakan bukti-bukti alamat rumah, identifikasi, bank dll. Biaya yang dibutuhkan sebesar $42.

Surat kelakuan baik polisi Inggris bisa dilakukan lewat pos. Keterangannya bisa dilihat di halaman Asosiasi Polisi Inggris. Biayanya sebesar 45 pound untuk proses 10 hari, atau 80 pound untuk proses 2 hari. Ini belum dihitung biaya pos yang bisa memakan sekitar 20 dollar untuk mengirim ke Inggris, dan 9 pound untuk mengirim balik ke Australia. Untuk proses pembayaran juga tidak semudah itu, diperlukan untuk membuat cek internasional yang bisa diuangkan di Inggris, biayanya sebesar 30 dollar. Yup, aneh ya, untuk membuat cek sebesar 45 pound, dibutuhkan biaya tambahan 30 dollar.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Indonesia… SANGAT RIBET. Sebenenarnya SKCK ini bisa diurus di Canberra, namun saya kebetulan pulang ke tanah air bulan November 2012, jadi sekalian saja saya urus SKCK ini. Pertama saya harus meminta surat pengantar RT dan RW sebelum ke Kelurahan. Di Kelurahan saya diberikan surat keterangan yang juga harus dibawa ke dan ditanda tangani Kecamatan. Jadi harus ke RT, RW, Lurah, Camat, baru bisa ke Polisi.

Di kantor Kepolisian Wijaya, bravo dan salut. Semua sangat cepat dan nyaman. Petugasnya ramah (dan doyan becanda). Namun ribetnya harus ke 4 kantor lain dulu itu yang sangatlah menyita waktu saya.

Surat kelakuan baik Inggris dan Australia tidak ada masa berlakunya, tapi secara umum bisa dipakai selama setahun. Surat SKCK Indonesia hanya berlaku 3 bulan saja. Jadi sekitar bulan Februari 2013 saya harus meminta ibu saya untuk datang ke kantor polisi dan memperpanjang SKCK ini. Untuk memperpanjang, bisa diwakili orang lain.

Biayanya terus terang saya lupa haha. Silahkan Google sendiri.

Tes Bahasa Inggris

Anehnya hanya diperlukan nilai IELTS keselurahan sebesar 5 untuk kasus aplikasi visa saya. Sekitar 6-7 tahun yang lalu, sewaktu saya apply masuk perguruan tinggi Inggris untuk kuliah master / S2, nilai IELTS saya 7.5. Ini dengan persiapan giat selama 2 bulan. Namun IELTS saya itu sudah habis masa berlakunya, jadi diperlukan untuk tes ulang. Kali ini saya hanya mempersiapkan diri selama beberapa hari, dan nilai saya 8 (yesss). Biayanya $330 untuk tes IELTS di Australia.

Formulir

Banyak sekali formulir yang harus saya isi, dari yang pertanyaan normal tentang jati diri saya, sampai form lain yang berhubungan dengan keamanan negara, seperti “pernahkah anda terlibat kejahatan perang”, dan form lain yang menanyakan “pernah ke negara mana saja selama 10 tahun terakhir, dan sebutkan tanggalnya”.

Total Biaya

Jadi biaya aplikasi (biaya resmi dan biaya agen) adalah sebesar 8.000 dollar Australia, dan biaya persiapan dokumen-dokumen memakan biaya tambahan sekitar 1.000 dollar Australia. Total = 9.000 dollar. Terdengar sangat mahal, namun jika dilihat nilainya: seumur hidup boleh tinggal dan bekerja di Australia, maka sangatlah setimpal!

Waktu Proses dan Hasil Aplikasi

  • 9 Mei 2013 – Aplikasi sponsor perusahaan (nominasi) dikirim
  • 20 Mei 2013 – Aplikasi pribadi saya dikirim
  • 5 Juni 2013 – Aplikasi sponsor perusahaan (nominasi) di-approve
  • 7 Juni 2013 – Imigrasi Australia meminta dokumen tambahan menyangkut identitas pribadi
  • 12 Juni 2013 – Identitas pribadi tambahan saya dikirim
  • 10 Juli 2013 – Imigrasi Australia meminta dokumen resmi: Passport, surat polisi dari 3 negara
  • 15 Juli 2013 – Dokumen resmi saya dikirim
  • 19 Juli 2013 – Aplikasi PR saya ENS 186 di-approve

Terhitung 19 Juli 2013, saya adalah permanent resident di Australia.

34 thoughts on “Apply Visa PR / Permanent Resident di Australia (ENS-186)

  1. Ida ayu putu hema malini

    Mas saya mau Nanyak , gimanan caranya biar dapat visa holiday? Biar di approve max krn kemarin temen saya ngga di approve, kasi tau mas caranya yaa, thanks mas

  2. Mas Ilham Berkelana

    assalamualaikum mas andryo saya mau tanya kalau hanya mau tour 3 bulan saja berapa biayanya???atas jawabannya..terimakasih

  3. Nico Tjhu

    Pak Andryo, numpang tanya dong. saya lagi mau apply police certificate UK bingung mau kirim pake apa. soalnya di formulirnya dibilang kalau pakai courier ga bisa ke address PCC hampshirenya. Dulu, kirim nya pakai apa pak? posisi saya sekarang di jakarta.

    Thanks in advance for your reply. Nico Tjhu.

  4. Tunjung P Mohd Isa

    salam..Pak Andryo,
    Saya ibu Rumah Tangga dan sudah menikah dengan warganegara Australia pd bln September 2011..tp saya baru mengajukan PR visa itu bulan July 2013..yang mau saya tanyakan bukannya PR visa itu 12 bulan untuk prosesnya..koq ini bisa cepet sih? jd penasaran..saya sudah medical chek up awal agustus tp sampe sekarang belum ada berita apa2 lg dari kedutaan Australia makanya saya jadi khawatir juga koq belum juga ada kabar lagi..thanks

  5. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

    Halo Bu Tunjung,

    Proses PR tidak tentu, ada yang sampai 2 tahun, ada yang cuman 3 minggu. Tergantung tipe PR dan luck nya juga.

    Bisa di cek di website immigrasi Australia untuk lama proses tiap tipe.

    Salam.

    Andryo

  6. eka

    Halo pak andryo, mohon bantuan info, saya dengar selain cara bapak melalui sponsor perusahaan Dimungkinkan memiliki usaha kecil di aussie untuk mendapat PR, usaha yg saya maksud misalkan mengambil alih usaha kecil seperti post office yg tidak bagus dan saya beli lalu saya mengajukan PR. apakah memungkinkan hal itu saya lakukan? mohon sarannya ya pak?

  7. Daniel

    Mas, nanya dong..
    Untuk SKCK indonesia harus di legalisir departemen kehakiman dan deplu gak? Termasuk embassy australia di indonesia

  8. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

    Mas Daniel,

    Diminta untuk dilegalisir atau tidak? Jika tidak yah tidak perlu. Kan suratnya udah dari polisi.

    Salam.

  9. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

    Mas Daniel,

    Diminta untuk dilegalisir atau tidak? Jika tidak yah tidak perlu. Kan suratnya udah dari polisi.

    Salam.

  10. alfala farenita

    Assalamualaikum mas, sy mau tanya klo untuk permanen residen family gmn.. saya dan suami sy serta kedua anak saya (yg prtama 6 tahun yg ke dua 2 tahun).. ap jenis visa nya langkah pertama yg harus kami tempuh? ap harus memakai agent. bila ia, bagaimana cara mencari agen resmi? berapa kisara biaya u/ PR keluarga?sebelumnya terimakasih banyak ya mas.. cheers

  11. Andy Walujo

    Mas, SKCK untuk PR Australia cukup SKCK dari Polda atau harus Mabes Polri? Ketika saya mau urus SKCK Mabes lewat kenalan, saya dapat kabar sekarang SKCK yang dikeluarkan Polda sudah cukup. Terima kasih 🙂

  12. Andryo HaripradonoAndryo Haripradono Post author

    Alfala,
    Untuk visa PR, semua targantung type PR apa yang mau di apply. Ada PR yang di sponsori perusahaan, ada yang untuk investor, ada yang untuk pekerja di bidang seni dan pertunjukan, dll. Biaya juga beda-beda tergantung type visa nya. Semua bisa dilihat di website imigrasi Australia.
    Salam.

  13. rina

    Mas..saya mau tnya… kalo apply visa kerja.. syaratnyaa ap aj yaa..bisa tdk sponsornyaa org yg mau memperkerjakan saya.. misalnyaa saya pengen jd baby sitter jdi sponsor saya ibu yg mau mmperkerjakan sya..
    Atau apakah hrus prushaan spti mas.. dan swaktu mas kerja di australia it pake visa ap yaa??

  14. Anie

    kalau apply spouse visa apa SKCK cukup dari polda saja atau harus ke mabess posisi saya dibandung kalau harus ke mabes saya harus kejakarta

  15. Tazqiya

    Hallo Andryo,

    saya mau tanya, beberapa kali searching cuma masih belum menemukan pencerahan 😀
    saya baru aja pulang dari Oz sekitar 2 bulanan, sebelumnya tinggal di sana selama 1 tahun untuk working holiday. dalam kurun waitu itu, kebetulan ketemu warga Polandia yang sekarang sudah jadi tunangan saya.

    nah, kasusya gini,
    Tunangan saya akan mengajukan PR bulan september 2014. pengennya sih mau mencantumkan nama saya juga untuk depend ke visa PR nya dia, cuma sejauh yang saya baca cuma bisa mengajukan dependant visa ke pasangan apabila pasangannya citizen, PR, atau NZ citizen. apa memang gak bisa ya kalau sekalian mengajukan bareng?
    kalau bukti sih kita udah ada account together, flight ticket together ke poland juga pas ketemu ortunya, sama foto2, dan juga surat2 selama LDR 2 bulan ini, juga engagement certificate udah ada juga.

    rencana menikahnya sih tahun depan, cuma beberapa artikel yang saya temui menyarankan agar waktu masih bertunangan mengajukan visa partnershipnya, soalnya kalo udah marriage nanti susah dan lebih ribet.

    mohon infonya kalau mungkin Andryo tahu.

    thanks

    regards,
    Tazqiya

  16. ningsih

    Mas Andriyo boleh japri ngga, suami saya sdh 3 th kerja dgn 457, krn dia sibuk saja sptnya tidak sempat ngurus utk pengajuan PR, kalau bisa saya ingin bantu melakukannya, krn itu kalau boleh japri, trimakasih

  17. Hani basyarahil

    Salam kenal mas adryo,suami saya sdh dpt PR di australia,tp dia nggak mau sponsori saya dan anak2,dgn alasan ribet,skrg saya sdh punya visa holiday,yg mau saya tanya,bisa nggak ya,kl nnt visa holiday di rubah menjadi visa tinggal melalui agent resmi di australia,dan apa saja yg hrs sya bwa dr indo,thanks infonya,di tunggu ya

  18. Natan

    Halo bro andry,just quick question, visa 457 itu harus sesuai dengan gelar kita gak?misal dinominasi sama bidang advertisement tapi Aku bachelor of finance? Bisa Seperti itu gak

  19. Natan

    Bro andry, tanya dong, buat visa 457 Seperti bro andry, title kita harus sama dengan Perusahaan gak? Misal Perusahaan advertisement kasih aku sponsor, sedangkan aku lulusan bachelor of finance.

  20. Sandra

    Pak, salam kenal ya. Salut buat nilai ielts-nya. Two tumbs up 🙂 bisa sharing bagaimana persiapan test ielts ? Tips n trik. Saya hendak mengurus PR dan point saya kurang kecuali score ielts saya 8… Thanks in advance. Cheers!

  21. Ana

    Mas, saya kerja di Melbourne belum 2 tahun nuder 457 Visa, tapi mau ngajuin PR bisa gak ya? Kalo saya baca katanya minimal 1 tahun juga boleh. Terus kalo misalnya saya ingin apply tanpa employee nomination bakalan lebih susah di approve ya? Makasih…

  22. Harry Ariyandi

    Halo Mas Andryo,

    Pertama-tama, Congratulation yaaa.. Dah santai ahirnya ga perlu khawatir lagi. Great !

    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, saat ini saya masih posisi 457, awalnya perusahaan ingin mensponsori saya, namun ditunda beberapa waktu dikarenakan masalah internal perusahaan.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah harus dilampiri surat keterangan dari Employer bahwa Employer menjamin saya masih bekerja di perusahaan tersebut selama 2 tahun kedepan? Jika tidak dilampiri surat keterangan tersebut, apakah memungkinkan saya bisa apply PR?

    Karena jika saya lihat dari persyaratan dokumen mas yang informasikan, tidak ada informasi mengenai surat pernyataan tersebut, dan juga Laporan Keuangan perusahaan. Haruskah perusahaan melampirkan Laporan Keuangannya?

    Mohon pencerahannya mas berdasarkan pengalaman mas.

    Terima kasih atas bantuan dan informasinya.

    Salam,
    Harry

  23. evy

    Thank you artikelnya membantu sekali.
    Kalau kondisinya sudah dapat PR melalui jalur ENS, lalu kembali ke indo, bagaimana cara perpanjang PRnya? Apa bisa pakai Resident Return Visa? Thanks 🙂

  24. Lydia

    Thanks buat info nya. Its very helpful.
    Tapi saya masih ada pertanyaan.. Kamu bilang tadi perusahaa tempat kamu kerja bantu kamu bayar 50% dari biaya untuk apply visa ENS ini. Apakah itu dengan syarat kamu harus bekerja dengan company tersebut lagi misal selama 1 tahun kontrak?

    Situasi saya, saya bisa apply dengan jalur ENS atau jg dengen skilll indenpendent tapi saya mau ga tau baiknya ambil jalan apa.

    Thanks for your help

  25. ivan fahmy

    Mas andryo jika sya mau membuka usaha di aussy apa PR khusus buat bisnisman luar buat bisnis d dlm?? Thx for andryo

  26. Tahir

    Mas Andryo, mohon info and bantuannya, saya mau kerja di Australia, Saya S1 teknik Industri, pengalaman 17 thn Telecom ( Satelit Transmisi ) di Jakarta, mohon bantuan referency nya untuk saya bisa kerja di Ausie, salam hangat +6281297588716

  27. Tuti

    Saya 54 tahun , nov lalu menikah dgn laki2 Australia di NZ , mohon info bagaimana mengajukan permanen resident di Australia . Terima kasih

  28. farhan

    Sya udh 3th mondar-mandir kerja di ozi, klo mslh approval mgkin hmpir 99,99% Lolos, Tp apa bener tu harga segitu mahal?trs bwt yg independent tanpa agent apa bisa lbh murah?

  29. farhan

    @mas andi waluyo, skrg lwt polres Cukup, coz 2010 memang hrs mabes, 2012 polda dan terakhir ke polda lg malah disuruh ke polres terdekat, coz stau ane di mabes cm tempat ngeluarin kode sidik Jari.

  30. masnik

    Mas kalo boleh tahu kenapa tidal ajukan permanent resident d Aussie drpd UK..apakah d UK bs ajukan jg spt d Aussie. Kl iya APA syaratnya jg sama. Terimakasih

  31. Ritza Cherira

    Hai. Boleh Jelaskan lebih detail pasal perkahwinan forgein dengan Australian ? Perlu witness dari keluarga kedua pihak atau gimana ? Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *